Harga Sepeda Listrik Yamaha Original (Semua Tipe) Terkini

Meski lebih terkenal sebagai produsen motor dan instrumen musik, ternyata Yamaha juga memproduksi e-bike atau sepeda listrik. Sudah berkecimpung di industri ini sejak tahun 1993 silam, sepeda listrik keluaran pabrikan berlogo garpu tala tersebut memang baru terdengar baru-baru ini seiring dengan tren sepeda elektrik yang semakin menanjak. Dengan mengusung spesifikasi yang mumpuni, harga e-bike keluaran Yamaha memang tidak bisa dikatakan murah.

Sepeda listrik Yamaha (sumber: yamahabicycles.com)
Sepeda listrik Yamaha (sumber: yamahabicycles.com)

Dewasa ini, penggunaan sepeda sebagai alat transportasi alternatif memang semakin meningkat. Di kota-kota besar, bahkan sudah dibuat jalur khusus bagi pengendara sepeda. Dapat berupa marka, rambu, atau kerb sebagai pembatas jalur,[1] lajur ini dipisahkan dari lalu lintas kendaraan bermotor, dan biasanya ditempatkan di jalan dengan tingkat penggunaan sepeda yang sedang hingga tinggi.

Bacaan Lainnya

Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi juga berkontribusi besar terhadap berkurangnya polusi udara, terutama akibat kendaraan bermotor. Memakai alat transportasi ini pun dinilai dapat menghemat pengeluaran, terutama ketika dipakai bekerja (bike to work). Menggunakan sepeda berarti tidak menggunakan mobil, sehingga menurunkan biaya bahan bakar serta tingkat polusi udara.[2]

Namun, tidak semua orang sanggup mengayuh sepeda untuk menempuh jarak yang jauh, terutama mereka yang sudah berusia dewasa menuju tua. Nah, untuk itu sekarang marak dirilis sepeda listrik. Berbentuk seperti sepeda pada umumnya, model elektrik ini juga dibekali dengan baterai sehingga dapat berjalan tanpa dikayuh, dengan kecepatan dan jarak tempuh tertentu.

Baca juga  Info Terkini Harga Nissan Juke Baru dan Bekas

Varian Sepeda Listrik Yamaha

Tidak sulit menemukan sepeda listrik karena sudah banyak yang sudah merilis produk tersebut, tidak terkecuali Yamaha. Lebih tersohor sebagai produsen sepeda motor dan alat musik, ternyata brand yang berbasis di Jepang ini sudah berkecimpung di dunia e-bike sejak tahun 1993 silam walau namanya baru booming beberapa tahun belakangan.

Ada sejumlah sepeda listrik yang telah dirilis Yamaha ke pasaran global. Pada tahun 2018 lalu misalnya, brand ini meluncurkan empat model sekaligus. Tipe pertama adalah CrossCore entry level, yang merupakan sepeda untuk menunjang kebugaran Anda dan dibekali sistem hybrid, segitiga, serta stang datar. Untuk varian kedua, ada CrossConnect, yang dikatakan bagian dari commuter yang di-custom, dengan keranjang untuk membawa barang.

Lalu, ada The UrbanRush yang diklaim cocok untuk gaya urban masyarakat perkotaan, membawa desain road bike yang identik dengan stang lengkung dan ban ramping. Sementara itu, model keempat adalah YDX Torc, yang sekilas tampil dengan desain ala-ala mountain bike (MTB), sehingga cocok dipakai untuk menerjang jalanan yang terjal.

Baca juga  Update Kisaran Harga Groupset Shimano Deore 9 Speed

Keempat model tersebut menggunakan PW series drive unit dengan baterai 500 Watt-hours tipe Lithium-ion. Hanya saja, tipe YDX Torc menggunakan PW-X motor yang lebih ringan, sedangkan tiga tipe lainnya menggunakan PW Series SE electric motor. Karena sepeda-sepeda ini bagian dari kendaraan listrik, e-bike Yamaha juga memiliki rear hub speed sensor yang terintegrasi.

Kemudian, pada pertengahan 2020, perusahaan merilis sepeda listrik kelas atas yang diberi nama Civante. Menurut klaim pabrikan, Civante tidak hanya cepat, tetapi juga responsif, gesit, dan ringan. Sistem triple-sensor (sensor torsi, kecepatan, dan irama engkol) menerapkan jumlah torsi dan daya yang tepat saat pengendara membutuhkannya. Dengan demikian, sepeda ini menghasilkan daya bantu pedal yang baik, karena model ini hadir dengan pedal-assist dan tanpa mode torsi saja.

Untuk kebutuhan tenaga, Civante dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 500 W yang terpasang pada rangka. Pengisian daya 80 persen hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Karena model ini khusus untuk pasar Negeri Paman Sam, sepeda listrik ini memiliki kecepatan yang dibatasi sebesar 45 km per jam. Menggunakan motor mid-drive Yamaha PW Series SE, sepeda mampu mencapai torsi sebesar 70 Nm.

Salah satu varian sepeda listrik Yamaha (sumber: naikmotor.com)
Salah satu varian sepeda listrik Yamaha (sumber: naikmotor.com)

Harga Sepeda Listrik Yamaha

Tipe Sepeda Listrik Yamaha Harga
Yamaha CrossCore USD2.399
Yamaha CrossConnect USD2.999
Yamaha CrossCore RC USD3.099
Yamaha UrbanRush USD3.299
Yamaha Civante USD3.399
Yamaha YDX Torc USD3.499
Yamaha Wabash USD3.499
Yamaha WabashRT USD4.099
Yamaha YDX Moro USD4.499
Yamaha YDX Moro Pro USD5.499
Baca juga  Update Harga Softex Daun Sirih Semua Varian (Eceran dan Paket)

Harga sepeda listrik Yamaha tersebut kami rangkum dari situs resmi Yamaha USA. Saat artikel ditulis pada 2020, kurs 1 USD setara dengan Rp14.800. Jadi, varian termurah dilepas dengan harga Rp35,5 jutaan, sedangkan harga model termahal berkisar Rp81 jutaan untuk pasaran AS.

Sedangkan pada 2021 dan 2022, harga MSRP (manufacturer’s suggested price) atau harga retail yang disarankan pabrik pada dasarnya tidak berubah. Namun, tahun 2021 kurs 1 USD setara dengan Rp14.164,30 dan tahun 2022 setara Rp15.537,20.

Dengan demikian, varian termurah e-bike Yamaha dibanderol mulai Rp37 jutaan hingga Rp85 jutaan, lebih mahal dari tahun lalu yang dipatok Rp34 juta dan yang termahal Rp78 jutaan. Saat ini juga ada seri baru seperti CrossCore RCdan WabashRT. Perlu diingat bahwa harga sepeda listrik Yamaha tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

[1]Khisty, C.J, dan B. Kent Lall. 2006. Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta: Erlangga.

[2]Silalahi, Tiopanni R. dan Diah Intan Kusumo Dewi. 2013. Penggunaan Sepeda untuk Bekerja di Kampung Melayu Kota Semarang. Jurnal Ruang Vol. 1 (1): 111-120.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *