Update Harga Rodalon (100 ml dan 1 Liter), Antiseptik Desinfektan Ternak

Jika Anda beternak hewan, seperti ayam, burung, bebek, kelinci, atau kambing dan sapi, kebersihan kandang adalah hal yang harus selalu Anda perhatikan. Pasalnya, kandang yang kotor akan binatang peliharaan Anda rentan terkena penyakit. Untuk membantu membersihkan kandang serta peralatan ternak lainnya, kini sudah muncul banyak merk desinfektan, salah satunya Rodalon, dengan harga jual yang sebenarnya relatif terjangkau.

Ilustrasi: sapi ternak (sumber: unair.ac.id)

Ilustrasi: sapi ternak (sumber: unair.ac.id)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kandang. Ini bisa dikatakan sebagai bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal ternak, yang memiliki fungsi primer dan sekunder. Fungsi primer kandang adalah sebagai tempat tinggal ternak, yang dapat melindungi binatang dari pengaruh buruk cuaca, iklim, dan gangguan binatang buas. Sementara, fungsi sekunder kandang adalah sebagai tempat peternak bekerja untuk menjalankan kegiatan pemeliharaan ternak.[1]

Secara umum, kandang dapat dibedakan menjadi dua, yakni sistem terbuka atau open sided house dan sistem tertutup atau closed house.[2] Masing-masing jenis kandang tersebut dapat dikombinasikan dengan beberapa tipe atap dan lantai yang berbeda pula. Untuk kandang ayam pedaging misalnya, tipe lantai yang umum dipakai adalah slat, litter, atau kombinasi keduanya.

Terlepas dari tipe yang ada, kandang adalah peralatan fundamental yang menentukan sukses atau tidaknya suatu usaha peternakan. Sehingga, kondisi kandang harus diperhatikan dengan baik, yang mengacu pada prinsip ideal yang senantiasa memberikan perhatian dan temperatur lingkungan, kelembapan , dan sirkulasi atau pertukaran udara.[3]

Baca juga  Harga Infus Kromosom untuk Memutihkan Kulit

Untuk mendukung keberlangsungan produksi pada ternak, maka perlu menciptakan kondisi kandang yang nyaman. Kenyamanan dalam kandang dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kondisi mikroklimat yang akan memengaruhi respon fisiologis ternak[4] serta kebersihan kandang yang juga akan meminimalkan risiko penyakit pada hewan.

Kebersihan kandang penting dijaga untuk menjaga kesehatan ternak dan juga peternak atau manusia di sekelilingnya. Peternak disarankan untuk membersihkan kandang hewan mereka setiap hari. Frekuensi pembersihan kandang tergantung dari masing-masing peternak dan jenis hewan yang dipelihara. Untuk sapi perah misalnya, biasanya dibersihkan sebanyak dua kali sehari, yakni sebelum melakukan proses pemerahan sapi.[5]

Manfaat Rodalon

Untuk membantu para peternak dan menjadikan kandang menjadi lebih bersih, saat ini sudah hadir berbagai merk desinfektan, salah satunya Rodalon. Produk ini diklaim sebagai yang sangat ampuh dalam membersihkan berbagai peralatan ternak, burung maupun hewan peliharaan lainnya. Antiseptik ini dikatakan mampu membasmi berbagai kuman, bakteri-bakteri, virus, dan fungi penyebab berbagai masalah pada ternak dan manusia.

Baca juga  Update Harga Flare Asap (Bomb Smoke) di Pasaran
Rodalon disinfektan (sumber: lazada)

Rodalon disinfektan (sumber: lazada)

Keunggulan Rodalon antara lain sangat aman untuk burung maupun binatang peliharaan lainnya, terbuat dari bahan antiseptik tropis yang dikenal mampu membasmi berbagai kuman dan penyakit, seta anti-noda atau tidak meninggalkan noda pada tempat atau alat yang dibersihkan. Selain itu, produk ini punya bau harum, yang dapat menghilangkan bau tidak nyaman pada kandang dan multifungsi atau bisa untuk membersihkan kandang burung, unggas, babi, sapi, udang, dan ikan.

Dosis dan Aturan Pakai Rodalon

  • Desinfektan ruangan, semua peralatan kandang, telur tetas dan bak pencuci kaki, disemprot/cuci, sebanyak 15 ml/10 liter air.
  • Desinfektan ruangan pada saat kandang kosong disemprot/cuci, sebanyak 40 ml/1 liter air.
  • Sterilisasi air minum ternak pengenceran, sebanyak 3 ml/10 liter air minum.
  • Desinfektan dan makanan ternak pengenceran, sebanyak 5 ml/10 liter air minum.
  • Luka-luka cacar atau akibat kanibalisme, dioleskan sebanyak 60 ml/10 liter air.
  • Desinfeksi tangan, kambing sebelum diperah, bagian yang akan dioperasi dan luka-luka terbuka, sebanyak 20 ml/10 liter air.

Harga Rodalon

Kemasan RodalonHarga
Rodalon 100 mlRp25.000 – Rp40.000
Rodalon 1 LRp85.000 – Rp108.000

Informasi harga Rodalon di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga Rodalon tahun ini mengalami penurunan. Sebagai contoh, Rodalon 100 ml yang semula dijual dengan harga Rp35 ribu hingga Rp50 ribu, turun menjadi Rp25 ribu hingga Rp40 ribu. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan ternak terdekat di sekitar rumah Anda.

Baca juga  Info Terkini Harga Brush Pen Faber Castell Semua Varian

[Update: Almas]

[1] Dharmawan, R., H. S. Prayogi, V. M. A. Nurgiartiningsih. 2016. Penampilan Produksi Ayam Pedaging yang Dipelihara pada Lantai Atas dan Lantai Bawah. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, Vol. 26(3): 27-37.

[2] Sarjana, T. A. 2007. Manajemen Ternak Unggas. : UNDIP Press.

[3] Pattiselano, F. dan S. Y. Randa. 2005. Efek Frekuensi Penaburan Zeolit pada Litter terhadap Kualitas Lingkungan Kandang Ayam Pedaging. Animal Production, Vol. 7(2): 89-94.

[4] Suherman, D., S. Muryanto, E. Sulistyowati. 2017. Evaluasi Mikroklimat dalam Kandang Menggunakan Atap Kandang Berbeda yang Berkaitan dengan Respon Fisiologis Sapi Bali Dewasa di Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, Vol. 12(4): 397-410.

[5] Zuroida, Rizqi dan R. Azizah. 2018. Sanitasi Kandang dan Keluhan Kesehatan pada Peternak Sapi Perah di Desa Murukan Kabupaten Jombang. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol. 10(4): 434-440.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Rodalon (100 ml dan 1 Liter), Antiseptik Desinfektan Ternak"