Info Manfaat, Dosis & Harga Salep Inerson Desoximetasone

Ada banyak jenis salep kortikosteroid yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Salah satu obat yang kerap diresepkan oleh dokter adalah InersonDesoximetasone. Salep ini tergolong obat keras yang dijual dengan harga cukup mahal karena kegunaannya yang beragam.

Ilustrasi Salep Untuk Gatal (sumber: bhskin.com)
Ilustrasi Salep Untuk Gatal (sumber: bhskin.com)

Tentang Salep Inerson

Salep Inerson adalah obat topikal yang mengandung zat Desoximetasone. Salep satu ini tergolong obat keras yang dapat dibeli hanya dengan resep dokter. Obat tersebut merupakan obat golongan kortikosteroid yang berfungsi untuk menekan peradangan.

Bacaan Lainnya

Desoksimetason adalah golongan obat kortikosteroid yang diketahui memiliki efek yang berhubungan dengan kemampuannya untuk merangsang biosintesis protein lipomodulin, yang dapat menghambat kerja enzimatikfosfolipase A2 sehingga mencegah pelepasan mediator proses peradangan, yaitu asam arakidonat dan metabolitnya, seperti prostaglandin (PG), leukotrien (LT), tromboksan dan prostasiklin yang dapat menyebabkan nyeri, efek vasodilatasi, penimbunan leukosit dan efek fagositosis yang menyebabkan kerusakan jaringan.[1]

InersonDesoximetasonemerupakan salep kortikosteroid yang bisa digunakan pada kondisi medis psoriasis dan kelainan kulit seperti alergi dan eksim. Pasien atau konsumen dengan keluhan berupa radang akut yang berat pada kulit juga bisa diberikan salep Inerson.

Di samping itu, salep Inerson juga dapat digunakan pada pasien yang mengalami rasa gatal pembengkakan pada kulit hingga kemerahan. Kandungan desoksimetason pada salep Inersonakan mengaktifkan bahan alami di kulit sehingga bisa mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan rasa gatal, demikian seperti dilansir Doktersehat.

Inerson berfungsi untuk mengatasi peradangan pada kulit. Selain itu, juga bisa mengurangi pembengkakan, gatal, kemerahan, ruam, dan rasa tidak nyaman pada kulit, hingga mengobati peradangan kulit (dermatitis), gangguan sistem imun yang menyebabkan gatal (psoriasis), dan eksim pada kulit.

Dosis Salep Inerson Desoximetasone

Salep Inerson merupakan obat keras yang dosis penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Dosis umum yang dianjurkan biasanya dioleskan pada kulit secara tipis-tipis sebanyak 2 kali sehari. Pengobatan menggunakan salep Inerson sebaiknya tidak boleh melebih 4 minggu serta permukaan kulit tidak boleh diperban atau ditutup.

 Salep Inerson Desoximetasone (sumber: Halodoc.com)
Salep Inerson Desoximetasone (sumber: Halodoc.com)

Harga Salep Inerson Desoximetasone

Salep InersonDesoximetasone 0,25% tersedia di Apotek K24 dengan harga Rp129.650 per tube isi 15 gram. Selain di Apotek K24, salep InersonDesoximetasone juga bisa ditemukan di toko obat atau apotik terdekat lainnya.

Perlu diingat bahwa harga salep InersonDesoximetasone dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga salep InersonDesoximetasone yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Kontraindikasi Salep Inerson Desoximetasone

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif dengan Desoximetasone atau obat golongan kortikosteroid lainnya.
  • Inerson bukan untuk mengobati luka pada kulit karena infeksi bakteri, , atau virus.
  • Tidak boleh digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami cacar, gangguan kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan timbul bintik pada wajah (rosacea), jerawat (acne vulgaris), infeksi kulit yang disebabkan bakteri (impetigo), infeksi yang disebabkan virus herpes simpleks, dan infeksi yang disebabkan jamur (candida atau dermatofit).
Iustrasi Salep (sumber: grodno24.com)
Iustrasi Salep (sumber: grodno24.com)

Efek Samping Salep Inerson Desoximetasone

Seperti halnya obat-obatan pada umumnya, penggunaan salep kortikosteroid seperti InersonDesoximetasone kemungkinan dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti perubahan warna kulit menjadi lebih terang (hipopigmentasi), kerusakan jaringan kulit (atropi kulit), stretch marks (striae), hingga iritasi kulit, seperti gatal dan rasa panas.

Efek samping tersebut biasanya bersifat ringan dan akan segera berlalu. Namun, bila efek samping terus berlanjut atau bahkan memburuk, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Peringatan & Perhatian Pemakaian Salep Inerson

Jangan menggunakan salep InersonDesoximetasonepada wajah untuk jangka waktu yang lama karena dapat menimbulkan bekas tertentu yang tidak mudah untuk dihilangkan. Penggunaan salep Inerson pada anak-anak sebaiknya dilakukan setelah mendapatkan anjuran dan dosis dari dokter . Hal ini pun berlaku pada bayi yang mengalami keluhan seperti ruam popok.

Pemberian salep Inerson tidak diperbolehkan untuk bayi berusia di bawah 1 . Selain itu, hindari penggunaan salep Inerson di sekitar mata serta pada wanita hamil dan juga ibu yang sedang menyusui.

[1]Oktaviani, F., dkk. 2016. Profil Penggunaan Obat Pasien Penyakit Kulit Di Poliklinik Kulit Dan Kelamin RSU Anutapura Palu. GALENIKA Journal of Pharmacy. 2(1) 38-42.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *