Info Harga Golden Curry (Mild, Medium Hot, Hot)

Kare menjadi makanan yang populer di Jepang. Kare Jepang memiliki kuah yang kental dan juga lauk yang umumnya terdiri dari kentang, wortel, dan daging. Sajian kare bersama dengan nasi panas biasa disebut dengan curry rice. Tidak hanya nasi, ramen dan udon dengan kuah kare juga tersedia di Jepang.[1] Untuk membuat kare khas Jepang, Anda bisa memanfaatkan Golden Curry. Bumbu block satu ini tersedia di supermarket dengan yang agak mahal.

Golden curry block (sumber: justonecookbook.com)
Golden curry block (sumber: justonecookbook.com)

Apa Itu Golden Curry?

Golden Curry merupakan bumbu kare instan yang praktis dan kerap digunakan untuk memasak Japanese curry alias kari khas Jepang yang kental dan gurih. Bumbu ini tersedia dalam beberapa level kepedasan, mulai dari yang paling ringan varian Mild dengan kemasan berwarna oranye, kemudian varian Medium Hot dengan kemasan warna hijau, dan yang paling pedas varian Hot dengan kemasan warna hitam.

Bacaan Lainnya

Penggunaan Golden Curry cukup mudah, karena Anda tinggal mengambil sesuai dengan takaran pemakaian atau selera. Kemudian, Anda tinggal menambahkan bahan-bahan dasar kare yang dibutuhkan.

Komposisi Golden Curry

Tepung terigu, minyak nabati (mengandung antioksidan tokoferol), garam, gula, kari bubuk, rempah, pewarna alami karamel kelas III amonia proses, penguat rasa (mononatrium L-Glutamat), dinatrium 5-inosinat, dinatrium 5-guanilat, pengatur keasaman asam malat.

Cara Pemakaian Golden Curry

  1. Potong daging sapi dan bawang.
  2. Tumis daging dan bawang ke dalam minyak atau mentega dalam wajan besar sampai bawang agak kecokelatan sekitar 3 menit. Tambahkan wortel, seledri, paprika, atau sayuran lain jika diinginkan.
  3. Tambahkan air dan sampai mendidih, kecilkan api, tutup dan didihkan sekitar 10 menit sampai daging empuk.
  4. Campurkan S&B Golden Curry Sauce Mix, aduk sampai benar-benar meleleh dan didihkan 5 menit.
  5. Sajikan panas di atas nasi atau mie.

Untuk diketahui, Golden Curry kemasan 220 gram biasanya cukup untuk takaran penyajian 12 porsi, sedangkan kemasan 1 kg cukup untuk memasak kari ala Jepang sebanyak 50 porsi. Anda bisa menyesuaikan takaran bumbu ini dengan selera dan kebutuhan. Agar lebih jelas, simak resep dan cara membuat kare ala Jepang berikut ini!

Resep Nasi Kare Jepang

Sajian nasi kare jepang (sumber: sbfoods-worldwide.com)
Sajian nasi kare jepang (sumber: sbfoods-worldwide.com)

Bahan Nasi Kare Jepang

  • Curry roux (bumbu kare)
  • 2 buah wortel, potong-potong
  • 1 buah kentang, potong dadu
  • 1 buah bombai, potong besar
  • 3 siung , cincang
  • 1 sdm mentega/1 sdm minyak
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap inggris
  • 10 gr dark cooking chocolate
  • 1 sdm madu
  • 500-600 ml air
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • Penyedap dan kaldu bubuk sapi secukupnya

Cara Membuat Nasi Kare Jepang

  1. Lelehkan mentega, tumis bawang putih, bawang bombai, dan daun salam hingga . Masukkan kentang, wortel, dan air, rebus sampai matang.
  2. Masukkan curry roux, kecap inggris, kecap asin, dark cooking chocolate, madu, garam, gula, penyedap/kaldu bubuk, aduk hingga larut dan rata. Angkat.
  3. Sajikan dengan nasi hangat dan chicken karaage.[2]

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat nasi kari ala Jepang sendiri? Berikut informasi harga Golden Curry di pasaran Indonesia.

Harga Golden Curry

Golden Curry (sumber: thekitchn.com)
Golden Curry (sumber: thekitchn.com)
Varian Golden CurryHarga (Rp)
S&B Golden Curry Mix Mild 92 gr45.900
S&B Golden Curry Mix Medium Hot 92gr45.900
S&B Golden Curry Mix Hot 92 gram45.900
S&B Golden Japanese Curry Mix 220 gr53.800 – 74.000
S&B GoldenJapanese Curry Mix 1 kg148.000 – 165.000

Informasi harga Golden Curry di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga Golden Curry dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Golden Curry yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda tertarik untuk mencoba membuat nasi kare Jepang sendiri di rumah dengan memanfaatkan bumbu Golden Curry, Anda bisa membelinya di supermarket besar yang menjual produk-produk impor di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, jika kesulitan menemukannya, tak ada salahnya membeli Golden Curry secara online melalui sejumlah e-commerce.

[1] Style, Japan. 2014. Japan Style Indonesia Edisi Maret 2014. Jakarta: PT Desain & Harapan, hlm 9.

[2] Minarosa, L. 2020. Menu Istimewa Sehari-hari Keluarga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 100.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *