Resep dan Update Harga Nastar Kiloan (Kacang, Nanas, Wisman dll)

Ada banyak kue favorit saat Lebaran, salah satunya nastar. Kue nastar adalah jenis kue kering yang terbuat dari tepung terigu, gula halus, margarin, dan kuning dan diisi selai buah.[1] Kue ini sering berdampingan dengan beberapa jenis kue lainnya, seperti kastengel dan putri salju. Tidak hanya saat Idul Fitri, nastar juga kerap disuguhkan kepada tamu pada hari-hari biasa. Nah, apabila Anda juga ingin membeli kue nastar kemasan kiloan, sekarang dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Adonan kue nastar (sumber: popbela.com)
Adonan kue nastar (sumber: popbela.com)

Sebelum kita membahas mengenai harga kue nastar di pasaran, Anda mungkin tertarik membuat kue nastar sendiri. Sebagian besar orang menjadikan kue nastar sebagai salah satu peluang bisnis. Apalagi menjelang Lebaran, semakin banyak orang menjual kue nastar dengan sejumlah yang menarik. Banyaknya orang menjajal bisnis kue nastar karena meningkatnya konsumen saat Lebaran tiba. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri kue nastar dengan rasa lebih lembut, renyah, dan kaya rasa, berikut kami sajikan resep kue nastar rumahan yang sederhana.

Bacaan Lainnya

Resep Kue Nastar

  • Menyiapkan bahan selai. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, siapkan bahan untuk membuat selai isian nastar. Bahan tersebut antara lain gula pasir 200 gr, kayu manis 2 batang, nanas 1 buah diparut dan dihancurkan dengan blender, dan cengkeh 3 butir.
  • Membuat selai nanas. Langkah berikutnya, Anda harus membuat selai nanas. Cara ini mudah dipelajari dengan memasukkan nanas, kayu manis, dan cengkeh ke dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil. Aduk hingga air di panci menyusut dan adonan selai menjadi agak lengket. Setelah lengket, sambil menunggu dingin, Anda bisa memasukkan gula sedikit demi sedikit dan mengaduknya.
  • Membuat isian nastar. Setelah selai agak dingin, bungkus tangan Anda dengan sarung tangan plastik. selai menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai dengan keinginan Anda. Semakin besar bulatannya, akan semakin besar pula ukuran kue nastar Anda. Masukkan selai ke dalam freezer agar sedikit membeku dan buat adonan luar.
  • Membuat adonan luar. Untuk adonan luar, Anda memerlukan mixer dan wadah berupa baskom kecil. Kocok mentega 150 gr, margarin 100 gr, gula halus 90 gr, dan vanili ¼ sendok teh hingga adonan lembek. Masukkan kuning telur satu per satu sebanyak 3 butir dan aduk kembali memakai mixer hingga merata. Siapkan tepung terigu protein rendah sebanyak 350 gr dan susu bubuk 50 gr, dicampur menggunakan sendok kayu dan masukkan adonan ke dalam plastik, lalu dinginkan di kulkas selama 1 jam.
  • Membentuk nastar. Keluarkan adonan isian dan luar dari kulkas, gunakan alat penggilas untuk membuat ketebalan yang pas pada adonan luar. Cetaklah adonan luar menggunakan gelas dan masukkan adonan isi di bagian dalam adonan luar, lalu bentuk menyerupai bulatan sesuai keinginan Anda.
  • Membakar kue nastar. Tata bulatan adonan nastar dengan jarak 2 cm di dalam loyang yang sudah dilapisi dengan kain roti dan dioles mentega. Panggang kue dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 20 menit. Keluarkan kue dan olesi dengan kuning telur/madu, lalu panggang lagi selama 15 menit hingga permukaannya berwarna kuning kecokelatan.
  • Kue nastar yang sudah matang bisa didinginkan terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam toples kedap udara. Nastar tanpa bahan pengawet seperti ini dapat tahan selama 3 minggu hingga 2 jika dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah nastar jadi, jangan lupa untuk menyortir bagian yang akan dijual atau yang dikonsumsi sendiri.

Jika Anda masih kerepotan untuk membuat nastar sendiri di rumah, Anda juga bisa membelinya di pasar dan mengemasnya ulang. Nastar di pasar tidak hanya dijual dalam kemasan plastik atau toples, beberapa penjual menjualnya secara kiloan. Nastar kiloan tentunya lebih murah dan hemat jika dibanding dengan nastar yang dijual di toples, walaupun dijumpai pula nastar kiloan bermerek dengan harga mahal. Berikut ini kami sajikan daftar harga nastar kiloan yang ada di pasaran.

Jenis Kue Kering Nastar - www.orami.co.id
Jenis Kue Kering Nastar – www.orami.co.id

Harga Nastar Kiloan

Varian NastarHarga
Nastar KacangRp87.000 per kg
Nastar LipatRp90.000 per kg
Nastar NanasRp97.800 per kg
Nastar Rp110.000 per kg
Nastar Nanas Bentuk LoveRp120.000 per kg
Nastar Karakter MinionRp180.000 per kg
Nastar Karakter Angry BirdRp180.000 per kg
Nastar Karakter KeropiRp180.000 per kg
Nastar Wisman BiasaRp183.000 per kg
Nastar Gulung Selai NanasRp191.250 per kg
Nastar Wisman PremiumRp269.000 per kg
Nastar Wisman Super Low SugarRp650.000 per kg

Informasi harga nastar kiloan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual online dan kebanyakan adalah buatan rumah tangga alias homemade. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kue kering ini cenderung naik. Nastar Wisman biasa misalnya, awalnya dijual Rp180 ribu per kg dan sekarang menjadi Rp183 ribuan per kg. Sementara itu, harga nastar lipat yang semula Rp80 ribu, saat ini naik menjadi Rp90 ribuan per kg.

Membeli Nastar Kiloan - (www.blibli.com)
Membeli Nastar Kiloan – (www.blibli.com)

Kue nastar umumnya dijual dalam kemasan toples dengan berat bervariasi, mulai 200 . Di Holland Bakery misalnya, nastar kemasan toples segi 8 ditawarkan dengan harga mulai Rp136.900, sedangkan nastar berbentuk jambu seharga Rp77.500 per toples. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko kue terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Ariyani, Syarifah. 2015. Perbedaan Kue Nastar Hasil Eksperimen dengan Bahan Dasar yang Disubstitusi Menggunakan Tepung Gembili (Skripsi). Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *