Harga Shell Helix HX7 1 Liter dan 4 Liter

Seperti sepeda motor, oli juga menjadi part yang penting untuk sebuah mobil. Juga sering disebut pelumas, penggunaan oli dimaksudkan untuk menghindari hubungan langsung dua bagian yang bergesekan sehingga mencegah atau meminimalkan keausan.[1][2] Di pasaran sendiri, sudah ada banyak oli yang dapat dipilih untuk kendaraan roda empat, salah satunya Helix HX7. Tersedia dalam kemasan 1 liter dan 4 liter, harganya dapat dikatakan cukup kompetitif.

hell Helix HX7 (sumber: maaandrewcampbell.blogspot.com)
hell Helix HX7 (sumber: maaandrewcampbell.blogspot.com)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, oli adalah zat berupa cairan yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gesekan. Di dalam mesin, termasuk mobil, terdapat bagian-bagian yang selalu bergerak jika mesin dijalankan. Nah, apabila tidak diberi pelumas, akan menimbulkan gesekan yang sangat besar, sehingga memengaruhi dan mengakibatkan keausan yang tinggi, dapat berujung mesin kendaraan akan rusak atau macet.[3]

Bacaan Lainnya

Fungsi Oli Mobil

  • Sebagai pelumas mesin (lubricating). Oli sebagai pelumas akan bekerja untuk meminimalkan gesekan-gesekan antar-logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin menjadi halus atau memiliki sedikit hambatan. Di samping itu, oli juga akan mencegah gesekan yang terlalu kasar antar-komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin.
  • Sebagai pelindung mesin. Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar-komponen di dalam mesin, tetapi juga melindungi mesin dari korosi atau karat. Manfaat oli di sini adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.
  • Sebagai pembersih. Kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan akhirnya terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerat. Nah, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya dan akan dibuang bersama oli saat penggantian oli mesin.
  • Sebagai pendingin mesin. Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar-komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli, dan panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen mobil agar selalu memiliki performa yang baik. Ingat, panas yang terlalu tinggi (overheat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisika dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak oli yang dapat digunakan untuk kendaraan Anda. Dari sekian ragam brand yang beredar, salah satu yang dapat dikatakan cukup adalah Shell. Brand yang berasal dari Belanda tersebut telah merilis beragam oli yang bisa disesuaikan dengan berbagai jenis kendaraan, termasuk Shell Helix HX7.

Review Shell Helix HX7

Dilansir dari website resminya, Shell Helix HX7 dikatakan sebagai sebuah oli yang telah didukung Flexi Molecule Technology sehingga memberikan tambahan pada mesin saat berada di bawah tekanan dan suhu tinggi. Selain itu, produk ini juga diklaim memberikan perlindungan unggulan terhadap suhu tinggi pada mesin.

Keunggulan Shell Helix HX7 tidak berhenti di situ. Dengan Active Cleansing Technology, produk ini disebutkan menjaga mesin tetap bersih sehingga mesin bekerja lebih efisien. Shell Helix HX7 juga memberikan perlindungan dari keausan yang menjaga dan memperpanjang umur mesin, lebih tahan lama dengan kekentalan yang lebih stabil dibandingkan pelumas mineral karena full sintetis, serta cocok untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin maupun solar atau diesel.

Menurut pengalaman beberapa , dengan menggunakan Shell Helix HX7, akselerasi kendaraan menjadi lebih enteng. Selain itu, mobil juga menjadi lebih nyaman saat digunakan dengan kecepatan tinggi di . Bahan, meski sudah pemakaian 5.000 km, oli masih menunjukkan performa yang baik, suara mesin kendaraan pun tetap terdengar bersih.

Tidak cuma dipakai untuk mobil, ada beberapa konsumen yang menggunakan Shell Helix HX7 untuk sepeda motor mereka. Seperti pemakaian pada mobil, penggunaan oli ini diklaim membuat getaran pada mesin kendaraan roda dua menjadi lebih minim. Selain itu, perpindahan gear juga menjadi lebih lancar dan halus. Namun, putaran atas pada mesin motor seolah ‘tertahan’.

Harga Shell Helix HX7

Varian Oli Shell (sumber: duitpintar.com)
Varian Oli Shell (sumber: duitpintar.com)
Kemasan Shell Helix HX7Harga
Shell Helix HX7 5W-40 1 LRp50.000 – Rp65.000
Shell Helix HX7 5W-40 4 LRp275.000 – Rp300.000
Shell Helix HX7 10W-40 1 LRp88.000 – Rp95.000
Shell Helix HX7 10W-40 4 LRp330.000 – Rp430.000

Daftar harga oli Shell Helix HX7 di atas, baik kemasan 1 liter maupun 4 liter, di atas sudah kami himpun dari berbagai sumber, termasuk sejumlah bengkel dan beberapa platform e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga pelumas tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda.

 

[1] Herlina, Firda, dkk. 2018. Pengaruh Berbagai Merek Oli terhadap Temperatur Mesin Honda Scoopy dan Emisi Gas Buang. Jurnal Engine, Vol. 2(2): 31-36.

[2] Siskayanti, Rini. 2015. Perbandingan Kinerja Pelumas Motor Skutik Mineral dan Sintetik pada Uji Jalan sampai 6000 KM. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta: 1-8

[3] Herlina, Firda, dkk. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *