Info Harga Bibit, Benih, dan Pohon Tabebuya di Pasaran

Mendekor pekarangan rumah memang pekerjaan yang menyenangkan. Jika Anda sedang mencari peneduh di halaman, Anda dapat mempertimbangkan untuk menanam tabebuya. satu ini memiliki varian warna yang beragam dan akan terlihat cantik jika menghiasi pekarangan Anda. pohon tabebuya dibanderol variatif, tergantung dari ukuran tinggi pohon.

Pohon tabebuya kuning

Pohon tabebuya kuning

Dilansir dari Wikipedia, tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), tabebuya kuning atau pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Sebagian orang kerap mengira tanaman ini sebagai sakura, karena saat berbunga bentuknya mirip seperti sakura. Padahal sebenarnya kedua tumbuhan ini tidak berkerabat. Pohon tabebuya mempunyai sejumlah kelebihan, yakni daunnya tidak mudah rontok, di saat musim berbunga maka bunganya akan tampak sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau memiliki batang yang keras.

Tanaman tabebuya mempunyai bunga yang warnanya berbeda-beda, ada yang warna kuning dan berbentuk terompet, ada juga yang warnanya pink, ungu, atau bahkan merah tua. Ada begitu banyak varian tabebuya dari berbagai negara dalam genus handroanthus dan tabebuia dengan warna bunganya yang beraneka ragam. Namun, varian tabebuya yang kerap ditemukan di Indonesia adalah yang memiliki bunga warna kuning dengan panjang 3-11 cm, berbentuk terompet, dan bergerombol.

Baca juga  Update Terkini Harga Selada per Kg di Pasaran

Bunga tabebuia menggerombol pada satu tangkai dengan jumlah 4-7 kuntum, berbentuk terompet dengan kelopak agak berlekuk-lekuk. Warna bunga di antaranya kuning, merah jambu, dan ungu muda (di Jepang). Satu tangkai terdiri dari beberapa kuntum.

Tingginya bisa mencapai 15 m lebih, dengan bentuk tajuk membulat sehingga memberi keteduhan. Daunnya berbentuk oval, tampak berlapis beledu keabu-abuan. Tanaman pelindung ini tumbuh di tanah yang berpasir serta membutuhkan banyak sinar matahari. Perbanyakan dengan cangkok atau benih.[1]

Tiap spesies pohon tabebuya mempunyai warna yang berbeda-beda, saat ini warna yang banyak dikenal adalah , merah muda, kuning, kuning jingga, magenta, plum, dan ada juga yang merah. Terdapat motif garis warna ungu di dalam bunga tabebuya. Tabebuya pada musim berbunganya dapat menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau sampai menjelang musim hujan. Bahkan sekarang ini musim pembungaan tanaman tabebuya bisa diatur lewat manipulasi pola pemupukan.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Kapur Sirih (Bubuk, Batu, Krim)

Habitat asli Tabebuya di Brasil ada di daerah dengan iklim kering. Oleh sebab itu tanaman ini memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam cuaca kering. Hal ini tentunya sesuai, karena tanaman penghijauan umumnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman, terutama pada saat musim kemarau. Pohon tabebuyamerupakan pohon hias populer yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya termasuk pohon dengan pemeliharaan rendah, dimana pemangkasan dibutuhkan hanya untuk menghilangkan tangkai yang mati atau rusak. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman satu ini.

Setidaknya terdapat 2 jenis pohon tabebuya yang populer sebagai tanaman hias pekarangan, yaitutabebuya kuning (Handroanthus chrysotrichus) yang pohonnya besar mencapai tinggi 8 meter dan tabebuya merah muda (Handroanthus impetiginosus atau Handroanthus heptaphyllus). Sebagai gambaran, berikut ini harga pohon tabebuya di pasaran.

Pohon tabebuya merah muda

Pohon tabebuya merah muda

Harga Tanaman Tabebuya

Jenis TabebuyaHarga (Rp)
Benih tabebuya per biji100 – 1.000
tabebuya3.500 – 37.000
Pohon tabebuya tinggi 1 meter45.000 – 300.000
Pohon tabebuya tinggi 2 meter100.000 – 400.000
Pohon tabebuya tinggi 3 meter350.100 – 800.000
Biji tabebuya 500 gram kuning480.000
Pohon tabebuya tinggi 4 meter500.000 – 2.000.000
Baca juga  Cara Menanam dan Harga Kembang Kol per Kg

Informasi harga bibit, benih, dan pohon tabebuya di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga pohon tabebuya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga tanaman tabebuya yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Apabila Anda tertarik untuk menanam pohon tabebuya di pekarangan, Anda bisa membeli bibitnya di toko-toko tanaman hias yang ada di kota tempat tinggal Anda. Namun jika kesulitan untuk menemukan, Anda juga bisa membeli bibit tabebuya secara online melalui sejumlah situs e-commerce favorit Anda.

[1]WS, Don dkk. 2006. Rahasia Kebun Asri (hlm 28). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Bibit, Benih, dan Pohon Tabebuya di Pasaran"