Info Terbaru Harga Lampu Neon Kecil untuk Etalase

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan neon. Ini adalah lampu yang umum digunakan di rumah, toko-toko, gedung pemerintahan, maupun bangunan lainnya. Di pasaran sendiri, selain lampu neon berukuran besar, juga tersedia lampu neon berukuran kecil, yang dijual dengan bervariasi, tergantung dan daya yang ditawarkan.

Sekilas Tentang Lampu Neon

Lampu neon atau tubular lamp (TL) sebenarnya merupakan bagian dari lampu pendar, selain lampu hemat energi (LHE). Lampu pendar sendiri adalah salah satu jenis lampu lucutan gas yang menggunakan daya untuk eksitasi uap raksa. Uap raksa yang ter-eksitasi itu kemudian menghasilkan gelombang cahaya ultraungu, yang pada gilirannya menyebabkan lapisan fosfor berpendar dan menghasilkan cahaya kasat mata.

Lampu Neon Kecil - www.tokopedia.com

Lampu Neon Kecil - www.tokopedia.com

Lampu pendar generasi pertama dipatenkan oleh dokumen paten US Patent No. 889,692 pada tahun 1901 silam oleh Peter Cooper Hewitt, seorang berkebangsaan Amerika Serikat. Lampu pendar tersebut bekerja dengan uap raksa tekanan rendah dan adalah prototipe pertama dari lampu pendar masa kini. Lampu tersebut digunakan untuk studio fotografi dan industri.

Kemudian, pada tahun 1927, Edmund Germer, Friedrich Meyer, dan Hans Spanner mematenkan lampu dengan uap bertekanan tinggi dengan US Patent No. 2,182,732, dan berikutnya George Inman bekerja sama dengan General Electric (GE) untuk membuat lampu pendar yang praktis. Lampu tersebut pertama dijual pada tahun 1938 dan dipatenkan pada tanggal 14 Oktober 1941 dengan US Patent No. 2,259,040. Paten inilah yang kemudian dianggap menjadi dasar dari pembuatan lampu pendar modern.

Lampu neon ini secara umum terdiri dari kaca yang pada permukaan bagian dalamnya dilapisi fosfor dan diisi dengan uap/gas mercury bercampur argon.  Pada tiap ujung diberi sambungan elektroda untuk mengaliri aliran listrik. Jika diberi aliran listrik, partikel-partikel gas akan bereaksi oleh pengaruh muatan-muatan listrik hingga menyebabkan terjadinya radiasi sinar ultraviolet.  Radiasi ultraviolet ini kemudian akan menyebabkan lapisan fosfor pada dinding bagian dalam memendarkan cahaya yang terang yang nyata terlihat oleh mata.

Untuk memperoleh state awal terjadinya radiasi, partikel-partikel gas di dalam tabung perlu untuk dipanaskan.  Itulah sebabnya pada setiap ujung tabung terdapat dua sambungan elektroda, dengan di antara dua elektroda ini terdapat filamen pemanas (heater) yang terpasang di dalam tabung. Pada heater ini, diberikan tegangan kecil agar heater bisa memanaskan.

Bentuk lampu neon memiliki beragam model, namun umumnya dikenal di pasaran dengan bentuk tabung panjang, tabung melingkar, dan tabung spiral. Pemilihan bentuk neon ini dapat disesuaikan dengan yang Anda butuhkan. Untuk pemakaian di ruang tamu misalnya, Anda lebih baik menggunakan lampu neon melingkar, sedangkan lampu neon bentuk panjang bisa digunakan di kantor karena selain ‘lebih formal’, juga dikatakan dapat menciptakan suasana kerja yang baik.

Kelebihan utama lampu neon adalah mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang. Selain itu, lampu ini juga diklaim memiliki umur pemakaian yang panjang, penggunaan daya listrik yang lebih hemat, serta bentuk yang variatif. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian pemerintah Indonesia sempat mencanangkan program penggantian lampu pijar dengan lampu neon secara gratis.

Lampu Neon - blog.urbanindo.com

Lampu Neon - blog.urbanindo.com

Mengapa lampu ini bisa lebih hemat jika dibandingkan dengan lampu pijar? Ini karena panas yang diperlukan untuk memanaskan filamen agar memancarkan elektron tidak terlalu besar. Selain itu, proses perpendarannya juga tidak memerlukan energi panas. Bandingkan dengan lampu pijar yang memerlukan panas cukup besar karena harus membuat filamen benar-benar memancarkan cahaya. Akibatnya, lampu pijar juga menghasilkan panas yang sebenarnya tidak diperlukan.

Selain normal, lampu neon juga tersedia dalam yang mini atau kecil. Umumnya, lampu neon jenis ini digunakan untuk menerangi etalase toko. Selain itu, lampu neon kecil juga banyak dipakai untuk menerangi akuarium di rumah, dan tersedia dalam varian warna, mulai putih, kuning, hingga biru. Namun, mengenai daya, lampu neon jenis ini tidak banyak berbeda dengan lampu neon berukuran normal.

Jika Anda sedang mencari lampu neon kecil, tidak sulit. Pasalnya, lampu neon ini sudah dijual bebas di pasaran dan hadir dalam berbagai ukuran panjang, daya, serta merek. Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga lampu neon kecil di pasaran saat ini.

Harga Lampu Neon Kecil

Merek/ Lampu Neon KecilKisaran Harga 
Philips T5 14 Watt, panjang 55 cm, warna putih dan kuningRp28.000
Heraton T5 4 WattRp28.000
Glorious T5 8 Watt, panjang 30 cm, warna putih cool daylightRp30.000 – Rp40.000
ATN Light T5 8 Watt, panjang 30 cm, warna putih dan biruRp35.000
ATN Light T5 14 Watt, panjang 62 cm, warna putih, biru, dan merahRp42.500
Heraton T5 16 WattRp54.000
Philips T5 21 Watt, panjang 90 cmRp67.500
Brilux T5 4 Watt, panjang 30 cm, warna putih, LEDRp90.000 – Rp98.000
Aquazonic T5 24 Watt, warna biruRp140.000

Di samping itu, ada beberapa penjual yang menawarkan lampu neon kecil dengan harga mulai Rp30 ribuan hingga Rp50 ribuan, yang sayangnya tidak mencantumkan nama merek lampu yang bersangkutan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi toko elektronik di sekitar domisili atau tempat tinggal Anda, atau mengunjungi beberapa situs jual beli online.

Lampu Neon Kecil - indonesian.alibaba.com

Lampu Neon Kecil - indonesian.alibaba.com

(Panca)

Baca juga  Update Harga Alat Slow Start Inverator, Anti Listrik Jeglek
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Lampu Neon Kecil untuk Etalase"