Info Terbaru Harga Spaghetti Kiloan dan Curah di Pasaran

Anda pernah mencicipi spaghetti? Ya, hidangan asal Italia ini sepintas memang mirip mie biasa, tetapi dengan perpaduan saus tomat yang khas. Beberapa restoran juga kerap menghidangkannya dengan tambahan rempah lain seperti basil, oregano, dan lain-lain hingga memiliki cita rasa yang semakin menggugah selera. Selain kemasan bermerk, saat ini, sudah tersedia spaghetti mentah yang dijual kiloan maupun curah dengan harga yang variatif.

Spaghetti mentah (sumber: pinterest)
Spaghetti mentah (sumber: pinterest)

Spaghetti merupakan pasta berbentuk panjang, lebih tebal dan bulat dari mi. Spaghetti adalah bentuk jamak dari kata spaghetto, yang merupakan replikasi dari “spago” yang berarti “tali tambang”. Kata “spaghetti” sebenarnya dapat diterjemahkan sebagai “tali tambang yang kecil”.[1]

Bacaan Lainnya

Masih dari sumber yang sama, konon Marco Polo yang membawa resep spaghetti sekembalinya ia dari China, tetapi ada petunjuk lain bahwa pasta telah mulai dibuat dan dikonsumsi di Italia sejak abad ke-4 sebelum Masehi. Pada tahun 2005, BBC melaporkan bahwa telah ditemukan sebuah mangkuk mi berumur 4000 tahun di suatu situs arkeologi di China.

Baca juga  Info Terbaru Harga Misoa (Semua Merk)

Meskipun dikenal sebagai hidangan khas Italia, Anda yang berada di Indonesia, tak perlu jauh-jauh ke sana hanya untuk menikmati seporsi spaghetti yang nikmat. Pasalnya, kini sudah banyak produsen yang menciptakan spageti kering yang bisa Anda rebus sendiri di rumah untuk meracik spaghetti yang paling sesuai dengan lidah Anda. Tak hanya spaghetti dalam wujud mentah, kini pun banyak spaghetti instan yang bahkan sudah ditakar cukup untuk 1 porsi, lengkap dengan saus atau bumbu pastanya.

Cara Memasak Spaghetti

Cara atau mengolah spaghetti yang masih kering cukup mudah, yakni dengan dimasukkan dalam air mendidih yang telah diberi garam dan sedikit minyak supaya tidak lengket. Lalu, spaghetti tersebut bisa ditiriskan menggunakan wadah saringan atau yang dalam bahasa Italia dikenal dengan istilah scolapasta.

Di negara asalnya sana, spaghetti biasanya dimasak sampai al dente (istilah dalam bahasa Italia yang artinya gigit), dengan spaghetti tersebut berada pada tingkat kematangan yang matang sepenuhnya, tetapi masih ada efek renyah yang masih terasa saat spaghetti dikunyah. Selain itu, spaghetti juga bisa dimasak sampai lembut.

Baca juga  Resep dan Update Harga Rujak Cireng Frozen

Dilansir dari Wikipedia, ada banyak variasi resep hidangan spaghetti yang dikenal di dunia, antara lain spaghetti bolognese yang disajikan dengan campuran saus tomat dan giling, spaghetti aglio e olio dengan bumbu utama berupa bawang putih dan minyak, spaghetti puttanesca yang bersaus tajam dan agak asin, spaghetti saus kerang berbahan utama kerang kipas (clam), spaghetti saus carbonara (bahan saus terbuat dari telur, keju, dan daging), spaghetti marinara yang terdiri dari berbagai macam seafood di dalamnya, spaghetti tomat dan basil yang disajikan dengan saus tomat dan basil, serta spaghetti dan yang dipadukan dengan saus tomat dan bola daging (bakso).

Ilustrasi: Cara Memasak Spaghetti (credit: nypost)
Ilustrasi: Cara Memasak Spaghetti (credit: nypost)

Spaghetti mentah biasanya dijual dalam kemasan 225 gram, 450 gram, hingga 1 kilogram (kg). Namun, jarang ada yang menjual spaghetti secara curah atau loose pack. Hal ini berkaitan dengan higienitas dan juga sebagai upaya produsen untuk menjaga kualitas mereka. Setidaknya sudah ada beberapa merk spaghetti yang dijual kiloan dan curah, seperti berikut.

Harga Spaghetti Kiloan dan Curah

Merk Spaghetti Harga per Kg
La Fonte Rp25.000
Sedani Rp21.400
Spagetiku (curah non-packaging) Rp22.000
Barilla Rp44.999
Baca juga  Update Harga Kecap Asin Angsa Refill dan Botol Kaca (275 ml, 200 ml, 600 ml)

Harga spaghetti kiloan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga spaghetti kiloan dan curah saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Sedani kemasan 1 kg yang semula dibanderol Rp21.400, naik menjadi Rp25.000. Sementara itu, spaghetti merk La Fonte yang awalnya dijual dengan harga Rp25.000 per kg, turun menjadi Rp27.500. Nah, bagi Anda yang ingin membeli spaghetti Sedani dalam jumlah banyak, juga bisa membeli langsung 1 dus isi 10 kg dengan harga Rp201 ribu per kardus, turun dari tahun lalu yang dibanderol Rp227 ribuan per kardus.

spaghetti kiloan dan curah ini bisa Anda beli di sejumlah minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, atau di supermarket besar layaknya Hypermart, Transmart Carrefour, Superindo, dan sebagainya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa harga spaghetti kiloan dan curah yang berlaku di setiap tempat bisa berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] Indriani. 2006. Spaghetti Pasta Favorit Ala Cafe (Ed. Hardiman I.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.