Harga Rokok SIN Herbal (Semua Varian)

Rokok telah lama disebut sebagai salah satu produk yang dapat membahayakan kesehatan manusia karena berbagai kandungan zat kimia di dalamnya. Karena itu, sekarang muncul sejumlah merk rokok herbal yang diklaim ‘lebih menyehatkan’, salah satunya rokok SIN. Hadir dalam berbagai varian, jika dibandingkan dengan sigaret konvensional, harga rokok herbal SIN ini ternyata lebih terjangkau.

Varian rokok SIN Herbal (sumber: komunitaskretek.or.id)
Varian rokok SIN Herbal (sumber: komunitaskretek.or.id)

Sudah banyak dokter dan ahli kesehatan yang memperingatkan bahaya merokok. Kabarnya, lebih dari 5 juta orang harus meninggal dunia karena menghisap langsung rokok, sedangkan 600 ribu orang meregang nyawa karena terpapar asap rokok.[1] Bahkan, dalam satu tahun, rata-rata ada 6 juta orang yang wafat karena aktivitas merokok.

Bacaan Lainnya

Meski bahaya rokok sangat besar dan sudah ada banyak peringatan yang bertebaran, ternyata merokok tetap menjadi aktivitas yang dilakukan banyak orang, termasuk di Indonesia. Jumlah perokok di Indonesia bahkan konon mencapai 62 juta jiwa atau sepertiga warga Tanah Air, membuatnya menjadi negara dengan pengguna tembakau terbesar ketiga dunia dan peringkat pertama di kawasan ASEAN.[2]

Apa Itu Rokok Herbal?

Banyak yang bilang bahwa rokok berbahaya karena kandungan zat-zat kimia di dalamnya, termasuk nikotin. Nah, sebagai langkah yang dikatakan lebih sehat, sekarang sudah banyak perusahaan yang merilis rokok herbal. Dilansir dari Alodokter, rokok herbal tidak memakai tembakau, melainkan campuran berbagai tumbuhan dan rempah seperti daun cengkih, bunga mawar, bunga melati, atau ginseng, yang dihancurkan dan kemudian dibuat menjadi rokok.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Rokok herbal, masih menurut referensi yang sama, banyak dipercaya sebagai cara yang efektif untuk membantu seseorang berhenti merokok. Alasannya, rokok herbal seringkali dianggap sebagai rokok yang ‘lebih aman’, karena tidak mengandung nikotin yang dapat membuat seseorang menjadi kecanduan.

Varian Rokok SIN Herbal

Di pasaran dalam negeri sendiri, sudah hadir beberapa merk rokok yang diklaim herbal, salah satunya SIN. Dikutip dari berbagai sumber, rokok SIN merupakan ide KH R. Abdul Malik Al Kholawati, yang telah memulai membuat rokok herbal pada tahun 2005 silam. Gagasannya bermula setelah melihat banyak pasien mengidap berbagai penyakit yang tidak didukung kecukupan materi untuk berobat. Ia berharap rokok buatannya dapat digunakan pasien-pasien ini sebagai .

Dilansir dari website SINNUSANTARA, sudah ada beragam varian rokok herbal SIN yang dirilis. Produk paling murah adalah SIN Dirgantara, sebuah rokok kretek dengan cita Nusantara dan dapat dinikmati dalam segala suasana. Ada pula SIN Enjoy, rokok kretek dengan tarikan yang ringan dan rasa yang mantap. Sementara itu, untuk varian filter, ada SIN Castro dengan isi 12 batang sebungkus, sedangkan SIN MDL dihadirkan untuk menyasar kaum milenial.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Varian Rokok SIN Herbal (flickr: @Rokok Indonesia)
Varian Rokok SIN Herbal (flickr: @Rokok Indonesia)

Harga Rokok SIN Herbal

Varian Rokok SIN Herbal Harga
Rokok SIN Dirgantara (K) Rp14.100 per bungkus
Rokok SIN Enjoy Rp14.300 per bungkus
Rokok SIN Majapahit Rp15.400 per bungkus
Rokok SIN Platinum Rp16.500 per bungkus
Rokok SIN Smart (K) Rp16.500 per bungkus
Rokok SIN Sapu Jagat Rp16.500 per bungkus
Rokok SIN Kujang Mas Rp17.600 per bungkus
Rokok SIN Castro Rp19.500 per bungkus
Rokok SIN Castro Rp19.500 per bungkus
Rokok SIN Nashuha Rp21.600 per bungkus
Rokok SIN Nogo Sosro 10 Rp20.100 per bungkus
Rokok SIN Nogo Sosro Rp23.000 per bungkus
Rokok SIN Sinergi Mind Rp24.000 per bungkus
Rokok SIN MDL Mild Rp25.500 per bungkus
Rokok SIN Enjoy (R) Rp14.100 per bungkus
Rokok SIN Majapahit (R) Rp15.500 per bungkus
Rokok SIN Platinum (R) Rp16.500 per bungkus
Rokok SIN Smart (R) Rp24.600 per bungkus
Rokok SIN Enjoy (N) Rp14.800 per bungkus
Rokok SIN Majapahit (N) Rp15.800 per bungkus
Rokok SIN Nashuha (N) Rp23.000 per bungkus
Rokok SIN Nogo Sosro 10 (N) Rp21.100 per bungkus
Rokok SIN Nogo Sosro (N) Rp23.800 per bungkus
Rokok SIN Titanium Rp14.500 per bungkus
Rokok SIN Patriot Rp22.200 per bungkus
Rokok SIN Kaisar Rp25.100 per bungkus
Rokok SIN Provost 19 Rp26.000 per bungkus
Rokok SIN Trust Menthol Rp28.999 per bungkus
Rokok SIN Mahameru Rp29.600 per bungkus
Rokok SIN Krypto Rp68.100 per bungkus
Rokok SIN Krakatau Rp70.000 per bungkus
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga rokok SIN herbal di atas kami rangkum langsung dari situs resmi SINNUSANTARA, suatu wadah yang menjual produk PR UD Putra Bintang Timur dengan menggunakan sistem konvensional, dan sumber lainnya. Perlu Anda catat bahwa harga rokok SIN herbal tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga d masing-masing penjual bisa saja berbeda walau produk yang ditawarkan sama. Di salah satu situs e-commerce misalnya, harga rokok SIN Enjoy R cuma Rp11.709 per bungkus, sedangkan rokok SIN Dirgantara dijual dengan harga mulai Rp12 ribuan saja sebungkus.

Efek Samping Rokok Herbal

Walau diklaim lebih aman dibandingkan rokok konvensional, ternyata rokok herbal tetap punya efek samping yang buruk. Menurut sejumlah artikel seputar kesehatan, rokok herbal mengandung yang jika dibakar akan menghasilkan karbon monoksida dan tar, yang sifatnya beracun bagi tubuh. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa rokok herbal bersifat karsinogenik, suatu zat yang dapat menyebabkan kanker, sama dengan rokok tembakau biasa.

[1] Istiqomah, Delima Rahayu, Kusyogo Cahyo, Ratih Indraswari. 2016. Gaya Hidup Komunitas Rokok Elektrik Semarang Vaper Corner. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4(2): 203-212.

[2] Tobacco Control Support Center. 2014. Declaration of the 1st Indonesian Conference on Tobacco or Health 2014.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *