Update Harga Papan Ujian (Berbagai Macam Merek dan Varian Bahan)

Saat pelaksanaan ujian, salah satu alat yang tak boleh ketinggalan adalah papan alas lembar jawaban. Memiliki beragam ukuran, papan ujian akan sangat membantu para pelajar semakin nyaman saat mengerjakan soal. Tak hanya bentuk, kini motifnya juga beraneka ragam dengan harga satuannya yang berbeda-beda.

Papan ujian (sumber: carewisc.org)

Papan ujian (sumber: carewisc.org)

Papan atau alas lembar soal ujian dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu standar, papan keras, aluminium, PVC, polipropilen, polistiren tinggi, foamex, mika, plastik, hingga . Namun, pada umumnya, pelajar menggunakan papan ujian yang terbuat dari kayu berbentuk standar dengan harga yang relatif murah. Papan yang berbentuk tipis dan kaku dilengkapi dengan penjepit ini juga tersedia dalam berbagai merk.

Fungsi utama papan ujian sebagai tatakan lembar soal Anda saat ujian atau pelaksanaan seleksi apa pun. Mulai dari pelajar SD hingga mahasiswa sering menggunakan papan ujian untuk membantu proses pengerjaan soal. Untuk itu, para produsen papan ujian juga menciptakan inovasi dengan meluncurkan papan ujian karakter dengan banyak desain menarik.

Papan ujian, atau lebih dikenal sebagai papan dada, tersedia dalam dua desain berbeda, yakni papan ujian dengan bentuk satu papan dan papan ujian lipat dengan dua bidang papan yang terhubung. Keduanya memiliki keunggulan berbeda, seperti papan ujian dua bidang yang memberikan ruang ekstra untuk tempat penyimpanan pena saat digunakan.

Penggunaan papan ujian dimulai sebelum era komputer pribadi dengan proses pembuatan yang umumnya terbuat dari bahan kayu. Namun kini, seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar, papan ujian terbuat dari berbagai bahan dengan keunggulan masing-masing.

Varian Papan Ujian

Ilustrasi: menulis dengan alas clipboard/papan ujian (sumber: midwaymoving.com)

Ilustrasi: menulis dengan alas clipboard/papan ujian (sumber: midwaymoving.com)

  • Bahan Triplek/Clipboard Kayu Standar. Papan ujian ini terbuat dari bahan material triplek dengan ukuran folio. Papan ujian ini model standar yang kerap digunakan pelajar maupun mahasiswa saat ujian. Dilengkapi dengan penjepit clipboard dan harganya pun terjangkau.
  • Bahan Ordner. Hampir sama dengan papan ujian yang terbuat dari kayu, hanya ditambah dengan lapisan bahan ordner. Sehingga, tampilan papan ujian ini semakin elegan dan cocok jika digunakan para pebisnis. Tersedia dengan berbagai ukuran mulai dari folio, A4 (custom request), maupun clipboard dengan penutup dilengkapi dengan tempat untuk menaruh ballpoint/pena, tentu membuat Anda lebih nyaman menggunakan tatakan ini.
  • Bahan Plastik. Terbuat dari plastik mika keras dengan ukuran folio. Karena terbuat dari plastik keras, papan ujian ini memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, papan ujian ini relatif lebih ringan dari papan berbahan kayu. Penggunaannya juga bervariasi, bahkan digunakan para pekerja di lapangan untuk kegiatan operasional. Hadir dengan varian warna-warni, membuat clipboard ini favorit berbagai kalangan.
  • Bahan Plastik Daur Ulang. Berbahan plastik daur ulang R-ABS, produk ini diklaim lebih ramah lingkungan. Produk ini original dari brand Kokuyo produksi Jepang dalam bentuk eksklusif dan desain yang elegan. Karena desainnya yang cocok digunakan berbagai keperluan, papan ujian ini kerap ditemui di kasir yang digunakan untuk nota bon pembayaran di restoran-restoran, dengan berbagai ukuran, seperti folio, A4, A6, A3,B6,B4,A5, maupun clipboard kasir. Untuk kebutuhan lain, para produsen papan ujian juga menawarkan clipboard dalam ukuran yang lebih besar yakni A3/A4 dengan variasi bentuk landscape (menyamping), ataupun portrait yakni memanjang ke atas.
  • Bahan Akrilik. Papan ujian akrilik juga kerap menjadi pilihan sejumlah pelajar maupun mahasiswa. Dengan tampilan lebih elegan dan ukuran yang jauh lebih ringan, papan ujian ini lebih lentur sehingga tidak mudah pecah. Dengan sifat bahan akrilik tersebut, membuat penggunaan papan ujian ini lebih awet. Akrilik sendiri umumnya merupakan plastik yang menyerupai kaca.
  • Bahan Mika. Papan ujian berbahan mika memang terlihat jarang digunakan, karena meski ringan, bahan mika tidak tahan lama. Tak heran jika harga papan ujian berbahan mika lebih murah dibanding yang lainnya. Untuk penggunaan sekali pakai, mungkin papan ujian berbahan mika dapat menjadi pilihan, tetapi jika Anda menginginkan peralatan sekolah yang lebih awet, dapat memilih papan ujian dengan bahan lainnya.

Harga Papan Ujian

Papan ujian (sumber: aliexpress)

Papan ujian (sumber: aliexpress)

Merk/Varian Papan UjianHarga (Rp)
Standar Clipboard Folio25.000
Bantex 15.000
Kenko CLB-35PS  1 pcs20.800
Kenko CLB-31DF 2 pcs23.400
Kenko CLB-35DF 2 pcs26.000
Butterfly Clipboard Plastik21.500
Paket Ujian Staedtler Genius 43.000
Sublimely Golden108.000
Joyko12.700
Totoro50.000
Mysterious Nature 30.000
Faber Castell50.000
Meow Nice Day A440.000
Clipboard Mika15.327
Dream Unicorn25.900
Papan ujian Berkarakter19.609
Hey Note Bugs34.900
Klip Tola12.500

Harga di atas dirangkum dari berbagai situs jual beli online dalam bentuk satuan. Harga papan ujian tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai contoh, pada tahun sebelumnya, harga papan ujian merk klip Tola Rp11.000 dan saat ini sedikit naik menjadi Rp12.500 per buah.

Jika Anda ingin lebih berhemat untuk keperluan ujian, salah satu produsen alat tulis dan perkantoran (ATK) Faber Castell juga menawarkan paket ujian dengan harga Rp52 ribuan saja. Pada paket tersebut, Anda telah memperoleh case eksklusif yakni dua pensil Faber Castel 2B, penghapus EBTA/SPMB, rautan, penggaris khusus ujian, pen dan correction tape serta dilengkapi dengan papan acrylic yang dapat mencegah kertas jawaban rusak selama ujian. Anda dapat membeli papan ujian di beberapa toko ATK atau jika ingin lebih praktis dapat juga dipesan secara online.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terkini Harga Keramik Lantai per M2 (Semua Merk)
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Update Harga Papan Ujian (Berbagai Macam Merek dan Varian Bahan)"