Khasiat dan Update Harga Obat Yunnan Baiyao

Sejak dulu, khasiat obat-obatan tradisional Tionghoa atau masyarakat lebih sering menyebut dengan obat Cina sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh orang tua dan kakek nenek kita, serta diwariskan secara turun-temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Obat-obatan yang pada umumnya terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan hewani ini diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat kimiawi. Di antara sederet obat Cina yang dikenal masyarakat, Yunnan Baiyao termasuk dalam jajaran obat populer dengan harga yang masih relatif terjangkau.

Yunnan Baiyao obat tradisional Cina (sumber: forbes.com)
Yunnan Baiyao obat tradisional Cina (sumber: forbes.com)

Tidak seperti obat-obat pada umumnya, obat-obatan Cina kuno lebih berfokus pada keterkaitan antara pikiran, tubuh, dan jiwa, bukan melihat pada suatu penyakit atau gejala yang mengisolasi suatu penyakit. Belakangan ini banyak orang yang mulai menganggap obat tradisional Cina sebagai bentuk alternatif atau pelengkap pengobatan yang sesuai.

Bacaan Lainnya

Nah, jika Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai pengobatan tradisional Cina, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah fakta tentang pengobatan itu sendiri. Melansir dari livestrong.com, berikut ini merupakan fakta terkait pengobatan tradisional Cina.

Konsep Pengobatan Tradisional Cina

  • Prinsip Keseimbangan. Secara prinsip, jantung pengobatan tradisional Cina berkaitan dengan dua prinsip yang berlawanan, yaitu yin dan yang. Kedua hal ini memang sangat lekat dengan keseimbangan, dan orang-orang Cina meyakini bahwa ketidakseimbangan adalah salah satu penyebab penyakit.
  • Diagnosis. Pengobatan tradisional Cina melakukan diagnosis dengan wawancara pasien serta melakukan pemeriksaan nadi dan lidah pasien. Hal-hal yang menjadi pertanyaan saat wawancara pasien tak hanya seputar gejala medis, tetapi tentang rincian yang dilakukan oleh pasien sehari-hari seperti pola tidur, mimpi dan juga makanan kesukaannya. Mengukur denyut nadi adalah alat diagnostik yang paling penting dalam pengobatan tradisional Cina.
  • Lima Elemen. Pengobatan tradisional Cina mengenal lima elemen yang diyakini berkaitan dengan orang dan jaringan manusia, yaitu elemen kayu, api, tanah, logam dan air. Setiap elemen menghadirkan energi tertentu dengan karakteristik yang khas serta saling berhubungan dengan unsur-unsur lainnya. Adanya ketidakseimbangan di antaranya bisa menjadi penyebab penyakit.
  • Akupuntur. Akupunktur adalah stimulasi bagian-bagian luar tertentu dari yang disebut dengan acupoint atau titik akupuntur. Qi seseorang atau energi vital bersirkulasi melalui tubuh dalam serangkaian saluran dan dapat diarahkan dengan merangsang tubuh bagian luar dengan jarum steel yang sangat halus.
  • Herbal. Praktisi pengobatan tradisional Cina menggunakan lebih dari 600 jenis tumbuhan untuk meracik ramuan untuk mengobati ketidakseimbangan energi dan penyakit. Tanaman seperti ginseng dan jahe merupakan bahan dasar dari berbagai pengobatan herbal. tetapi, beberapa ramuan tergantung pada mineral dan bagian-bagian seperti kulit tiram atau tanduk rusa.
  • Qigong. Qigong adalah postur gerakan kuno yang dipraktikkan untuk aliran qi atau energi vital lebih baik. Qigong medikal terdiri dari bagian internal dan eksternal. Qigong internal yang mengandalkan gerakan, pernapasan dan visualisasi dipraktekkan oleh pasien sendiri. Sedangkan qigong eksternal mirip dengan sentuhan.
Baca juga  Info Harga Minyak Samin (Semua Merk dan Ukuran) Terbaru

Indikasi Yunnan Baiyao

Yunnan Baiyao (云南白), juga dikenal sebagai Yunnan Paiyao, telah banyak digunakan di Asia selama bertahun-tahun dan dianggap sebagai semacam obat ajaib untuk luka, nyeri, dan pendarahan. Obat ini ditemukan oleh Dr. Qu Huangzhang in Yunnan, Cina dan menjadi terkenal karena digunakan pada saat Perang Dunia ke-2 saat Jepang menginvasi Cina dan saat Vietcong melawan USA dengan menyelamatkan banyak nyawa prajurit dari luka parah.

Yunnan Baiyao berguna untuk semua jenis luka luar dan segala jenis operasi. Dokter di Cina juga menganjurkan pasiennya untuk memakan Yunnan Baiyao sebelum operasi karena berdasarkan hasil penelitian dapat mengurangi pendarahan saat operasi serta mempercepat waktu pemulihan sehabis operasi. Pasalnya, Yunnan Baiyao dapat dengan cepat menambal pembuluh darah yang terbuka akibat operasi. Obat ini juga tidak akan mengganggu obat anestesi barat, sehingga diklaim aman digunakan di hari yang sama saat operasi.

Selain itu, juga dapat membantu mengobati radang menahun, nyeri lambung, radang usus, tukak lambung, dan usus serta pendarahan pada saluran pencernaan dan pernapasan, menghentikan pendarahan berlebih saat haid dan saat melahirkan, serta mengobati wasir yang disertai nyeri, bengkak dan pendarahan.

Baca juga  Harga Flimty di Agen Resmi, Indomaret, dan Alfamart

Obat ini bekerja dengan segera mengaktifkan sirkulasi darah, membantu mengatasi pendarahan, nyeri, dan bengkak, sementara itu juga menghilangkan nanah dan menangkal infeksi. Yunnan Baiyao diklaim terbukti mempersingkat waktu perdarahan dan waktu pembekuan dan mengurangi respon inflamasi.

Yunnan Baiyao kapsul (sumber: shopee)
Yunnan Baiyao kapsul (sumber: shopee)

Cara Penggunaan Yunnan Baiyao

Untuk pengobatan luka luar, selain dimakan, obat ini dapat digunakan dengan menaburkan bubuknya pada bagian yang terluka dan luka akan dengan cepat berhenti. Produk ini mengandung zat anti-bakteri untuk mencegah infeksi. Obat ini juga dapat diminum untuk luka-luka akibat terjatuh, pukulan, atau apapun yang menyebabkan pendarahan dalam.

Dosis Pemakaian Yunnan Baiyao

  • Dosis untuk radang menahun, nyeri lambung, radang usus, tukak lambung, dan tukak usus: diminum 4 kali sehari sekali minum 2 kapsul sehari, 5 hingga 15 kotak untuk satu seri pengobatan.
  • Dosis untuk pendarahan berlebihan saat haid dan setelah melahirkan: diminum 4 kali sehari sekali minum 2 kapsul sehari, 3 kotak sebagai 1 seri pengobatan.
  • Dosis untuk wasir yang disertai nyeri, bengkak dan pendarahan: diminum 4 kali sehari sekali minum 2 kapsul sehari, 3 kotak sebagai 1 seri pengobatan.
  • Untuk pemakaian luar: kapsul dibuka, bubuk obat ditaburkan pada gulungan kasa bervaselin, lalu dimasukkan ke dalam dubur.
  • Pada luka dalam ringan akibat terjatuh, dipukul, memar: sehari diminum 4 kali, sekali minum 1-2 kapsul. Beri jeda minimal 4 jam untuk setiap kali minum, 3 kotak sebagai 1 seri pengobatan.
  • Pada luka dalam berat akibat terjatuh, dipukul: minum terlebih dahulu satu butir pil keselamatan (berwarna merah), kemudian minumYunnan Baiyao 4×2 kapsul sehari, 15 kotak sebagai satu seri pengobatan.
  • Untuk luka luar ringan: taburkan langsung pada bagian yang luka (tentunya bersihkan luka terlebih dahulu dan setelahnya tutup dengan perban).
  • Untuk luka luar yang dalam: buka lukanya, taburkan bubuk kapsul Yunnan Baiyao kemudian tutup, tahan selama 1-2 menit atau sampai pendarahan.
Baca juga  Review dan Update Harga Tianshi Vitaline Softgel

Harga Yunnan Baiyao

Varian Yunnan Baiyao Harga
Yunnan Baiyao Plaster/koyo isi 5 lembar per Rp82.000
Yunnan Baiyao Powder (bubuk) 4 gr Rp85.000
Yunnan Baiyao Aerosol 50 gr per botol Rp119.800
Yunnan Baiyao Capsule 16s per Rp145.250
Yunnan Baiyao Aerosol 85 gr per botol Rp150.150

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Yunnan Baiyao di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Yunnan Baiyao Powder (bubuk) 4 gr yang semula dijual seharga Rp71 ribu, kini menjadi Rp85 ribu. Begitu pula dengan harga Yunnan Baiyao Plaster/koyo isi 5 lembar yang naik dari Rp76 ribu menjadi Rp82 ribu per dus. Anda bisa menemukan obat ini di apotek dan toko obat herbal Cina yang banyak tersedia di pasaran

Ilustrasi: obat-obatan Cina (sumber: sunwaytcm.com)
Ilustrasi: obat-obatan Cina (sumber: sunwaytcm.com)

Selain Yunnan Baiyao, tersedia pula obat Cina yang cukup manjur untuk mengatasi berbagai keluhan. Berikut kami sajikan sejumlah rekomendasi obat Cina yang dijual di pasaran beserta harganya saat ini.

Harga Obat Cina Lainnya

Nama Obat Cina Harga
Die Da Yao Jing Rp25.000
Lo Han Kuo Infusion 12S Rp25.900
Zheng Gu Shui Rp28.500
Tian Wang Bu Xin Wan Rp46.937
Zhang Zhou Pien Tze Huang SSA Rp1.600.000

Karena Yunnan Baiyao merupakan obat herbal, kemungkinan kecil adanya efek samping jarang terjadi. Namun, pastikan Anda membeli produk asli di apotek atau toko obat Cina yang sudah terpercaya. Di era yang serba digital ini, sudah banyak apotek online yang menjual obat Cina dengan kualitas asli tentunya. Anda pun perlu memeriksa produk produk obat herbal yang dibeli telah terdaftar di BPOM RI. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.