Harga Porstex Biru dan Ungu (500 ml, 700 ml, 1000 ml, 2000 ml, 3700 ml)

Penggunaan keramik, baik untuk lantai maupun dinding, memang dapat membuat tampilan rumah menjadi elegan dan mewah. Namun, seperti material lainnya, jika Anda tidak rajin membersihkan keramik, maka bisa menyisakan noda membandel, yang akan membuat hunian Anda tampak suram. Untungnya, saat ini sudah ada banyak produk yang diklaim dapat membersihkan noda pada keramik hingga tuntas, salah satunya Porstex. Tersedia dalam berbagai ukuran, harga Porstex ternyata relatif terjangkau.

Ilustrasi: membersihkan lantai keramik (sumber: housewifehowtos.com)

Ilustrasi: membersihkan lantai keramik (sumber: housewifehowtos.com)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan keramik. Keramik bisa dikatakan sebagai benda yang terbuat dari tanah liat melalui proses pembakaran. Pembakaran tanah liat dengan suhu tinggi akan menghasilkan keramik porselen atau keramik halus, sedangkan pembakaran dengan suhu rendah akan menghasilkan keramik gerabah atau terakota, yang dapat berupa benda dua dimensi maupun tiga dimensi.[1][2]

Selain itu, keramik juga dapat disebutkan sebagai material anorganik yang tersusun atas unsur logam dan non-logam yang berikatan ionik atau kovalen. Pengertian lainnya, keramik adalah semua material yang bersifat keras, rapuh, tahan panas, dan tahan korosi, serta mengandung satu atau lebih unsur logam, termasuk oksigen.[3]

Berdasarkan fungsinya, keramik setidaknya dapat dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, keramik tradisional, yakni keramik yang banyak digunakan untuk produk-produk yang sederhana, seperti bahan-bahan tahan panas, gelas, porselen, dan bahan bangunan seperti beton dan lantai. Jenis kedua adalah keramik modern, yang memiliki sifat-sifat listrik, sifat mekanik, dan sifat termal yang baik, sehingga kerap digunakan untuk teknologi canggih.

Layaknya bahan lainnya, seperti kayu, marmer, granit, atau kaca, pemakaian keramik juga akan berpengaruh terhadap pembentukan suasana ruangan. Sering diaplikasikan untuk lantai, keramik mempunyai karakteristik indah, sejuk, sekaligus luas.[4] Karena itu, tidak mengherankan jika rumah yang memakai keramik, akan tampak elegan plus mewah.

Kelebihan Keramik

Biasanya, keramik untuk lantai rumah yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan lapisan protektif, sehingga membuatnya tahan terhadap air. Lantai keramik juga punya karakteristik alami yang tahan terhadap tingkat kelembapan yang tinggi. Sehingga, keramik kerap digunakan sebagai lantai dan dapur.

Toilet, ubin dinding, dan lantai berbahan keramik (sumber: italtile.co.za)

Toilet, ubin dinding, dan lantai berbahan keramik (sumber: italtile.co.za)

Tidak hanya tahan terhadap air, keramik juga diklaim sebagai bahan yang sangat kuat dan tangguh. Hal ini disebabkan, lantai keramik jarang mengalami kerusakan seperti retak atau pecah. Bahkan, pemasangan lantai keramik yang dikerjakan dengan teliti dan dirawat dengan sungguh-sungguh, dikatakan dapat bertahan 10 sampai 20 tahun.

Baca juga  Info Terkini Harga Mesin Las Listrik (Berbagai Merk)

Berkat permukaan lantai keramik yang resisten terhadap kotoran, noda, dan jenis-jenis cairan, lantai keramik cukup disapu atau di-vakum, kemudian dipel dengan basah. Anda pun sudah bisa mempertahankan penampilan dan kualitas lantai keramik dengan cara mudah tersebut setiap harinya.

Saat ini, keramik tidak hanya tampil dalam satu pilihan warna atau polos. Sudah banyak merk keramik yang hadir dalam berbagai , ukuran, dan bentuk, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Motif bernuansa alam, seperti kayu dan batu, saat ini semakin digemari. Bahkan, konsumen dapat memotong keramik menjadi bentuk-bentuk seperti segitiga atau potongan yang lebih kecil.

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, keramik ditawarkan dengan harga yang dapat dikatakan relatif terjangkau. Mulai puluhan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan keramik sesuai dengan budget yang Anda miliki. Bahkan, harga lantai keramik secara umum lebih murah dibandingkan lantai kayu atau hardwood yang dapat menyentuh angka jutaan rupiah.

Karena permukaan keramik umumnya keras atau solid, material ini relatif tidak mudah ditempeli kotoran, debu, serbuk bunga, atau jenis alergen lainnya. Jika partikel-partikel kecil ini hinggap di permukaan keramik, biasanya akan mudah terlihat secara kasat mata sehingga dapat Anda bersihkan dengan cepat.

Meski demikian, jika Anda tidak rajin membersihkan kotoran pada keramik, maka noda yang menempel akan semakin sulit dibersihkan dan tentunya akan menimbulkan pemandangan yang menjanjikan. Bahkan, jika keramik tersebut diaplikasikan pada lantai atau dinding kamar mandi, akan berpotensi menimbulkan pertumbuhan sehingga membuat kondisi rumah Anda tidak .

Baca juga  Harga Telur Jangkrik per Ons dan Kg

Untung saja, untuk Anda yang mengalami noda pada lantai atau dinding keramik, beberapa jenis cairan pembersih yang tersedia di pasaran biasanya sudah cukup ampuh untuk membersihkan keramik Anda. Ada banyak merk atau produk yang dapat Anda pilih, dan salah satu yang cocok untuk Anda yang ingin berhemat adalah Porstex buatan Yuri.

Ilustrasi: membersihkan toilet (sumber: bersihinaja.com)

Ilustrasi: membersihkan toilet (sumber: bersihinaja.com)

Kalau bicara mengenai merk pembersih keramik dan porselen yang bagus, Porstex biasanya masuk dalam daftar. Cairan pembersih keramik ini memang sering dikatakan sangat ampuh sebagai pembersih kerak, jamur, dan berbagai jenis kotoran lainnya. Kotoran yang membandel pada kloset atau lantai kamar mandi Anda diklaim akan bersih tuntas jika menggunakan Porstex.

Porstex tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi, melainkan juga bisa Anda pakai untuk membersihkan bak mandi atau bathtub, wash-basin, hingga barang lainnya yang terbuat dari keramik. Cukup tuangkan produk dalam wadah, kemudian sikat selama beberapa menit, kotoran seperti karatan besi, noda-noda air, hingga deki-dekil sabun dijamin akan hilang.

Jika Anda tertarik menggunakan Porstex untuk membersihkan lantai atau dinding keramik Anda, tidak sulit mendapatkan produk ini. Anda sudah bisa membelinya di berbagai minimarket, supermarket, hingga lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kemasan. Sebagai referensi, berikut kisaran harga Porstex di pasaran.

Harga Porstex di Indomaret

Varian PorstexHarga
Porstex Ocean Blue 700 mlRp14.100
Porstex Non-Parfum 1000 mlRp19.900

Harga Porstex di Alfamart

Varian PorstexHarga
Porstex Ungu 1 LRp17.900
Porstex Biru 1 LRp17.900
Varian Porstex biru dan ungu (sumber: shopee)

Varian Porstex biru dan ungu (sumber: shopee)

Harga Porstex di E-Commerce

Varian PorstexHarga
Porstex Ungu 500 mlRp11.500 – Rp12.200
Porstex Biru 500 mlRp11.300 – Rp15.000
Porstex Ungu 700 mlRp12.100 – Rp16.000
Porstex Biru 700 mlRp12.500 – Rp15.300
Porstex Ungu 1000 mlRp18.900 – Rp22.000
Porstex Biru 1000 mlRp17.500 – Rp23.000
Porstex Ungu 2000 mlRp30.700 – Rp37.000
Porstex Biru 2000 mlRp30.700 – Rp37.000
Porstex Ungu 3700 mlRp60.000 – Rp65.000
Porstex Biru 3700 mlRp54.500 – Rp65.000
Baca juga  Info Lengkap Harga Penginapan di Pulau Pramuka

Harga Porstex di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi minimarket dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Porstex tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat kemungkinan berbeda walaupun produk yang ditawarkan sama.

Selain menggunakan cairan pembersih, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda membandel pada keramik. Anda bisa memakai bubuk soda kue, dengan cara mencelupkan kain atau spons ke dalam mangkuk yang berisi baking soda, lalu gosokkan pada keramik atau ubin hingga bersih. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Bahan lainnya adalah asam cuka, yang menjadi pembersih alami paling populer. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih dan air ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkan cairan tersebut ke permukaan yang kotor dan biarkan selama beberapa menit sebelum Anda mulai menggosoknya. Untuk menghilangkan noda mengerak, Anda bisa mengombinasikan bahan ini dengan baking soda.

[1] Isnaini, Salzabella Khoirul dan I Nyoman Lodra. 2016. Bentuk, Teknik, dan Fungsi Ragam Hias Keramik pada Coco Karunia Keramik Probolinggo. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UNESA Surabaya, Vol. 4(1) : 136-139.

[2] Susanto, Mikke. 2011. Diksi Rupa (Edisi Revisi). Yogyakarta: Dicti Art Lab & Djagat Art Space, hlm. 220.

[3] Sidabutar, Tri Exaudi. 2017. Pembuatan dan Karakterisasi Keramik Magnesium Alumina Silika dari Abu Vulkanik Gunung Sinabung. Jurnal Teknik Mesin Universitas Mercu Buana Jakarta, Vol. 6(1): 28-35.

[4] Suptandar, J. Pamudji. 1991. Desain Interior: Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Porstex Biru dan Ungu (500 ml, 700 ml, 1000 ml, 2000 ml, 3700 ml)"