Update Terkini Harga Voucher Wifi.id (Harian, Mingguan, Bulanan)

Internet telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak perusahaan yang gencar meluncurkan jaringan internet cepat dan terjangkau bagi . misalnya, sudah merilis jaringan internet .id, yang dijual dengan harga voucher bervariasi, tergantung paket yang dipilih.

Voucher wifi.id (youtube: Trik Trik)

Voucher wifi.id (youtube: Trik Trik)

Secara garis besar, Wifi.id adalah jaringan yang disediakan untuk mendukung perkembangan dalam bidang teknologi di Indonesia. Dengan dukungan infrastruktur Telkom yang luas, jaringan Wifi.id telah tersebar ke berbagai kota di Indonesia dalam bentuk Wifi.id Corner. Di Surabaya misalnya, Wifi.id Corner telah tersedia di berbagai tempat umum, seperti restoran, kafe, dan sejumlah pusat perbelanjaan. Sementara, di Sumenep, jaringan internet ini telah ada setidaknya di lima kecamatan dengan kapasitas yang dapat ditangani adalah sejumlah 5.200 (dan terus bertambah).

Wifi.id menggunakan teknologi Wireless Fidelity (Wi-Fi) terbaru berdasarkan pada spesifikasi IEEE802.11 yang populer digunakan untuk menghubungkan antar-komputer, smartphone, laptop, dan perangkat lainnya. Di samping itu, jaringan ini juga populer untuk menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet atau ke jaringan kabel (Ethernet) LAN.

Wifi.id terbagi menjadi dua jenis, yaitu Wifi.id Free dan juga Wifi.id voucher berbayar. Wifi.id Free adalah Wi-Fi gratis yang bisa Anda pakai, akan tetapi ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memakai Wifi.id Free ini, di antaranya:

  • Install terlebih dahulu SSID Wifi.id di smartphone Anda.
  • Setelah diinstall, Anda bisa melakukan registrasi dengan cara ketik *303*601# sampai mendapatkan SMS konfirmasi yang berisi username dan password.
  • Aktifkan Wi-Fi Anda, lalu sambungkan ke @wifi.id.
  • Tunggu beberapa saat dan Anda akan terhubung dengan landing page wifi.id.
  • Gunakan Username dan Password dalam SMS tersebut untuk login di landing page Wifi.id.

Meskipun memiliki embel-embel free, namun bukan berarti layanan ini sepenuhnya gratis. Wifi.id Free ini tetap akan menggunakan kuota internet yang Anda punya, namun Anda bisa mendapatkan kecepatan internet optimal menggunakan Wifi.id. SSID Wifi.id tidak bisa Anda gunakan untuk chatting seperti Line, WhatsApp, Skype, dan lain-lain. Tetapi, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk browsing Google, menonton YouTube, atau musik dan film.

Ilustrasi: mengakses internet di tempat umum

Ilustrasi: mengakses internet di tempat umum

Apabila Anda ingin mendapatkan layanan full Wi-Fi yang cepat, bisa memakai Wifi.id berbayar dalam bentuk voucher dan sistem potong pulsa. Wifi.id berbentuk voucher bisa Anda beli di minimarket terdekat seperti 7-Eleven, Alfamart, dan Indomaret, atau Anda juga bisa membelinya di Plasa Telkom yang ada di kota Anda. Setidaknya, Telkom menyediakan Wifi.id berbayar dalam tiga pilihan voucher, yaitu harian, mingguan, dan bulanan. Harga masing-masing voucher bervariasi, namun masih cukup terjangkau.

Harga Voucher Wifi.id

PaketHargaKeterangan
Harian (2/4/6 jam)Rp5.000Unlimited kuota, kecepatan up to 100 Mbps, masa berlaku 1 hari
Mingguan (7 x 24 jam)Rp20.000Unlimited kuota, kecepatan up to 100 Mbps, masa berlaku 7 hari
Bulanan (30 x 24 jam)Rp50.000Unlimited kuota, kecepatan up to 100 Mbps, masa berlaku 30 hari
  • Masa aktif paket sesuai zona tersebut berlaku pertama kali ketika pelanggan melakukan login wifi.id. Pelanggan bisa membeli voucher wifi.id melalui SMS ke 98108 dengan format NET (spasi) Pilih Paket, misalnya NET (spasi) 5000.
  • Setelah mengirim SMS, pengguna akan menerima balasan dari 98108 berisi informasi username, password, dan masa berlaku.
  • Namun, sebelum melakukan itu, pengguna terlebih dahulu harus mencari akses hotspot Wifi.id yang tersedia dan SSID Wifi.id di pilihan Wi-Fi di perangkat elektronik.

Harga dan ketentuan voucher Wifi.id tahun 2020 ini masih relatif sama dan tidak mengalami perubahan yang berarti sejak tahun 2018 dan 2019 lalu.

Mengaktifkan Voucher Wifi.id

Telkom, pelanggan, akses, internet, jaringan, wifi.id, tarif, pulsa, zona, kuota, browsing, IndiHome, Telkomsel, operator, layanan, harga, voucher

Akses internet di wifi corner (sumber: medcom.id)

  • Aktifkan Wi-Fi di laptop, handphone, tablet, dan gadget lainnya.
  • Selanjutnya, Anda bisa melihat Access Point SSID, pilih koneksi tersebut.
  • Lalu Anda akan dialihkan ke halaman login Wifi.id.
  • Masukkan username dan password yang tertera di belakang voucher yang Anda beli.
  • Anda sudah bisa mengakses internet menggunakan Wifi.id.

Khusus untuk pembelian voucher Wifi.id seharga Rp5.000, ada penyesuaian lama pemakaian sesuai dengan zona tempat tinggal Anda. Terbagi menjadi 3 bagian zona Indonesia, yakni Zona A (Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara), paket 5.000 untuk 6 jam. Zona B (Kalimantan, Sulawesi), paket 5.000 untuk 4 jam, dan Zona C (Maluku, Papua), paket 5.000 untuk 2 jam. Untuk paket dengan harga 20.000 rupiah dan harga 50.000 rupiah, tidak ada pembatasan waktu penggunaan di setiap zona.

Jaringan Wifi id juga disediakan oleh jaringan Telkom Group lainnya, salah satunya IndiHome. Layanan yang disebut dengan wifi.id Seamless ini menyediakan internet unlimited di semua jaringan Wifi.id. Cukup dengan sekali Login di awal, pelanggan IndiHome maupun pelanggan High Speed Internet dapat melakukan browsing internet sepuasnya, baik di dalam maupun di luar rumah.

Jika harga normal internet Wifi.id adalah Rp50.000 per bulan, maka dengan menggunakan Wifi.id Seamless, biayanya cuma Rp10.000 per bulan. Dengan biaya tersebut, pelanggan bebas browsing internet sepuasnya dan terkoneksi dengan jaringan Wifi.id di seluruh Indonesia. Selain itu, tagihan akan menjadi satu dengan tagihan bulanan IndiHome, dan satu pelanggan IndiHome bisa menggunakan maksimal 5 gadget yang berbeda (Android, iPhone, iPad, notebook, dan lain-lain).

Untuk mendapatkan akses wifi.id Seamless ini, pelanggan cukup melakukan registrasi untuk mendapatkan username dan password yang akan dikirimkan melalui email dan SMS. Lalu, gunakan username dan password tersebut di lokasi jaringan Wifi.id untuk Login sekali agar selanjutnya bisa terkoneksi langsung dengan jaringan Wifi.id di seluruh Indonesia. Sementara, cara menonaktifkan wifi.id Seamless adalah dengan klik Unregister Seamless di Landing Page Wifi.id gadget Anda.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Biaya Pasang Telepon Rumah Telkom
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terkini Harga Voucher Wifi.id (Harian, Mingguan, Bulanan)"