Sifat & Harga Kloroform

No comment145 views

Bahan mungkin masih asing di telinga masyarakat umum. Tetapi tidak bagi orang yang berkecimpung dalam bidang , seperti pekerja di . Dan juga bagi mereka yang belajar mengenai kimia.

harga, kloroform, bahan, kimia, umum, pelarut, berbahaya, di, laboratorium, pelarut, amina, gas, klor, khlor, karsinogenik, rutin, peka, cahaya, sifat, reaksi, bahaya, aman, aseton, triklorometana, metil triklorida

Botol kloroform antik (sumber: pond5.com)

Salah satu bahan kimia yang ada yaitu kloroform. Kloroform merupakan kimia relative non-reaktif yang digunakan dari berbagai laboratorium untuk pekerjaan penelitian, industri seperti pewarnaan dan pestisida serta obat-obatan. Kloroform disebut juga haloform disebabkan karena brom dan klor juga bereaksi dengan metal keton, yang menghasilkan masing-masing bromoform (CHBr3) dan kloroform (CHCl3). Hal ini disebut CHX3 atau haloform, maka reaksi ini disebut dengan haloform.

Kloroform dikenal juga dengan triklorometana atau metil triklorida. Senyawa kimia itu memiliki rumus molekul CHCL3. Pada suhu dan tekanan atmosferik normal, kloroform berbentuk bening, volatile, dan berbau khas. Saat kondisi tersebut, kloroform tidak mudah terbakar.

Menurut Yunan Finarya (2008), kloroform merupakan turunan asam format dan termasuk senyawa polihalogen yaitu senyawa turunan karboksilat yang mengikat lebih dari satu atom halogen. Kata kloroform berasal dari kata halogen dan formiat yang artinya struktur senyawa dapat diturunkan dari asam formiat dengan menggantinya dengan atom halogen.

Dalam pembuatan kloroform perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu dengan adanya oksigen dari udara sinar matahari maka kloroform dapat teroksidasi dengan lambat menjadi fosgen (gas yang sangat beracun), maka untuk mencegah fosgen, maka kloroform disimpan dalam botol yang berwarna coklat yang terisi dan mengandung 0,5-1% Etanol (untuk mengikat bila terjadi fosgen).

Baca juga  Info Terbaru Cara Menentukan Harga NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) Tanah dan Bangunan

Berdasarkan teori di atas, maka dilakukan sintesis kloroform dengan etanol atau aseton dengan kapur klor. Dan juga dalam percobaan tersebut, dilakukan agar praktikan dapat memahami dan cara-cara pembuatan atau sintesis kloroform. sintesis kloroform dalam bidang farmasi yaitu berfungsi sebagai pembius.

Saat ini, kloroform digunakan sebagai pembuatan polimer (polytetrafluoroethylene), pengawet tembakau, digunakan dalam bidang farmasi sebagai zat pengekstrak pada pembuatan penisilin, dan juga fungisida dan vermisida.

Kebutuhan akan kloroform di Indonesia terbilang cukup besar. Hal tersebut dapat dilihat sampai akhir tahun 2004, Indonesia mengimpor sebanyak 86.971 kg dari negara lain seperti Jepang, Australia, Amerika Serikat, dan Jerman.

Data impor menunjukkan bahwa kloroform yang diimpor mulai dari tahun 2002 jumlahnya rata-rata meningkat, meskipun pada tahun 2005, jumlah kloroform lebih kecil daripada di tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan, jumlah kloroform paling besar terjadi pada tahun 2008.

Sesuai dengan perkembangan pembangunan, maka Indonesia akan membutuhkan kloroform yang dipakai sebagai bahan baku untuk pembuatan polytetrafluoethylene, serta untuk keperluan lainnya. Pembangunan tersebut akan sangat menguntungkan karena ketergantungan impor Indonesia akan kloroform dapat dikurangi.

harga, kloroform, bahan, kimia, umum, pelarut, berbahaya, di, laboratorium, pelarut, amina, gas, klor, khlor, karsinogenik, rutin, peka, cahaya, sifat, reaksi, bahaya, aman, aseton, triklorometana, metil triklorida

Berbagai jenis cairan kimia dalam kemasan botol (sumber: abc11.com)

Demi menjamin kelangsungan pabrik tersebut penyediaan bahan baku harus benar-benar dipikirkan, bahan baku aseton diperoleh dari PT Metropolitan Phenol Pertama yang memiliki kapasitas 100.000 ton/tahun, sedangkan bahan baku Sodium Hidroksida dan Khlor dapat diperoleh dari PT Asahimas Subentra Chemical Cilegon.

Baca juga  Info Harga, Kegunaan, dan Cara Pakai Sika Grout 215

Kloroform dikenal juga dengan triklorometana atau metil triklorida memiliki rumus molekul CHCL3. Pada suhu dan tekanan atmosferik normal, kloroform berbentuk cairan bening, volatile dan berbau khas. Saat kondisi tersebut kloroform tidak mudah terbakar.

Reaksi pembentukan kloroform dapat dilakukan dengan reduksi aseton menggunakan larutan natrium hipoklorit. Aseton merupakan zat yang bersifat flammable, titik didih 56,2 derajat celcius pada tekanan 1 atm, dan rapat massa 0,79 g/cm 3. Sementara natrium hipoklorit merupakan larutan ionik sebagai reduktor memiliki rapat massa 1,173 g/cm3.

Kloroform

Di pasaran, kloroform dijual bebas dengan harga variatif. Misalnya, untuk kloroform Merck 1.02444.2500, harganya sekitar Rp 512.000. Apabila Anda mencari kloroform yang lebih murah, ada chloroform teknis 500 ml, harganya Rp 150.000.

Sifat-sifat Kloroform

Menurut Parning (2000), sifat-sifat kloroform (tri klorometan) sebagai berikut:

  • Titik didihnya 61 derajat celcius
  • Titik beku -6,4 derajat celcius
  • Titik lelehnya -6,2 derajat celcius
  • Density 1,45
  • Indeks bias 1,4476
  • Cairannya tidak mudah terbakar
  • Tidak berwarna
  • Cairannya berbau khas
  • Sangat mudah menguap
  • Merupakan asam lemah
  • Tidak larut dalam air
  • Larut dalam pelarut organik
  • Kloroform murni peka terhadap cahaya
  • Karsinogenik toksin dan berbahaya bagi
harga, kloroform, bahan, kimia, umum, pelarut, berbahaya, di, laboratorium, pelarut, amina, gas, klor, khlor, karsinogenik, rutin, peka, cahaya, sifat, reaksi, bahaya, aman, aseton, triklorometana, metil triklorida

Kloroform dalam botol kecil (sumber: fitsnews.com)

Kegunaan Kloroform

  • Pelarut baik untuk banyak senyawa organik seperti garam, ammonium, sulfanium, dan phosfarium.
  • Pelarut untuk minyak asetat, , alkaloid, lilin, damar, dan lain-lain.
  • Pelarut dalam spektroskopi inframerah.
  • Menurunkan suhu beku karbon tetraklorida dalam industri karet.
Baca juga  Harga Produk Aqua Galon 19 Liter Dan Refill

Bahaya Kloroform

  • Kontak langsung dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata.
  • Bisa menyebabkan pusing, kelelahan, dan kemandulan.
  • Bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.
  • Ketidakteraturan kerja hati.
  • Ketika terkena cahaya dan udara, kloroform dapat teroksidasi dengan lambat membentuk forgen yang sangat beracun.

Reaksi-reaksi Kloroform

  • Jika terkena udara dan cahaya kloroform mengalami oksidasi secara lambat membentuk fosgen dengan toksisitas yang tinggi.
  • Kloroform dipanaskan dengan alkali akan terurai menjadi alkali formiat.
  • Reaksi natrium etilen dengan kloroform membentuk trioksi metana atau metal ester asam formiat.
  • Kloroform dipanaskan dengan amoniak dihidrolisis dan kalium hidroksida menjadi siankalium.

Kloroform bersifat karsinogenik, jadi Anda jangan menggunakannya sebagai pelarut dengan rutin di laboratorium. Tetapi, karena penting sebagai pelarut untuk sampel tertentu, sering diganti dengan zat yang lebih aman seperti metilen klorida.

Peuferon kloroform adalah pelarut umum yang pada spektroskopi resonansi magnet kontak kloroform dengan reagen dasar dari larutan harus dihindari karena bisa terurai menjadi diklorokarbon (sangat berbahaya karena mengandung gas klor). Anda sebaiknya tidak menggunakan kloroform sebagai pelarut untuk amina. Lindungi dari cahaya dan simpan di tempat yang sejuk.

loading...

Leave a reply "Sifat & Harga Kloroform"