Update Harga Stetoskop ABN (Spectrum dan Classic)

Memiliki tugas sebagai seorang dokter atau perawat, memang membutuhkan banyak peralatan medis. Dari sekian banyak peralatan medis yang ada, paling tidak seorang ahli medis harus paham mengenai penggunaan alat-alat, seperti tensi, , suntik, dan stetoskop. Khusus stetoskop, tidak hanya dipegang oleh seorang dokter, perawat dan beberapa staf medis juga memerlukannya. Nah, ada salah satu jenis stetoskop yang sering digunakan, yaitu stetoskop ABN karena punya harga terbilang lebih murah.

Harga Stetoskop - www.nursetheory.com

Harga Stetoskop - www.nursetheory.com

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai stetoskop ABN, Anda juga perlu mengetahui tips atau cara yang baik untuk memilih stetoskop. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara memilih stetoskop agar tidak salah dalam penggunaannya. Beberapa stetoskop sudah dilengkapi dengan fitur khusus agar Anda dapat mendengar detak jantung pasien dengan mudah. Berikut kami sampaikan tips memilih stetoskop ABN beserta sedikit penjelasannya.

Perhatikan Tipe Stetoskop

Tips pertama untuk memilih stetoskop, yaitu dengan memperhatikan tipe stetoskop. Ada 3 jenis stetoskop yang saat ini beredar di pasaran, yaitu double chestpiece, single chest piece, dan  spring. Tipe double chestpiece merupakan jenis stetoskop serbaguna dengan dua sisi berbeda. Pada sisi pertama, adalah sisi diafragma yang dilengkapi dengan membran, sedangkan pada sisi lainnya adalah sisi bell yang tidak dilengkapi dengan membran.

Fungsi sisi diafragma, yaitu mendengarkan suara organ dalam, seperti paru-paru, jantung, lambung, usus, dan lainnya. Ini juga dimaksudkan untuk mendengarkan suara dengan frekuensi tinggi. Sementara, sisi bell memiliki fungsi yang bertolak belakang dengan sisi membran, yaitu untuk mendengarkan suara berfrekuensi rendah, seperti jantung pada anak-anak. Stetoskop jenis double chestpiece ini biasa direkomendasikan untuk memeriksa ibu hamil serta tenaga medis di bagian kardiovaskular.

Ada juga jenis single chestpiece yang digunakan untuk mendengar bunyi korotkoff atau bunyi . Stetoskop ini berbeda dengan jenis double chestpiece karena tidak memiliki bagian yang tidak bermembran. Pada bagian chestpiece, juga lebih tipis daripada double chestpiece, sehingga stetoskop lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam arm dan cuff bagian sphygmomanometer. Stetoskop ini direkomendasikan bagi Anda yang melakukan proses auskultasi normal.

Jenis stetoskop berikutnya yaitu spring, dengan bahan material besi. Ini berfungsi untuk menghubungkan eustachian tubes atau eartube. Penggunaan stetoskop ini bisa dibilang lebih fleksibel, dan Anda bisa menggunakannya sehari-hari. Stetoskop ini juga direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuka praktik di rumah.

Perhatikan Berat Stetoskop

Bagi Anda yang benar-benar ingin membeli stetoskop, akan lebih baik jika memilihnya berdasarkan . Beberapa stetoskop memiliki bobot yang cukup berat, bahkan hingga 200 gr. Bagi Anda seorang tenaga medis, pasti akan kesulitan jika harus membawa stetoskop ke mana pun dengan bobot berat. Apalagi, seorang tenaga medis juga harus bisa bekerja dengan cepat dan cekatan.

Bobot yang terlalu berat pada stetoskop tidak hanya memperlambat Anda ketika bekerja, tetapi juga dapat membuat Anda mudah lelah. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan meletakkan stetoskop di bagian leher, akan lebih baik jika Anda memilih stetoskop dengan bobot yang ringan. Ini akan mempermudah Anda ketika bekerja. Untuk stetoskop dengan berat lebih, biasanya juga lebih mahal karena material yang digunakan.

Harga Stetoskop - productnation.co

Harga Stetoskop - productnation.co

Perhatikan Sound insulation Stetoskop

Faktor penting lainnya yang perlu Anda perhatikan selain berat dan jenis stetoskop, yaitu sound insulation pada stetoskop. Sound insulation pada stetoskop menentukan seberapa baik stetoskop Anda ketika digunakan. Ini juga memiliki fungsi penting, yaitu sebagai salah satu penghantar bunyi dari suara organ tubuh ke telinga Anda. Jika sound insulation pada stetoskop memiliki kualitas buruk, maka Anda akan kesulitan mendengarkan bunyi organ dalam pasien.

Kebocoran pada sound insulation juga dapat menyebabkan Anda bisa mendengar suara berisik yang menghambat pendengaran mengenai bunyi organ. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih stetoskop dengan sound insulation berkualitas baik dengan ciri terdapat peredam suara sebagai pelengkapnya. Peredam suara biasanya terletak pada bagian tube pada earpiece. Anda pun perlu memperhatikan bentuk dan ukuran earpiece pada stetoskop. Pilihlah yang bentuk dan ukurannya sesuai dengan lubang telinga Anda agar tidak sakit dan lebih efisien dalam penggunaannya.

Harga Stetoskop ABN

Saat ini, tidak sulit mendapatkan stetoskop karena sudah ada banyak merk yang beredar di pasaran. Stetoskop ABN misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga Rp45 ribu sampai Rp70 ribuan untuk tipe Spectrum, sedangkan varian Classic dijual dengan harga rata-rata Rp300 ribu sampai Rp650 ribuan. Sebagai perbandingan, tahun lalu harganya mulai Rp70.000 hingga Rp375.000. Anda bisa mendapatkan stetoskop ABN dengan mudah, karena saat ini sudah banyak pedagang yang menyediakan jenis stetoskop ini. Anda bisa mendapatkannya di apotek besar, toko peralatan medis, hingga pusat perbelanjaan khusus.

Stetoskop ABN sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu peralatan medis yang banyak digemari. Hal ini karena harga stetoskop ABN relatif jauh lebih murah dibanding dengan jenis atau merk stetoskop pada umumnya. Stetoskop Erka Precise misalnya, saat ini dibanderol mulai Rp1.213.000, sedangkan stetoskop ADC Adscope dijual dengan harga mulai Rp600.000.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Suntik Varises Metode Skleroterapi
author

Leave a reply "Update Harga Stetoskop ABN (Spectrum dan Classic)"