Update Harga Mentega (Margarin) Sachet di Indomaret dan Alfamart

Mentega dan margarine adalah bahan makanan yang kerap ditambahkan dalam aneka masakan atau kue. Penambahan mentega atau margarin ini dilakukan untuk menambah rasa gurih pada makanan atau bahkan membuat teksturnya lebih lembut. Mentega dan margarin dijual dalam berbagai merk dan kemasan. Selain kemasan kaleng, ada juga yang dijual dalam kemasan sachet dengan lebih ekonomis untuk penggunaan rumah tangga.

Mentega & margarin sachet
Mentega & margarin sachet

Perbedaan Mentega dan Margarin

Meski punya penampakan yang mirip, ternyata mentega dan margarin adalah dua bahan yang berbeda. Mentega terbuat dari lemak susu (hewani), sedangkan margarin terbuat dari minyak tumbuhan (nabati). Mentega memiliki aroma yang lebih harum dan legit dibandingkan dengan margarin. Rasanya juga lebih lembut. Ada dua jenis mentega, yaitu mentega asin dan mentega tawar. Sementara itu, margarin memiliki tekstur yang lebih padat dan umumnya berasa asin.[1] Harga mentega juga relatif lebih mahal dibanding margarin.

Bacaan Lainnya

Perbedaan utama mentega dan margarine tentu saja lemak yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari Halodoc, menurut American Heart Association, lemak jenuh dalam mentega atau butter dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Hal itu karena efeknya pada kadar kolesterol secara keseluruhan di arteri. Sebaliknya, lemak trans dari margarin tidak meningkatkan kolesterol LDL setinggi lemak jenuh.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Dikutip dari The Kitchn, cara mudah untuk membedakan mentega dengan margarin adalah melalui warnanya. Margarin memiliki warna kuning yang lebih pekat, sedangkan mentega memiliki warna kuning yang lebih pucat. Meski demikian, bagi sebagian orang, warna kuning pada kedua bahan ini memang cenderung sama.

Perbedaan lainnya antara mentega dengan margarin adalah aroma yang dikeluarkan. Jika dihirup, mentega cenderung mengeluarkan aroma harum yang lebih menyengat dibandingkan margarin. Jika sebuah adonan kue menggunakan mentega, maka wangi harum mentega akan keluar dari kue yang selesai dipanggang, sedangkan aroma dari margarin tidak begitu keluar.

Kandungan dua produk ini juga berbeda. Mentega, seperti dijelaskan di atas, terbuat dari susu atau krim. Proses pembuatannya adalah dengan cara memisahkan lemak susu dari buttermilk. Mentega yang paling sering kita gunakan adalah mentega yang terbuat dari susu sapi, meski ada juga mentega yang terbuat dari susu domba, susu kambing, atau susu kerbau.

Sementara itu, margarin adalah produk yang tidak terbuat dari susu, melainkan dari nabati. Awalnya, pada tahun 1800-an silam, margarin sebagai pengganti mentega dibuat dari lemak hewani. Namun kini, kebanyakan margarin dibuat dari bahan-bahan seperti minyak sayur, air, garam, dan emulsifier. Meski demikian, beberapa produk margarin masih menggunakan susu sebagai salah satu bahan utamanya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Tidak sulit mendapatkan mentega atau margarin. Anda bisa membelinya di banyak minimarket, swalayan, toko bahan makanan, bahkan memesan lewat online shop. Hadir dalam berbagai kemasan, mentega atau margarine sachet lebih sering dipilih untuk penggunaan rumah tangga. Lalu, berapa harga produk tersebut untuk saat ini?

Mengolah Mentega Sachet - www.cnnindonesia.com
Mengolah Mentega Sachet – www.cnnindonesia.com

Harga Mentega/Margarin Sachet di Indomaret

Merk Mentega/Margarin Sachet Harga
Amanda Margarine Dapur 200 gr Rp5.200
Filma Margarine Sachet 200 gr Rp6.200
Palmia Margarine Serbaguna 200 gr Rp6.300
Forvita Margarine Sachet 200 gr Rp7.000
Fitri Margarine Serbaguna 200 gr Rp7.500
Palmia Royal Butter Margarine 200 gr Rp8.700
Mentega Cake and 200 gr Rp10.900
Blue Band Margarine Serbaguna 200 gr Rp13.100

Informasi harga mentega di atas telah kami rangkum dari resmi Indomaret. Selain di Indomaret, beberapa produk yang sama dapat Anda temukan di Alfamart dengan harga bersaing.

Harga Mentega/Margarin Sachet di Alfamart

Merk Mentega/Margarin Sachet Harga
Filma Margarine Sachet 200 gr Rp7.500
Forvita Margarine Sachet 200 gr Rp7.400
Blue Band Mentega Cake and Cookies 200 gr Rp10.900
Blue Band Margarine Serbaguna 200 gr Rp9.900
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga mentega di atas telah kami rangkum dari aplikasi resmi Alfamart. Apabila Anda tidak menemukan produk yang dicari bisa beralih ke situs marketplace terpercaya.

Mentega/Margarin yang Dapat di Olah - (insanelygoodrecipes.com)
Mentega/Margarin yang Dapat di Olah – (insanelygoodrecipes.com)

Harga Mentega/Margarin Sachet di Online Shop

Merk Mentega/Margarin Sachet Harga
Blue Band Rice Mix BBQ Seasoning Sachet 45 gr Rp4.950
Blue Band Rice Mix Ayam 45 gr Rp4.950
Vitas Margarin Sachet 200 gr Rp5.150
Medalia Margarine Sachet 200 gr Rp5.500
Rose Brand Margarine 200 gr Rp7.200
Marmila Margarine Susu Vanila Sachet 250 gr Rp12.500
Butterland Margarine Sachet 250 gr Rp13.000
Blue Band Margarin 15 gr 1 renteng 12 sachet Rp25.000
Royal Palmia Mentega 200 gr 1 dus isi 60 sachet Rp515.000

Perlu diketahui, harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Sebagai perbandingan, tahun lalu, Medalia Margarine Sachet 200 gr ditawarkan Rp4 ribuan, sedangkan Vitas Margarin Sachet 200 gr seharga Rp5.500 per kemasan. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko bahan kue/grosir terdekat.

[Update: Ditta]

[1] S. Y., Sufi dan Julianti H. 2007. Panduan Wirausaha Membuat Kue Kering. Jakarta: AgroMedia, hlm 5.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *