Info Terbaru Harga Bebek Mandarin (Anakan, Dewasa, Sepasang)

mandarin, atau biasa disebut dengan bebek hias carolin, memang terbilang unik untuk dipelihara. Selain karena fisik yang berbeda dengan unggas lainnya, varian ini tak kalah cantik dengan angsa hias. Sayangnya, unggas ini tidak bisa dibilang murah, bisa mencapai angka jutaan rupiah per ekor.

Bebek mandarin sepasang (sumber: monceau.co)
Bebek mandarin sepasang (sumber: monceau.co)

Karakteristik Bebek Mandarin

Bebek mandarin jelas berbeda dengan bebek peliharaan, bebek peking, dan bebek putih yang mirip angsa. Unggas tersebut biasanya dipelihara sebagai hewan hias dan tidak dijadikan santapan. Secara ilmiah, bebek hias carolin memiliki nama Aix galericulata dan termasuk salah satu spesies yang tersebar di berbagai negara, termasuk di wilayah Asia.[1]

Bacaan Lainnya

Secara fisik, bebek hias carolin memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang 41-49 cm dan bentang sayap 65-75 cm. Dilansir dari jualayamhias.com, bebek ini memiliki berat sekitar 500-700 gr dan bisa bertelur hingga 12 butir. Berbeda dengan bebek lainnya, unggas air ini juga bisa bertahan hidup lebih lama, yakni hingga 20 lebih.

Betina dan jantan memiliki bentuk fisik yang berbeda dan kebanyakan orang memilih untuk memelihara bebek carolin jantan sebagai hewan hiasan di rumah. Meskipun begitu, ada juga yang memelihara sepasang karena ingin diternak. Untuk mengetahui perbedaan bebek mandarin betina dan jantan, Anda perlu cermat dan memperhatikan bentuk fisiknya.

Masih dari sumber yang sama, bebek hias carolin jantan memiliki paruh berwarna merah, punggung hitam, dan badan berwarna putih. Unggas ini juga memiliki sayap dan leher berwarna hijau terang. Ciri lainnya berada di bagian sayap hewan tersebut. Ada bentuk seperti sayatan kapak berwarna hitam di bagian atas sayapnya.

Sementara itu, bebek betina hanya memiliki satu warna dengan motif hitam di tubuhnya. Bisa dibilang, bebek jantan lebih berwarna dan indah dibanding bebek betina. Selain itu, bebek mandarin jantan juga memiliki suara yang lebih lantang dan penampilan yang mencolok saat musim kawin tiba.

Bentuk bebek carolin yang indah dan mirip dengan burung hias, membuat sebagian orang bertanya, apakah bebek ini bisa terbang? Sama seperti angsa, bebek mandarin bisa terbang, hanya saja tidak setinggi angsa. Bebek ini suka terbang dan memanjat dahan atau ranting untuk berteduh dan makan.

Kebanyakan bebek carolin juga suka berada di tempat yang tinggi untuk mengawasi daerah kekuasaan mereka. Unggas ini tidak hanya pandai memanjat, tetapi juga lincah, karena itu banyak orang yang suka memburu bebek mandarin dengan dijebak di dalam lubang atau ditembak. Hal inilah yang membuat populasi unggas cantik tersebut menjadi langka. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak orang yang mulai beternak bebek tersebut.

Cara Memelihara Bebek Mandarin

Bebek mandarin (twitter: @theeconomist)
Bebek mandarin (twitter: @theeconomist)
  • Sebelum mulai beternak bebek mandarin, biasanya orang akan belajar memeliharanya dulu. Memelihara bebek carolin bisa dibilang relatif mudah. Anda bisa memberinya jenis pakan yang sama dengan bebek lokal, antara lain ampas tahu, bekatul, ikan rucah, dan siput sawah. Dilansir dari hobiternak.com, bebek mandarin juga suka makan ikan kecil, belalang, capung, dan biji-bijian.
  • Selain memperhatikan pakan, Anda juga perlu memberikan kandang yang luas dengan kolam air bersih. Hal ini karena bebek mandarin suka berenang dan bermain air. Pastikan juga kolam tidak terlalu sempit dan memiliki sanitasi yang baik.
  • Supaya bebek tidak mudah terkena , Anda harus memberikan vaksin dan vitamin secara rutin. Selain itu, bersihkan kandang bebek setiap hari, jika perlu dua kali sehari dan Anda juga harus mengganti air kolam secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu.
  • Di kandang bebek, Anda juga perlu meletakkan ornamen berupa pohon berukuran sedang dan sarang sebagai tempat berteduh dan bertelur. Ini berlaku jika Anda memelihara sepasang bebek mandarin.

Dengan cara memelihara bebek carolin yang gampang-gampang susah, apakah Anda berminat mengadopsinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga bebek mandarin di pasaran, sehingga Anda bisa menyiapkan modal yang tepat. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga bebek mandarin di pasaran dalam negeri saat ini.

Harga Bebek Mandarin

Usia Bebek Mandarin Harga
Bebek Mandarin Anakan Rp5.000.000 per ekor
Bebek Mandarin 6 Rp7.499.000 per ekor
Bebek Mandarin 7 Bulan Rp13.000.000 per ekor
Bebek Mandarin Sepasang Rp17.000.000
Bebek Mandarin 2 Pasang Rp30.000.000

Informasi harga bebek mandarin di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Biaya adopsi bebek tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga bebek mandarin saat ini terpantau turun. Bebek mandarin sepasang misalnya, semula ditawarkan Rp25 jutaan dan sekarang turun menjadi Rp17 jutaan.

[Update: Panca]

[1] Rahmadany, Lusita. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Batang Semu Pisang (Musa paradiaca L.) Terfermentasi terhadap Peningkatan Pertambahan Bobot Itik Peking (Anas Platyrhynchoc domestica L.) (Skripsi). Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *