Harga Cendo Lyteers (Drop 15 ml & Minidose )

No comment1 views

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang rentan mengalami masalah, seperti , mata kering, hingga mata merah. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian ditemukan banyak produk tetes mata di pasaran. Nah, salah satu yang cukup populer adalah Cendo Lyteers, yang saat ini ditawarkan dengan berkisar Rp25 ribu sampai Rp30 ribuan per 15 ml.

Kemasan obat tetes mata Cendo Lyteers (sumber: Tokopedia)

Kemasan obat tetes mata Cendo Lyteers (sumber: Tokopedia)

Dilansir dari Alodokter.com, iritasi mata memang tidak boleh dibiarkan berkepanjangan. Pasalnya, iritasi mata dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sebagian penyebabnya bersifat menular Iritasi mata sendiri dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti alergi, asap rokok, pasir, debu, serpihan kayu, lensa kontak, hingga infeksi.

Masih menurut sumber yang sama, iritasi mata dapat pulih jika Anda memahami cara-cara untuk mengatasinya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati iritasi pada mata Anda.

  • Cari tahu jenis-jenis iritasi yang kemungkinan dialami, apakah disebabkan oleh bakteri, disebabkan oleh , atau disebabkan oleh alergi. Umumnya, iritasi mata adalah mata merah, berair, dan .
  • Cuci tangan sebelum membersihkan mata. Dengan tangan yang , bersihkan mata yang mengalami iritasi beberapa kali sehari.
  • Rendam kain lembut di dalam air hangat atau dingin. Lalu, peras dan tekan secara perlahan-lahan pada mata yang terinfeksi. Segera ganti lap sebelum beralih ke mata yang lain untuk menghindari penularan.
  • Hindari penggunaan lensa kontak karena dapat menyebabkan iritasi mata dan bakteri yang terperangkap mengakibatkan konjungtivitis.

Berbagai obat tetes mata yang dijual bebas mungkin efektif untuk kebanyakan penderita konjungtivitis. Iritasi mata akibat bakteri dapat diredakan dengan tetes mata antibiotik. Iritasi mata akibat alergi bisa diatasi dengan tetes mata kortikosteroid atau antihistamin. Sementara, salep antibiotik dapat juga digunakan sebagai alternatif obat tetes mata.

Kandungan dan Indikasi Cendo Lyteers

Tidak sulit menemukan obat tetes mata karena sudah banyak merek yang dijual di pasaran. Salah satu brand yang cukup terkenal di kalangan konsumen adalah Cendo Lyteers. Ini adalah obat tetes mata produksi PT Cendo Pharmaceutical Industries dengan formula yang diklaim menyerupai air mata. Cendo Lyteers sendiri kerap digunakan untuk mengatasi mata merah dan sejenisnya.

Menggunakan obat tetes mata

Menggunakan obat tetes mata

Cendo Lyteers sering dibandingkan dengan Cendo Eyefresh. Meski sama-sama obat mata, rupanya peruntukan kedua obat ini berbeda. Cendo Eyefresh bekerja untuk mengatasi iritasi dan infeksi pada mata tanpa mengganti cairan mata yang kering. Sementara, Cendo Lyteers digunakan sebagai pengganti air mata pada orang yang produksi air matanya kurang. Air mata sendiri dibutuhkan untuk membasuh, membersihkan, melicinkan, serta mengurangi ketegangan pada mata.

Cendo Lyteers memiliki kandungan zat aktif ion Natrium dan Kalium, serta Benzalkonium klorida. Dalam setiap kemasan Cendo Lyteers, mengandung Sodium chloride sebanyak 4,4 mg dan Kalium chlorid sebanyak 0,8 mg. Cendo Lyteers berfungsi untuk membantu melumasi dan menyejukkan mata kering akibat kekurangan cairan air mata, iritasi seperti mata merah, penggunaan lensa kontak alias soft lens, gangguan penglihatan, serta membantu melindungi mata dari iritasi lebih lanjut. Cendo Lyteers juga digunakan untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat iritasi mata ringan karena terkena matahari dan angin.

Obat tetes mata Cendo Lyteers terdiri dari 2 pilihan kemasan, yang pertama Cendo Lyteers Sterile Eye Drops kemasan botol kecil isi 15 ml dan Cendo Lyteers Minidose kemasan strip isi 5 botol PE @0,6 ml. Anda bisa membeli obat tetes mata ini di berbagai toko obat maupun apotek (apotik) di sekitar tempat tinggal Anda. Berikut harga Cendo Lyteers di pasaran Tanah Air.

Harga Cendo Lyteers

Kemasan Cendo LyteersHarga
Cendo Lyteers 15 mlRp25.000 – Rp30.000
Cendo Lyteers Minidose 0,6 mlRp23.000 – Rp25.000 per strip

Efek Samping Cendo Lyteers

Menggunakan obat tetes mata (sumber: verywellhealth.com)

Menggunakan obat tetes mata (sumber: verywellhealth.com)

Produk obat tetes mata Cendo Lyteers diklaim tidak akan menimbulkan efek samping apabila digunakan sesuai dengan anjuran dokter. Meski demikian, mungkin saja timbul efek samping pada beberapa orang. Hingga kini, kabarnya masih belum ditemukan adanya efek samping yang mungkin akan Anda rasakan selama menggunakan obat Cendo Lyteers, kecuali reaksi hipersensitivitas apabila Anda memiliki alergi terhadap komponen yang terkandung dalam obat ini.

Cendo Lyteers sendiri adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi dan jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.

Yang perlu Anda perhatikan, produk seperti tetes mata Cendo Lyteers atau produk-produk lainnya sebenarnya tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang meskipun diklaim aman dan tanpa efek samping. Pasalnya, pemakaian obat tetes mata secara berlebihan dalam jangka panjang justru akan meningkatkan risiko mata Anda mengalami iritasi lebih lanjut. Sebaiknya, gunakan obat tetes mata hanya bila diperlukan atau sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan oleh dokter.

Iritasi mata akibat konjungtivitis virus dan bakteri dapat menular dengan cepat. Penderita yang sudah sembuh juga dapat terinfeksi kembali jika virus atau bakteri menyebar ke anggota keluarga yang tinggal serumah. Untuk mencegah penularan, sebaiknya ambil cuti kerja, hindari menyentuh mata secara langsung dengan tangan, tunda penggunaan semua produk yang melibatkan mata, seperti kosmetik, serta cuci handuk dan sarung bantal setiap hari selama gejala belum mereda.

Baca juga  Harga Semua Varian Produk Betadine Feminine
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Cendo Lyteers (Drop 15 ml & Minidose )"