Harga Kendang Koplo 1 Set Lengkap

No comment1270 views

Seiring dengan meningkatnya pamor dangdut pantura, popularitas kendang koplo juga semakin naik. Banyak masyarakat yang ingin belajar mendalami yang satu ini. Di sendiri, berbagai kendang koplo juga telah dijual bebas, dengan yang berada di kisaran ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per set.

Musisi memainkan kendang koplo (youtube: Dangdut Cover)

memainkan kendang koplo (youtube: Dangdut Cover)

Sebelum membahas mengenai kendang koplo, tidak ada salahnya kita mengulik sedikit tentang dangdut koplo, genre musik yang identik dengan alat ini. Dilansir Tirto.id, perkembangan dangdut koplo tidak bisa dilepaskan dari perkembangan musik dangdut di Indonesia. Berakar dari orkes Melayu yang nuansa musiknya sangat dipengaruhi musik (film) India dan musik populer Timur Tengah, dengan irama gendang dan suling yang menjadi khas, dangdut mulai berkembang pada 1950-an dan 1960-an. Sejumlah musisi seperti Ellya Khadam, Munif Bahasuan, dan A. Rafiq dikenal sebagai musisi periode tersebut.

Selain unsur-unsur yang berasal dari luar negeri, dangdut juga berbaur dengan elemen musik lokal. Andrew Weintraub, dalam Dangdut Stories, menyebutkan bahwa setelah kejatuhan Presiden Soeharto, dangdut etnik menyebar dan merasuki kancah musik lokal di banyak bagian di Indonesia. Ditandai ulang sebagai musik nasional pada 1980-an dan 1990-an, dangdut kemudian berkembang menjadi sesuatu yang ‘etnik’ dan ‘kedaerahan’ pada milenium ketiga.

Di Sumatera Barat, berkembang saluang dangdut Minang, sedangkan di Jawa Barat berkembang jaipong-dut Sunda dan tarling Cirebonan. Sementara itu, di Provinsi Jawa Timur, berkembang dangdut koplo. Kancah koplo inilah yang melahirkan nama-nama penyanyi beken semacam Via Vallen, Nella Kharisma, dan lain-lain.

Dangdut koplo sendiri memiliki format yang berbeda dengan dangdut pada umumnya. Hal yang membedakan tersebut tidak lain adalah pola tabuhan gendang yang mengiringinya. Berdasarkan pola yang dipetakan Weintraub, irama gendang dangdut koplo mengandung tabuhan “dang” dua kali lebih banyak daripada “dut”. Ia juga memiliki tempo lebih cepat dari irama gendang dangdut biasanya.

Pengertian Kendang Koplo

Dalam genre dangdut koplo, kendang memerankan fungsi total sekaligus pembeda dari dangdut biasanya. Menurut Slamet Rudi Hartono, atau akrab disapa Cak Met, kendang koplo dalam dangdut koplo memiliki hitungan 4/4, sedangkan pada dangdut biasa 3/4. Jadi, permainan kendang koplo lebih rapat, dan terkadang lebih cepat.

Kendang koplo (sumber: jualo.com)

Kendang koplo (sumber: jualo.com)

Kendang koplo sendiri setidaknya terdiri dari dua bagian, satu kendang berukuran lebih besar daripada lainnya. Kendang yang lebih besar menghasilkan tiga suara, yaitu “dang”, “du-ut”, dan “dut”. Sementara, kendang yang lebih kecil (biasanya ada di sebelah kanan) menghasilkan dua suara, yaitu “tak” dan “tung”.

Masih menurut sumber yang sama, “dang’ adalah nada rendah yang dihasilkan dari pangkal telapak tangan kiri yang diletakkan perlahan pada ujung kendang, dan memukul bagian tengah kendang dengan telunjuk atau jari tengah. Kemudian, bunyi “du-ut” diperoleh dari pangkal telapak tangan yang diletakkan pelan di bagian tengah, dengan lebih dulu memukul ujung kendang dengan jari tengah atau telunjuk, serta pemain bisa memajukan atau memundurkan tangan. Sementara, untuk mendapatkan bunyi “dut”, pemain kendang akan menghantam ujung atas kendang dengan jari tengah atau telunjuk.

Nah, di sisi kanan, suara “tak” dapat dihasilkan dari memukul tengah kendang dengan telunjuk, mengarah ke bagian pinggir. Sementara, untuk memperoleh nada “tung”, kendang dimainkan dengan cara yang sama dengan bunyi “tak”, tetapi tapi suaranya berbeda karena model kendang yang berbeda pula.

Memiliki posisi vital dalam genre dangdut koplo, tidak heran jika kemudian banyak pemain kendang koplo yang sering menjadi ikon. Selain Cak Met, ada juga Waryo dari OM Armega yang diklaim sebagai dua pemain kendang yang memopulerkan ketukan koplo. Cat Met sendiri bahkan sudah punya basis penggemar yang menembus batas daerah.

Bahan dan Proses Pembuatan Kendang Koplo

Kendang, atau gendang, biasanya dibuat dari nangka dan kulit sapi. Pembuatan instrumen ini terdiri dari beberapa tahap. Setelah bahan sudah tersedia, kulit sapi dipasang pada tepi lingkaran kendang supaya bisa menghasilkan bunyi tabuh kendang. Kemudian, dilakukan proses penjemuran selama sekitar tiga hari untuk pengeringan kulit sapi.

Produk kendang koplo (sumber: mexinsta.com)

Produk kendang koplo (sumber: mexinsta.com)

Jika kulit sapi dirasa sudah mengering, pelitur dan pewarnaan kendang dilakukan. Proses berikutnya adalah pemasangan tali dan simpai. Tali dan simpai ini dipasang untuk proses akhir, yaitu penyetelan nada kendang yang biasa disebut nyetel. Tali ontog, yang juga dibuat dari kulit sapi, dipasang pada tepi lingkaran mulut kendang sebagai pemanis.

Memang, proses pembuatan kendang koplo, dan kendang pada umumnya, tidak simpel. Dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk bisa membuat kendang koplo yang berkualitas. Namun, apabila Anda mengidamkan yang satu ini, tidak perlu khawatir. Karena instrumen tersebut sudah dijual bebas di pasaran. Berikut informasi terbaru kisaran harga kendang koplo di Indonesia.

Harga Kendang Koplo

Model Kendang KoploHarga
Kendang Koplo Kayu MahoniRp130.000
Kendang Koplo Bodi ParalonRp165.000
Kendang Koplo Bodi PlatRp210.500
Kendang Koplo Bodi Stainless SteelRp225.000
Kendang Koplo Kayu ManggaRp530.000
Kendang Koplo Kayu plus StandRp700.000
Kendang Koplo Kayu Nangka plus Stand LipatRp1.100.000

Harga kendang koplo di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko instrumen musik dan situs jual beli online. Harga kendang koplo tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung mengunjungi perajin kendang koplo atau toko alat musik terdekat di sekitar domisili Anda.

Baca juga  Harga dan Cara Memelihara Guinea Pig
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kendang Koplo 1 Set Lengkap"