Info Harga Tali (Kabel) Gas Yamaha Mio Original & KW

Sejak beberapa tahun silam, kehadiran sepeda motor matic atau motor dengan transmisi otomatis memang cukup mendapat tempat di hati konsumen di Indonesia. Terbukti, penjualan motor matic dari tahun ke tahun cukup tinggi dan berhasil mengalahkan penjualan di segmen motor lainnya seperti motor bebek dan juga motor .

informasi, info, harga, kabel, tali, gas, yamaha, mio, matic, lama, baru, j, sporty, soul, nouvo, berapa, jual, beli, dimana, lokal, ori, orisinil, orisinal, original, kw, smile, thailand, panjang, matic, skutik, skuter, murah

Ilustrasi: alu lintas motor skutik di jalan raya (sumber: bikermart.com)

Alasan motor skuter matik alias skutik cukup disukai oleh konsumen sebenarnya sederhana saja, motor matic menawarkan kemudahan dan kenyamanan saat dikendarai. Seperti diketahui, beberapa orang mungkin merasa motor dengan persneling atau ‘gigi’ cukup rumit dan melelahkan untuk dikendarai karena fungsi rem dan untuk perpindahan gigi ada di kaki.

Sedangkan motor matic justru sebaliknya, motor matic hadir dengan transmisi sehingga memudahkan pengendaranya untuk langsung menarik tuas gas tanpa perlu dipusingkan dengan perpindahan gigi. Berbeda dari motor bebek atau sport, fitur rem belakang dan depan pada motor matic semuanya diletakkan di posisi tangan (kiri dan kanan).

Secara segi , motor matic memang cukup berbeda dari motor moped (bebek) dan sport, motor matik dan roda belakang tersambung langsung dengan v-belt. Oleh sebab itu saat tuas gas dibuka, maka secara otomatis roda belakang pun akan ikut berputar. Namun sebagian dari Anda pemilik motor matic mungkin pernah mengalami masalah yang sama, yakni tarikan gas rasanya seperti tersendat atau agak berat. Lantas apa jadinya bila ada masalah dengan kabel gas motor matic Anda? Hal ini tentu saja bisa berakibat sangat fatal.

Baca juga  Besaran Tarif Pajak Honda BeAT 2014-2018

Kabel atau tali gas berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan volume bakar pada mesin. Karena fungsinya begitu vital, tentunya Anda harus memperhatikan kondisi kabel gas supaya selalu berada dalam keadaan baik dan prima. Kabel gas juga merupakan salah satu yang akan selalu bekerja ketika motor digunakan untuk berkendara. Selain bekerja maksimal, kabel gas pun harus lebih enteng ketika dioperasikan supaya lebih meningkatkan kenyamanan Anda saat berkendara.

Komponen yang paling bertanggung jawab dalam hal fungsi tarikan gas sepeda motor adalah kabel gas. Khusus pada sepeda motor skuter matik ada beberapa yang hal harus diperhatikan ketika memeriksa kabel gas. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika hendak melakukan pemeriksaan kabel gas pada motor matik.

Pertama, lakukan pemeriksaan kabel gas secara berkala. Lakukan pemeriksaan kondisi kabel apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah saatnya untuk diganti dengan kabel atau tali gas yang . Cari tahu dan periksa secara saksama, apakah ada bagian yang berkarat atau tidak, terutama pada bagian kabel as. Ada baiknya jika Anda segera mengganti kabel gas apabila Anda menemukan ada bagian yang berkarat pada kabel as. Hal ini penting untuk dilakukan demi mengantisipasi kemungkinan buruk apabila kabel gas tiba-tiba saja terputus ketika motor sedang Anda gunakan untuk berkendara.

informasi, info, harga, kabel, tali, gas, yamaha, mio, matic, lama, baru, j, sporty, soul, nouvo, berapa, jual, beli, dimana, lokal, ori, orisinil, orisinal, original, kw, smile, thailand, panjang, matic, skutik, skuter, murah

Tali gas Mio (sumber: Tokopedia)

Yang kedua, Anda dapat memeriksa kabel gas yang letaknya berada di dekat tuas gas. Pastikan kondisi kabel gas tersebut dalam posisi aman, yakni tidak terpuntir, tertekuk, atau bahkan terjepit. Untuk mengatasi permasalahan kabel yang terjepit atau sebagainya, Anda bisa sedikit melonggarkan bagian klem.

Baca juga  Update Harga Yamaha Majesty 125, Majesty 250, dan Majesty 400

Perlu Anda ingat bahwa kerusakan pada bagian kabel gas termasuk jenis kerusakan serius dan bila Anda tak memiliki keahlian dalam bidang mesin, sebaiknya penggantian kabel gas dilakukan di terdekat atau resmi. Ini dilakukan guna memastikan agar pemasangan kabel gas dilakukan oleh ahlinya dan tidak mengalami kesalahan, misalnya saja gas yang ‘tersangkut’ atau kondisi di mana gas tetap pada posisi tarikan penuh dan tidak mau kembali ke posisi netral atau posisi semula (posisi awal).

Nah, bagi Anda pemilik sepeda motor matic Yamaha Mio yang mungkin kabel gasnya bermasalah dan hendak mengganti sendiri di rumah, Anda tak perlu kebingungan mencari sparepart motor satu ini. Pasalnya sudah banyak pedagang yang menjual onderdil kabel atau tali gas Yamaha Mio, mulai dari yang KW hingga original Yamaha. Anda bisa memilih sendiri jenis dan tali gas seperti apa yang paling Anda butuhkan dan cocok dengan budget.

Baca juga  Update Harga Minyak Rem Sepeda Motor (Semua Merk)

Harga tali gas Mio dipatok cukup bervariasi. Misalnya saja untuk kabel gas asli Yamaha Mio dijual dengan harga Rp 61 ribuan, kabel gas Mio J harganya mencapai Rp 125 ribuan, kabel gas Mio Soul ori Yamaha Genuine Parts (YGP) Rp 72 ribuan, kabel gas Mio M3 Rp 102 ribuan, kabel gas Mio/Fino SPS Racing Thailand Rp 175 ribuan, kabel gas Mio Sporty merk Denshin Rp 25 ribuan, lokal atau KW seperti Macho harganya Rp 30 ribuan, merk Hirose Rp 20 ribuan, Tokaido Rp 21 ribuan, dan yang lebih mahal lagi ada kabel gas warna carbon asal Thailand yang harganya bisa dibanderol mencapai Rp 155 ribuan.

Perlu diketahui bahwa harga tali atau kabel gas Yamaha Mio bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kabel gas Mio yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung promo atau penawaran pihak penjual. Anda bisa mencari tali atau kabel gas Yamaha Mio di bengkel atau toko-toko onderdil motor terdekat yang ada di dekat tempat tinggal Anda. Namun bila Anda kesulitan menemukannya di bengkel terdekat, Anda juga bisa mencari kabel gas Mio secara online di sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Tali (Kabel) Gas Yamaha Mio Original & KW"