Harga Teh Pucuk Harum 1 Dus di Pasaran

No comment1029 views

Hampir sama dengan penduduk Jepang yang dikenal dengan budaya tehnya, mayoritas orang Indonesia juga suka minum teh. Ngeteh biasanya jadi pilihan banyak orang saat bersantai atau selepas bekerja. Semisal ada tamu datang ke rumah, teh juga menjadi minuman yang paling lazim disajikan. Saat cuaca panas ataupun turun hujan, teh pun banyak dicari. Terutama jika sedang flu dan badan menggigil, ngeteh jadi salah satu hal yang wajib dilakukan.

Mengonsumsi Teh Pucuk Harum (youtube: Andi Ridwan)

Mengonsumsi Teh Pucuk Harum (youtube: Andi Ridwan)

Dengan alasan lebih praktis, konsumsi terhadap minuman dalam dianggap kian melonjak. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan dalam memproduksi minuman . Tak terkecuali, PT Mayora Tbk, yang semakin populer berkat menghadirkan produk Teh Pucuk Harum.

Tentang Teh Pucuk Harum

Meski tingkat konsumsi teh di Indonesia masih jauh dibandingkan negara seperti Turki, Inggris, atau bahkan Malaysia, teh menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi warga Indonesia setelah air putih. Ketika di kantor, rumah, bahkan , teh menjadi salah satu minuman pilihan. Melihat peluang itu, jangan heran jika jumlah pemain teh dalam kemasan terus bermunculan dengan menawarkan kemudahan dan kepraktisan.

Dari sekian banyak merek yang ada, ada satu merek yang terbilang menonjol selama lima tahun terakhir. Dia adalah Teh Pucuk Harum buatan PT Mayora Indah Tbk. Meski terbilang pemain baru, Teh Pucuk Harum menjadi pemimpin dalam pasar teh non cup jasmine.

Teh Pucuk Harum menghadirkan rasa jasmine, rasa yang sangat disukai oleh orang Indonesia dan tidak terlalu manis. Menurut data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Teh Pucuk berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan secara value dan volume masing-masing sebesar 35,3% dan 28,1% di sepanjang 2016 lalu.

Strategi Teh Pucuk Harum memang unik. Ketika banyak pemain berinovasi dalam rasa, Teh Pucuk Harum hanya menghadirkan dua rasa, yaitu dan less sugar. Ukurannya pun hadir dalam tiga jenis, yaitu 350 ml, 480 ml, dan 1,5 liter. kecil untuk konsumen yang sedang traveling, nongkrong. Sedangkan 1,5 liter untuk ramai-ramai.

Namun untuk menjadi pemain terbesar dalam waktu singkat, Mayora pun sangat memperhatikan hal-hal penting dalam pemasaran. Mayora memiliki sistem pemantauan yang memuat seperti pertumbuhan merek yang sehat, brand tracking, numeric distribution, share of voice, top of mind, dan lainnya.

Varian Teh Pucuk Harum (sumber: akuchichie.com)

Varian Teh Pucuk Harum (sumber: akuchichie.com)

Unsur 4P dalam marketing pun dipenuhi Mayora melalui Teh Pucuk Harum ini. Perusahaan meriset ke konsumen bahwa rasa menjadi penting. Misalnya terlalu manis atau terlalu pahit. Konsumen tidak keberatan untuk membayar lebih mahal asal mendapatkan rasa yang lebih enak. Teh Pucuk Harum pun mengklaim ada tiga diferensiasi terkait produk mereka, yaitu ‘manisnya pas, tidak nyangkut di leher dan tidak buat haus lagi’.

Selain produk, Mayora juga sangat memperhatikan urusan promosi. Aktivasi below-the-line dan above-the-line dilakukan secara gencar. Untuk menggaet anak muda misalnya, Teh Pucuk Harum menggelar Pucuk Cool Jam, festival musik di 30 sekolah Jabodetabek dan Bandung. Selain promosi dan produk, perusahaan memastikan distribusi tersebar dengan baik. Tidak ada gunanya promosi kencang, tapi barang sulit ditemukan.

Produk dengan kategori Ready To Drink Tea keluaran Mayora ini dianggap mampu bersaing dalam kompetisi beverages di tahun 2017. Food and Beverages dirasa cukup menarik karena menjadi kebutuhan bagi khalayak ramai. Namun, konsumen dianggap lebih selektif dalam memilih produk, khususnya untuk minuman kemasan. Mereka lebih menyukai untuk memilih brand yang telah mereka kenal.

Melihat kondisi tersebut dan antisipasinya dalam kompetisi di pasar, Mayora senantiasa mengatur strategi dalam memasarkan Teh Pucuk Harum. Strategi yang Mayora lakukan adalah dengan melakukan observasi baik itu ke market atau konsumen secara reguler.  Sejak awal brand Teh Pucuk Harum dilengkapi dengan berbagai platform komunikasi yang disesuaikan dengan target pelanggannya, dan target produk Teh Pucuk Harum ini adalah untuk semua kelas.

Kanal yang modern digunakan untuk platform digital marketing seperti website, Facebook, Twitter, dan Instagram. Melalui platform tersebut Mayora rajin berinteraksi dengan konsumen sesuai dengan tren saat ini.

Strategi komunikasi yang dilakukan Mayora juga lebih sederhana tapi efektif dan bersahabat. Event yang relevan senantiasa diikuti untuk mengembangkan Teh Pucuk Harum untuk target pemasarannya. Upaya ini Juga dijadikan kegiatan untuk meningkatkan basis konsumen yang loyal.

Varian Teh Pucuk Harum Sugar Free (sumber: akuchichie.com)

Varian Teh Pucuk Harum Sugar Free (sumber: akuchichie.com)

Perusahaan mencoba untuk lebih relevan dengan target konsumen dan selalu update dengan tren yang ada. Masing-masing jaringan pemasaran memiliki perannya masing-masing. Kami melihatnya bahwa di satu sisi masih butuh media konvensional, tapi juga menyasar digital untuk target anak muda. Lewat keduanya, Mayora berusaha tetap intens berinteraksi.

Dengan strategi yang efektif ini, terbukti membuat Teh Pucuk hanya membutuhkan waktu lima tahun untuk bisa kuasai pasar. Teh melati dalam kemasan botol plastik itu telah sukses menguasai pasar teh non cup jasmine dengan pangsa mencapai 43%. Ini tentu pencapaian yang luar biasa bagi merek yang bisa dibilang pendatang, dibanding para pesaingnya yang telah lebih dahulu terjun.

Adapun penjualannya mencapai rata-rata 100 juta botol per bulan. Kapasitas 100 juta botol per bulan dihasilkan dari empat pabrik di Ciawi, Pasuruan, Makassar, dan Palembang. Pada akhirnya peningkatan permintaan yang luar biasa ini, memaksa Mayora mendirikan satu pabrik baru lagi di Ciherang, Bogor dengan kapasitas 40 juta botol per bulan.

Teh Pucuk Harum

Sebagai informasi, produk Teh Pucuk Harum diproduksi dalam sejumlah ukuran kemasan botol, mulai dari yang terkecil ukuran 350 ml, 480ml, hingga 1.500ml. Dalam satu 1 dus teh pucuk ukuran 350ml, berisi 24 botol dan dijual harga Rp40.000. Sementara untuk 1 dus teh pucuk ukuran 480 ml, berisi 12 botol dan dibanderol seharga Rp48 ribuan.

Baca juga  Harga Mesin Sosis Telur Listrik (1 Lubang, 2 Lubang, 4 Lubang, 10 Lubang)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Teh Pucuk Harum 1 Dus di Pasaran"