Harga Solid Surface per Lembar

No comment3256 views

Solid surface, mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan istilah tersebut. Ini adalah yang sekilas mirip dengan granit dan marmer, terbuat dari resin dengan komposisi campuran bahan lainnya. Solid surface kerap digunakan untuk furniture, terutama kitchen set. Tampil , material ini memang relatif lebih mahal dibandingkan granit.

Manfaat dan Kelebihan Solid Surface

Dilansir dari Wikipedia, solid surface atau permukaan padat adalah bahan buatan manusia yang biasanya terdiri dari kombinasi alumina trihydrate (ATH), resin akrilik, atau polyester, dan pigmen warna. Material tersebut konon pertama kali diperkenalkan oleh DuPont pada tahun 1967 dengan nama Corian. Sejak paten mereka berakhir, produsen lain telah memasuki pasar dengan mereka sendiri.

Harga Solid Surface - www.tos-solidsurface.co.id

Harga Solid Surface - www.tos-solidsurface.co.id

Permukaan padat adalah bahan perawatan rendah yang tidak berpori, yang digunakan untuk permukaan seperti countertops. Ini dapat meniru tampilan granit, marmer, batu, dan bahan alami lainnya, serta dapat digabungkan hampir tanpa terlihat oleh perajin terlatih. Material ini sering dipakai sebagai pengganti marmer karena produk dapat dibuat dengan warna, corak warna, maupun bentuk yang beraneka ragam.[1]

Biasanya diproduksi dalam bentuk lembaran untuk fabrikasi menjadi meja jadi, solid surface bisa dirancang ke dalam berbagai bentuk, termasuk bak cuci, pancuran, dan bak mandi. Barang lembaran juga dapat dipanaskan dan ditekuk menjadi bentuk tiga dimensi menggunakan proses yang disebut thermoforming, yang menambah keserbagunaan produk. Fleksibilitas warna dan desain adalah faktor kunci saat memilih komposit yang direkayasa di atas batu alam.

Baca juga  Harga Kaca Tempered 12mm Terpasang

Dalam pengaturan perumahan, solid surface dapat dipakai sebagai meja dapur, meja rias kamar mandi, hingga pancuran dan bak mandi. Perakit meja biasanya menggabungkan lembaran permukaan padat menjadi bentuk yang diinginkan menggunakan perekat dua bagian. Setelah itu, sambungan yang diawetkan dikerjakan dengan mesin rata. Metode yang sama digunakan untuk membangun ketebalan tepi, yang dapat dibuat profilnya menggunakan alat dan teknik yang mirip dengan yang dipakai untuk mengerjakan kayu keras.

Daya tarik utama solid surface adalah impermeabilitasnya. Wastafel yang terbuat dari permukaan padat dapat disambungkan ke permukaan meja tanpa celah, yang menghilangkan area berair yang biasanya dimanfaatkan bakteri untuk tumbuh. Backsplash integral juga dapat dibuat mengikuti kontur dinding secara ‘mulus’ dan tanpa celah.

Kelebihan lainnya, jika bahan tergores atau pecah, solid surface, dalam banyak kasus, dapat diperbaiki dengan cepat oleh perusahaan perbaikan permukaan padat bersertifikat atau fabricator terlatih. Bak cuci yang retak juga bisa diganti. Karena seluruh permukaannya padat, meja yang telah mengalami keausan selama bertahun-tahun, dapat dipoles kembali. Produk yang dipasang tersedia dalam berbagai hasil akhir, mulai dari matte hingga high-gloss, meskipun sebagian besar produsen merekomendasikan lapisan matte atau satin untuk memudahkan perawatan.

Baca juga  Info Dosis, Manfaat, dan Harga Suplemen Santa E 400

Saat ini, solid surface tersedia dalam ratusan warna dan tekstur visual, mulai dari warna solid hingga efek berkilau, marmer, atau granit. Lusinan perusahaan multinasional sudah memproduksi barang dan bak cuci permukaan padat untuk pasar dunia, sedangkan ratusan pabrikan regional yang lebih kecil memproduksi untuk pasar lokal.

Meskipun solid surface bersaing dengan batu alam dan kuarsa rekayasa, bahan ini terkenal di pasar Asia, terutama untuk konstruksi perumahan modern. Populer untuk komersial dan industri, karakteristik solid surface yang tidak berpori, dikombinasikan dengan daya tahan, pembaruan, dan kemampuan bentuk, menjadikannya pilihan bagi banyak desainer dan arsitek.

Yang juga tidak kalah menarik adalah berbagai macam warna dan tekstur, serta kemampuannya untuk mewarnai material untuk besar. Rumah sakit misalnya, menggunakan solid surface dalam jumlah besar untuk bak cuci, pancuran, ruang perawatan, dan pelapis dinding, karena sifatnya yang mulus menghilangkan celah yang mungkin menampung bakteri berbahaya.

Di pasaran dalam negeri, solid surface sudah hadir dalam berbagai pilihan warna. Warna-warna yang umum dipilih konsumen antara lain off-white, honey yellow, light grey, savannah grey, absolute black, almond white, cookies & cream, strawberry sorbet, serta milky way. Sebagai referensi, berikut informasi kisaran harga solid surface.

Baca juga  Update Harga Circular Saw Merk Modern
Harga Solid Surface - student.blog.dinus.ac.id

Harga Solid Surface - student.blog.dinus.ac.id

Harga Solid Surface

Varian Solid SurfaceHarga
Solid Surface SPLUS 1.000 x 760 x 12 mmRp1.237.500 per m lari
Solid Surface Fully Polyester (White) 3.660 x 740 x 12 mmRp1.700.000 per m lari
Solid Surface PolosRp1.800.000 per m lari
Solid Surface Acrylic Polyester (White) 3.660 x 740 x 12 mmRp2.100.000 per m lari
Solid Surface StatuarioRp2.100.000 per m lari
Solid Surface OnyxRp2.100.000 per m lari
Solid Surface Motif Marmer 3.660 x 740 x 12 mmRp2.450.000 per m lari

Harga solid surface di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga permukaan padat tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga yang dipatok masing-masing toko kemungkinan bisa berbeda walau produk yang dijual sama.

[1] Salomon, Lithrone Laricha, Wilson Kosasih, Sauw Oscar Angkasa. . Perancangan Eksperimen untuk Meningkatkan Kualitas Material dengan Pendekatan Analisis General Factorial Design (Studi Kasus: Produk Solid Surface). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Vol. 4(1): 20-26.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Solid Surface per Lembar"