Update Harga GRC Board 9mm per Lembar

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan material bernama GRC board. Merupakan kependekan dari Glass Reinforced Concrete, GRC menjadi salah satu favorit banyak konsumen, terutama untuk kebutuhan desain di kamar mandi dan dapur, karena punya bobot yang ringan, tahan terhadap kelembapan, dan tidak mudah lapuk.[1] Saat ini, papan GRC telah hadir dalam berbagai ukuran ketebalan, termasuk 9mm, yang ternyata dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Aplikasi papan GRC (sumber: pinterest)
Aplikasi papan GRC (sumber: pinterest)

Pengertian GRC Board

Kayu memang masih menjadi material favorit banyak orang, termasuk untuk konstruksi atap rumah. Sayangnya, kayu memiliki sejumlah kelemahan, seperti kualitas kayu yang tidak merata, pelapukan yang disebabkan oleh serangan rayap, memuai atau menyusut karena perubahan cuaca, mudah terbakar, serta sumber daya yang semakin langka.[2]

Bacaan Lainnya

Nah, sebagai alternatif pengganti kayu, sudah ada banyak material yang dapat dipilih. Anda tentunya sudah familiar dengan galvalum atau baja ringan. Galvalum semakin sering digunakan karena dikatakan sebagai baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, tetapi tetap dengan kekuatan yang tidak kalah dari baja konvensional.[3]

Selain galvalum, bahan yang juga semakin kerap dimanfaatkan masyarakat Indonesia adalah GRC. Dilansir dari Dekoruma, ini adalah material campuran dari beton dan serat kaca, dengan komposisi umumnya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi dan tahan alkali, yang dikombinasikan bersama dengan campuran semen seperti beton dan sebagainya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Ada pula yang menjelaskan bahwa GRC adalah jenis beton yang terbuat dari fine grained concrete (matriks beton) dan diberi perkuatan serat yang terdistribusi secara merata ke seluruh volume beton atau bagian-bagian tertentu.[4] Gabungan beton dan serat dipastikan melalui ikatan sepanjang permukaannya, memberikan sebuah daerah kontak serat-beton yang besar, yang akhirnya menghasilkan sifat baru dari GRC.

GRC kabarnya pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1960-an sebagai alternatif dari beton yang diperkuat dengan material baja atau Steel Reinforced Concrete. Awalnya diproduksi sebagai bahan pelapis eksterior, material ini kini sudah bisa diolah menjadi berbagai variasi bentuk yang kompleks sebagai bagian dari komponen profil dan arsitektur bangunan.

Papan GRC 9mm (sumber: alibaba)
Papan GRC 9mm (sumber: alibaba)

Kelebihan GRC

Sebagai material bangunan, GRC board memang memiliki banyak kelebihan. Produk ini dikatakan punya karakteristik yang sangat istimewa, dan hal inilah yang menjadikan GRC lebih diminati oleh konsultan dan kontraktor di Indonesia. Pasalnya, GRC memiliki sifat yang efisien dan fleksibel serta sangat baik untuk diterapkan dalam beragam desain arsitektur, baik di sektor eksterior maupun di bagian interior.

Sementara itu, dikatakan GRC Board Gemilang Karya, papan ini memiliki beberapa keunggulan jika diaplikasikan dalam desain interior maupun eksterior bangunan. Bahan ini diklaim ringan, tahan terhadap kelembapan (bahkan ), tidak mudah lapuk, tahan terhadap jamur dan rayap, serta sangat sesuai dengan area basah, seperti kamar mandi, dapur, atau teras.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Aplikasi GRC

GRC board bisa diaplikasikan di rangka kayu atau metal galvanis. Selain itu, dapat pula diaplikasikan dengan sistem flush joint atau tanpa sambungan dan sistem nut atau express joint. Produk-produk yang bisa dibuat menggunakan GRC ini di antaranya kubah masjid, menara, lisplang, tiang GRC, cover column, roster, ornamen, profil GRC, lukisan awan dan kaligrafi, hingga cladding.

Selain untuk plafon, material GRC juga dapat digunakan sebagai panel lantai rumah atau bangunan. Untuk kebutuhan tersebut, produk ini dinilai memiliki banyak kelebihan antara lain praktis karena tidak perlu melakukan pengecoran beton yang membutuhkan waktu lama, konstruksi yang relatif ringan sehingga tidak membebani struktur eksisting, kedap suara, serta mudah dan cepat dalam hal pemasangan.

Sekarang memang tidak sulit mendapatkan GRC board karena Anda sudah bisa membelinya di banyak toko bahan bangunan atau lewat sejumlah situs jual beli online. Hadir dalam berbagai ketebalan, seperti 6mm dan 9mm, harga GRC biasanya ditentukan berdasarkan ukuran dan merk. Lalu, berapa harga GRC ukuran 9mm di pasaran saat ini?

Varian GRC Board 9mm - (shopee.co.id)
Varian GRC Board 9mm – (shopee.co.id)

Harga GRC 9mm

Merk GRC Harga
GRC Superplank 9mm Rp45.000 – Rp67.500 per lembar
GRC Aplus 9mm Rp138.000 – Rp142.000 per lembar
GRC Board 9mm Rp170.000 – Rp195.000 per lembar
GRC Superpanel 9mm Rp170.000 per lembar
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga GRC board ukuran 9mm di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga GRC Aplus 9mm sedikit naik dari Rp135 ribu menjadi Rp138 ribu sampai Rp142 ribuan per lembar, sedangkan harga GRC Superpanel 9mm tetap Rp170 ribuan per lembar.

Meski punya sejumlah kelebihan, layaknya material lainnya, GRC board pun tidak luput dari kelemahan. Kekurangan bahan ini antara lain pembuatan GRC harus melalui pabrik, sulit dibuat manual tanpa ahli yang andal. Selain itu, bentuk GRC tidak bisa dibuat custom, harus dipesan dengan tertentu, serta beberapa tempat di Indonesia mungkin belum tersedia bahan ini.

(Panca)

[1] Nugraha, Paul dan Antoni. 2007. Teknologi Beton. Yogyakarta: CV Andi Offset.

[2] Pangaribuan, Mekar Ria. 2014. Baja Ringan sebagai Pengganti Kayu dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Ratu Samban Bengkulu, Vol. 2(4): 648-655.

[3] Ibid.

[4] Zakki, Ahmad Fauzan. 2015. Studi Eksperimen Material GRC (Glassfiber Reinforced Concrete) sebagai Bahan Dasar pada Modular Floating Pontoon. Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Vol. 3(4).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *