Update Harga Teh Pucuk Harum 1 Dus di Pasaran

Hampir sama dengan penduduk Jepang yang dikenal dengan budaya tehnya, mayoritas orang Indonesia juga suka minum teh. Ngeteh menjadi pilihan banyak orang saat bersantai atau selepas bekerja. Semisal ada tamu datang ke rumah, teh juga menjadi yang paling lazim disajikan. Saat cuaca panas ataupun turun hujan, teh pun banyak dicari. Jika sedang flu dan badan menggigil, ngeteh pun menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan.

Teh Pucuk Harum (facebook: Teh Pucuk Harum)

Teh Pucuk Harum (facebook: Teh Pucuk Harum)

Dengan alasan lebih praktis, konsumsi minuman segar dalam kemasan dianggap kian melonjak. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan dalam memproduksi minuman kemasan. Tak terkecuali, PT Mayora Tbk, yang semakin populer berkat menghadirkan Teh Pucuk Harum.

Tentang Teh Pucuk Harum

Meski tingkat konsumsi teh di Indonesia masih jauh dibandingkan negara seperti Turki, Inggris, atau bahkan Malaysia, teh menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi warga Indonesia setelah air putih. Ketika di kantor, rumah, bahkan , teh menjadi salah satu minuman pilihan. Melihat peluang itu, jangan heran jika jumlah pemain teh dalam kemasan terus bermunculan dengan menawarkan kemudahan dan kepraktisan.

Dari sekian banyak yang ada, ada satu yang terbilang menonjol selama beberapa tahun terakhir. Dia adalah Teh Pucuk Harum buatan PT Mayora Indah Tbk. Meski terbilang pemain baru, Teh Pucuk Harum sukse menjadi pemimpin dalam pasar teh non jasmine.

Teh Pucuk Harum menghadirkan jasmine, yang sangat disukai oleh orang Indonesia dan tidak terlalu . Menurut data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Teh Pucuk berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan secara value dan volume masing-masing sebesar 35,3% dan 28,1% di sepanjang 2016 lalu.

Strategi Teh Pucuk Harum memang unik. Ketika banyak pemain berinovasi dalam rasa, Teh Pucuk Harum hanya menghadirkan dua rasa, yaitu reguler dan less sugar. Ukurannya pun hadir dalam tiga jenis, yaitu 350 ml, 480 ml, dan 1,5 liter. Ukuran kecil untuk konsumen yang sedang traveling, nongkrong, sedangkan 1,5 liter untuk ramai-ramai.

Namun, untuk menjadi pemain terbesar dalam waktu singkat, Mayora pun sangat memperhatikan hal-hal penting dalam pemasaran. Mayora memiliki sistem pemantauan yang memuat seperti pertumbuhan merek yang sehat, tracking, numeric distribution, share of voice, top of mind, dan lainnya.

Unsur 4P dalam marketing pun dipenuhi Mayora melalui Teh Pucuk Harum ini. Perusahaan meriset ke konsumen bahwa rasa menjadi penting. Misalnya terlalu manis atau terlalu pahit. Konsumen tidak keberatan untuk membayar lebih mahal asal mendapatkan rasa yang lebih enak. Teh Pucuk Harum pun mengklaim ada tiga diferensiasi terkait produk mereka, yaitu ‘manisnya pas, tidak nyangkut di leher, dan tidak buat haus lagi’.

Teh Pucuk Harum (youtube: Peter Manus)

Teh Pucuk Harum (youtube: Peter Manus)

Selain produk, Mayora juga sangat memperhatikan urusan promosi. Aktivasi below-the-line dan above-the-line dilakukan secara gencar. Untuk menggaet anak muda misalnya, Teh Pucuk Harum menggelar Pucuk Cool Jam, festival musik di 30 sekolah Jabodetabek dan Bandung. Selain promosi dan produk, perusahaan memastikan distribusi tersebar dengan baik. Tidak ada gunanya promosi kencang, tapi barang sulit ditemukan.

Produk dengan kategori Ready To Drink Tea keluaran Mayora ini dianggap mampu bersaing dalam kompetisi beverages di tahun 2017. Food and Beverages dirasa cukup menarik karena menjadi kebutuhan bagi khalayak ramai. Namun, konsumen dianggap lebih selektif dalam memilih produk, khususnya untuk minuman kemasan. Mereka lebih menyukai untuk memilih brand yang telah mereka kenal.

Melihat kondisi tersebut dan antisipasinya dalam kompetisi di pasar, Mayora senantiasa mengatur strategi dalam memasarkan Teh Pucuk Harum. Strategi yang Mayora lakukan adalah dengan melakukan observasi, baik itu ke market atau konsumen secara reguler.  Sejak awal, brand Teh Pucuk Harum dilengkapi dengan berbagai platform komunikasi yang disesuaikan dengan target pelanggannya, dan target produk Teh Pucuk Harum ini adalah untuk semua kelas.

Strategi komunikasi yang dilakukan Mayora juga lebih sederhana, tapi efektif dan bersahabat. Event yang relevan senantiasa diikuti untuk mengembangkan Teh Pucuk Harum untuk target pemasarannya. Upaya ini juga dijadikan kegiatan untuk meningkatkan basis konsumen yang loyal.

Dengan strategi yang efektif ini, Teh Pucuk Harum hanya membutuhkan waktu lima tahun untuk bisa kuasai pasar. Teh melati dalam kemasan botol plastik itu telah sukses menguasai pasar teh non cup jasmine dengan pangsa mencapai 43%. Ini tentu pencapaian yang luar biasa bagi merek yang bisa dibilang pendatang, dibanding para pesaingnya yang telah lebih dahulu terjun.

Adapun penjualannya mencapai rata-rata 100 juta botol per bulan. Kapasitas 100 juta botol per bulan dihasilkan dari empat pabrik di Ciawi, Pasuruan, Makassar, dan Palembang. Pada akhirnya, peningkatan permintaan yang luar biasa ini, memaksa Mayora mendirikan satu pabrik baru lagi di Ciherang, Bogor dengan kapasitas 40 juta botol per bulan.

Varian Teh Pucuk Harum (sumber: akuchichie.com)

Teh Pucuk Harum (sumber: akuchichie.com)

Sebagai informasi, untuk penjualan produk Teh Pucuk Harum 1 dus, diproduksi dalam sejumlah ukuran kemasan botol, mulai dari yang terkecil ukuran 350 ml, 480 ml, hingga 500 ml dengan harga sebagai berikut.

Harga Teh Pucuk Harum

Varian Teh Pucuk Harum Harga 1 Dus (Rp)
Teh Pucuk Harum 350 ml53.000
Teh Pucuk Harum 480 ml59.000
Teh Pucuk Harum 500 ml67.000

Perlu Anda ketahui bahwa harga Teh Pucuk Harum 1 Dus di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, harga Teh Pucuk Harum 1 dus berkisar Rp40 ribuan hingga Rp48 ribuan.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Menu Ice Cream Sundae McD dan KFC
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Teh Pucuk Harum 1 Dus di Pasaran"