Update Harga Tanaman Kuping Gajah di Pasaran (Semua Varian)

Bagi Anda pencinta tanaman hias, pasti sudah cukup familiar dengan tanaman kuping gajah. Tanaman yang sudah populer dari dulu, kini masih dicari banyak orang. Di pasaran sendiri, kuping gajah dijual dalam berbagai varian, mulai dari kuping gajah biasa yang harganya terjangkau hingga kuping gajah jenis hibrida yang harganya terbilang mahal.

Karakteristik Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah (sumber: lazada)
Tanaman kuping gajah (sumber: lazada)

Secara ilmiah, kuping gajah memiliki nama Anthurium Sp. Dikenal dengan nama kuping gajah karena daun yang bentuknya lebar dan berukuran besar mirip dengan telinga gajah. Sekilas, bentuk daun tumbuhan tersebut juga mirip dengan jantung manusia, hanya saja ukurannya lebih besar. Berdasarkan literatur, sumber genetik anthurium berasal dari Benua Amerika yang beriklim tropis, terutama di Peru, Kolombia, dan Amerika Latin.

Bacaan Lainnya

Karena berasal dari daerah dengan iklim tropis, tak heran jika tanaman tersebut bisa dibudidayakan dengan baik di Indonesia. Tanaman kuping gajah sendiri memiliki bentuk pohon seperti perdu dan bisa tumbuh hingga 60 cm, tergantung dari jenisnya.

Penampilannya yang berbentuk perdu dengan daun lebar menggantung di bagian atas, menarik para kolektor tanaman hias. Batang daun tanaman kuping gajah tidak berkayu, namun cukup kokoh untuk menopang daun yang lebar dan besar. Sehingga, daun tidak mudah goyah dan sobek terkena angin.

Baca juga  Info Terkini Harga Sangkar Burung Kapsul dalam Berbagai Merek & Ukuran

Keindahan tanaman kuping gajah tidak hanya dilihat dari struktur tanamannya, tetapi juga bunganya. Beberapa jenis anthurium memiliki bunga dengan satu kelopak yang berbentuk seperti hati. Di bagian tengah bunganya, terdapat putih dan sari dengan bentuk silinder berwarna kuning, hijau, atau putih.[1] Orang yang membudidayakan tanaman kuping gajah jenis berbunga biasanya juga memanfaatkan bunganya sebagai bunga potong untuk dijual atau dipakai sebagai pelengkap buket bunga.

Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah

Jika Anda ingin membeli tanaman kuping gajah, sebaiknya Anda juga mengetahui cara memeliharanya. Sebagai tips agar kuping gajah Anda tidak mudah terjangkit hama dan gulma, sebaiknya Anda menanamnya dalam pot. Pot berukuran sedang hingga besar sangat cocok untuk menanam kuping gajah. Selain akan terlihat lebih indah, pot akan membuat tanaman Anda lebih mudah dirawat.

Selain memindahkan tanaman dalam pot, Anda harus memperhatikan media tanamnya. Tanah tanaman kuping gajah tidak boleh terlalu dan terlalu basah. Anda harus pintar dalam menyiram tanaman tersebut. Setiap pagi, cek kondisi tanah pada pot. Jika tanah sudah mulai kering, Anda bisa menyiramnya dengan air secukupnya.

Baca juga  Update Harga Tanaman Lidah Mertua (Bibit, Mini, Dewasa)

Setiap minggu, Anda juga harus memotong daun yang mulai menguning atau rusak. Selain akan membuat tampilan kuping gajah menjadi lebih indah, cara tersebut akan membantu tanaman beregenerasi dengan cepat. Sehingga, daun muda anthurium dapat tumbuh dengan baik dan tidak cacat.

Sambil memotong daun yang rusak atau menguning, Anda bisa melakukan pemupukan susulan. Pupuk yang baik untuk kesuburan dan keindahan tanaman kuping gajah adalah pupuk organik. Anda bisa memakai jenis pupuk kompos atau pupuk kandang. Selain itu, tambahkan juga sekam dan tanah gembur jika tanah dalam pot mulai berkurang.

Untuk mempercantik tanaman, Anda bisa membersihkan daun kuping gajah. Caranya tidak sulit, karena Anda hanya perlu mengelap daun kuping gajah memakai kain atau tisu basah setiap pagi. Cara ini juga berguna untuk mengusir hama daun pada kuping gajah.

Tanaman Hias Kuping Gajah (credit: lumikasa)
Kuping Gajah (credit: lumikasa)

Nah, bagi Anda yang tertarik membeli kuping gajah di pasaran, pastikan Anda mengetahui jenis anthurium yang dijual di bunga serta harganya. Sehingga, Anda bisa memilih jenis kuping gajah yang cocok untuk dekorasi rumah dengan anggaran yang Anda miliki.

Baca juga  Info Terkini Harga Minyak Bunga Matahari

Harga Tanaman Kuping Gajah

Jenis Tanaman Kuping Gajah Harga
Kuping Gajah Sente Rp15.000 per tanaman
Kuping Gajah Hijau Rp20.000 per tanaman
Kuping Gajah Indoor Hijau Rp25.000 per tanaman
Kuping Gajah Lokal Hijau Rp30.000 per tanaman
Kuping Gajah + Pot Putih Rp30.000 per pot
Kuping Gajah Dorayaki Silver Rp67.000 per bibit
Kuping Gajah Silver Rp205.000 per pot
Kuping Gajah Giant Rp250.000 per pot
Kuping Gajah Tengkorak Bibit Rp350.000 per bibit
Kuping Gajah Tarantula 5 Daun Rp390.000 per pot
Kuping Gajah Tengkorak Rp500.000 per pot
Kuping Gajah Crystallinum Varigata Rp8.000.000 per tanaman
Kuping Gajah Varigata Novitaramusu Rp35.000.000 per pot

Perlu Anda ketahui, daftar harga tanaman kuping gajah di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga tanaman kuping gajah tahun ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, kuping gajah indoor hijau yang awalnya dijual dengan harga Rp20 ribu, naik menjadi Rp25 ribu per tanaman.

[Update: Almas]

[1] Hamidy, Imron. 2010. Budidaya Anthurium Bunga Potong Sp. (Laporan Magang). Studi Diploma III Agribisnis Hortikultura dan Arsitektur Pertamanan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *