Harga Standing Banner dan Roll Banner (Semua Ukuran)

Agar dapat mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan, promosi yang gencar perlu dilakukan. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan produk Anda, salah satunya menggunakan media banner, baik dalam standing atau roll. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung dan tipe banner.

Ilustrasi: Banner di Suatu Pusat Belanja (credit: opinionprinting)

Ilustrasi: Banner di Suatu Pusat Belanja (credit: opinionprinting)

Jika Anda menjalankan atau usaha, media promosi memang memegang peranan penting dalam rangka menarik perhatian masyarakat luas atau calon konsumen/pelanggan. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[1] Sementara, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[2]

Tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).[3]

Hampir setiap perusahaan menggunakan media promosi dalam rangka memasarkan produk mereka kepada khalayak luas. Contoh media promosi yang lazim digunakan adalah brosur, leaflet, poster, name card, billboard, spanduk, hingga banner. Kemudian, seiring kemajuan digital, promosi sekarang juga dapat dilakukan via media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, hingga channel YouTube, atau media elektronik seperti radio dan televisi.

Pengertian dan Kelebihan Banner

Ilustrasi: Roll Up Standing Banner (credit: oceanmockups)

Ilustrasi: Roll Up Standing Banner (credit: oceanmockups)

Dari sekian media konvensional untuk promosi, salah satu yang masih digunakan banyak perusahaan, toko, maupun usaha lainnya adalah banner. Secara singkat, ini dapat dikatakan sebagai media promosi atau publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk potrait atau vertikal.

Baca juga  Harga Terbaru Kopi Bubuk 1 Kg dan Tips Memilih Kopi Bubuk Berkualitas

Sebagai media promosi, banner dikatakan memiliki sejumlah keunggulan. Media promosi yang satu ini sangat cocok digunakan ketika Anda sedang mengadakan promo seperti diskon, bonus produk, atau promo khusus lainnya. Membuat banner dengan informasi dan desain yang kreatif akan membantu Anda menarik orang yang sedang melintasi lokasi bisnis atau tempat banner Anda diletakkan.

Dengan mencetak banner sebagai media promosi, Anda sudah berhasil menghemat produksi. Berbeda dengan mencetak brosur atau flyer, banner yang Anda cetak bisa digunakan kapan saja, misalnya saat event berlangsung atau diletakkan di depan toko atau tempat Anda menjalankan bisnis. Banner juga lebih mudah dibawa ke mana saja dan kapan saja. Namun, sebelum mencetak banner, cobalah pikirkan dengan baik apa saja informasi yang akan Anda tulis. Usahakan informasi tersebut yang bisa diterima target pasar dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan lainnya, banner memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari 25 x 40 cm, 60 x 120 cm, 85 x 200 cm, dan masih banyak lagi, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet Anda. Namun, agar banner dapat dilihat banyak orang, cobalah pilih ukuran banner yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain ukuran, Anda juga harus memilih jenis banner yang sesuai, apakah X Banner, Roll Up Banner, atau Mini Banner. Jika Anda ingin yang lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja, Anda bisa memilih jenis Roll Up Banner.

Beda Standing dan Roll Banner

Ilustrasi: Standing X Banner (credit: graprint)

Ilustrasi: Standing X Banner (credit: graprint)

Banner sebenarnya terdiri dari berbagai jenis. Jika dilihat dari bentuk penyangga, ada X Banner, yang seperti namanya, pemasangannya diberi penyangga berupa tiang berbentuk huruf “X”. Tiang penyangga sengaja dibuat dari bahan pipa aluminium kecil sehingga ringan dan mudah dipindah tempat. Biasanya, X Banner diletakkan di samping pintu masuk sebuah toko, kantor, atau ruang seminar. Jenis banner ini cocok untuk diletakkan di indoor maupun outdoor.

Baca juga  Info Harga Pulpen Standard 1 Pack dan Eceran di Pasaran

Ada pula Y Banner, yang serupa dengan X Banner, terdiri dari banner dan rangka yang saling terpisah. Bedanya, jenis banner ini mempunyai tiang penyangga yang berbentuk seperti huruf “Y”.  Biasanya, Y Banner memiliki semacam alas di bagian bawahnya agar dapat berdiri lebih kuat. Namun, media promosi Y Banner ini terbilang kalah dengan X Banner yang lebih mudah Anda jumpai.

Nah, dua jenis banner di atas dapat dimasukkan ke dalam Standing Banner. Ini adalah media promosi yang dapat berdiri tegak dengan bantuan rangka yang menopangnya. Kelebihan Standing Banner, media ini sangat praktis dan ringan karena bisa dilipat, dilepas, digulung, serta diringkas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Bagian-bagian Standing Banner tersebut mudah dibawa ke mana saja dan dapat dirakit kembali dengan mudah.

Karena dapat dilipat atau digulung, banyak orang yang akhirnya sering menyamakan Standing Banner dengan Roll Up Banner (Roll Banner). Walau memang mirip, kedua jenis banner tersebut memiliki sejumlah perbedaan. Standing Banner sudah berbentuk tegak dengan tiang penyangga, sedangkan Roll Up Banner memiliki penyangga seperti tiang dan saat pemasangan, Anda cukup menarik ke bawah agar banner terbuka.

Perbedaan lainnya terletak pada penggunaan kertas. Memang, banner dapat dibuat dari berbagai jenis, tekstur, ukuran, ketebalan, hingga warna kertas. Meski begitu, untuk Standing Banner, umumnya memakai kertas PVC yang kuat, tidak terlalu tebal dan anti sobek. Sementara itu, Roll Up Banner biasanya menggunakan kertas yang cenderung tipis (jenis albatros), dengan tekstur halus dan tampilan mengilap.

Saat ini, tidak susah mendapatkan banner, baik tipe Standing maupun Roll Up. Pasalnya, sudah banyak percetakan yang menawarkan jasa pembuatan media promosi tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang menawarkan banner di sejumlah situs jual online dalam negeri. Sebagai referensi, berikut harga Standing Banner dan Roll Up Banner di pasaran.

Roll Up Banner Stand Display (credit: mediamodifie)

Roll Up Banner Stand Display (credit: mediamodifie)

Harga Standing Banner

Ukuran Standing BannerJenis KertasHarga
X Banner 25 x 40 cmFlexi ChinaRp25.000
X Banner 30 x 45 cmFlexi ChinaRp35.000
X Banner 60 x 160 cmVinyl 280 grRp45.000
X Banner 60 x 160 cmFlexi ChinaRp50.000
X Banner 60 x 160 cmVinyl Korea 440 grRp60.000
X Banner 60 x 160 cmLuster Indoor (hi-rest)Rp80.000
Y Banner 60 x 160 cmFlexi ChinaRp50.000
Y Banner 60 x 160 cmVinyl 280 grRp60.000
Y Banner 60 x 160 cmVinyl Korea 440 grRp80.000
Y Banner 60 x 160 cmLuster Indoor (hi-rest)Rp180.000
Baca juga  Update Harga Teh Tong Tji (All Varian dan Kemasan)

Harga Roll Banner

Ukuran Roll BannerJenis KertasHarga
Roll Banner 60 x 160 cmVinyl 280 grRp150.000
Roll Banner 60 x 160 cmVinyl Korea 440 grRp165.000
Roll Banner 60 x 160 cmLuster Indoor (hi-rest)Rp200.000
Roll Banner 85 x 200 cmVinyl 280 grRp175.000
Roll Banner 85 x 200 cmVinyl Korea 440 grRp200.000
Roll Banner 85 x 200 cmLuster Indoor (hi-rest)Rp250.000

Harga banner di atas, baik tipe Standing Banner maupun Roll Banner, telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk jasa percetakan dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga banner tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko atau jasa percetakan juga bisa berbeda, tergantung kebijakan penjual.

[1] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[2] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

[3] Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 222.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Standing Banner dan Roll Banner (Semua Ukuran)"