Info Harga Kasa Steril dalam Berbagai Merek & Ukuran

Luka yang didapat karena terkena pisau, jatuh, atau tergores benda tajam lainnya memang menyakitkan. Selain menimbulkan rasa perih, luka-luka tersebut biasanya menyebabkan Anda terbuka dan mengeluarkan darah. Luka semacam itu harus segera ditangani agar tidak terinfeksi dan bisa segera menutup dengan sempurna tanpa menimbulkan bekas. Sampai saat ini ada beragam yang dapat digunakan untuk menutupi luka, mulai dari plester khusus luka hingga kain kasa dalam berbagai ukuran dan jenis.

Kasa steril (sumber: shutterstock)

Kasa steril (sumber: shutterstock)

Gaas atau kain kasa berasal dari Bahasa Belanda yang saat ini telah diterjemahkan dalam Bahasa dan lebih umum disebut kasa atau kain kasa. Kasa banyak ditemukan dalam kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) karena fungsi utamanya yang dapat digunakan untuk menutup atau membalut luka. Kasa steril ukurannya ada beragam dan umumnya dijual dengan cukup murah di pasaran.

Kasa steril ialah potongan-potongan pembalut kasa yang sudah disterilkan dan dibungkus sepotong demi sepotong. Pembungkus ini pun tidak boleh dibuka sebelum hendak dipergunakan. Kasa steril dipergunakan untuk menutup luka-luka kecil yang sudah didisinfeksi ataupun diobati (misalnya sudah ditutupi sofratulle), yaitu sebelum luka itu dibalut atau diplester.[1]

Kasa steril umumnya terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari kasa steril lebar 5 cm, kasa steril dengan lebar 10 cm, dan berbagai ukuran lainnya.Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis kain kasa.

Jenis Kain Kasa

  • Kasa hidrofil steril: kasa hidrofil steril yang paling banyak dipakai adalah dari ukuran 16 x 16 cm sampai ukuran 18 x 22 cm. Biasanya kasa hidrofil steril dijual dalam kemasan dus isi 1 lembar. Kegunaan ini adalah untuk menutupi luka-luka agar tidak terkontaminasi dengan kotoran, kuman, atau bakteri. Cara pemakaiannya pun mudah, karena hanya dilekatkan pada tubuh menggunakan plester.
  • Dressing (wound dressing): merupakan penutup luka. Istilah dressing berarti verband atau perban. Namun yang digolongkan dalam kasa adalah yang ukurannya pendek. Sedangkan di masyarakat umumnya lebih mengenal perban yang berukuran panjang.
  • Kasa yang mengandung : dikenal dalam berbagai , misalnya Supra-tulle (Heochst) yang merupakan kasa berisi antibiotik Soframycin yang dipakai untuk mengobati luka-luka baru. Lalu ada Daryant-tulle (Darya-Varia Jakarta); Bactigras, yaitu kasa steril berisi Chlorhexidine dalam parafin; Actisorb, dressing steril yang mengandung charcoal (arang); Jelonet, yakni kasa dressing steril yang mengandung paraffin jelly atau kerap disebut paraffin gauze.
Baca juga  Info Lengkap Harga Terbaru Produk Cream Wajah Rifskin

Kasa steril digunakan untuk berbagai keperluan operasi besar atau kecil, khitan, penutup luka, hingga bebat pusar bayi. Kain kasa umumnya relatif aman digunakan karena disterilisasi dengan radiasi sinar gamma yang tidak meninggalkan residu bahan kimia pada produk. Kasa steril pun memiliki daya serap tinggi lantaran dibuat dengan material 100% katun dengan kerapatan yang tinggi.

Daftar Harga Kasa Steril

Kasa steril (sumber: news-medical.net)

Kasa steril (sumber: news-medical.net)

Merek Kasa SterilHarga (Rp)
Kasa steril hidrofil One Med 4 m x 5 cm1.492
Kasa sterilHexa Husada3.000
Kasa steril Dasa Husada 16 x 16 cm3.000
Kasa steril Bunga Rose3.500
Kasa sterilhidrofile Moon Rina3.500
Kasa steril hidrofil Swallow 16 x 16 cm3.960
Kasa steril Tirta Husada4.000
Kasa steril Adinda 16 x 16 cm5.240
Kasa steril hidrofil One Med 4 m x 10 cm5.306
Kasa steril PF5.400
Kasa sterilNasaco 16 x 16 cm5.500
Kasa steril Amanda 16 x 16 cm5.850
Kasa steril Bunda Medica 16 x 16 cm7.200
Kasa steril Indolab7.500
Kasa sterilRajamed 10 x 10 cm7.500
Kasa steril kompres OneMed 40 x 40 cm10.000
Kasa sterilOneMed 16 x 16 cm10.560
Kasa sterilDwipa 16 x 16cm11.135
Kasa steril Husada 16/1614.073
Kasa sterilOneMed 7,5 x 7,5 cm 8 ply15.000
Kasa steril penutup luka Bactigras ukuran 10 x 10 cm16.200
Kasa steril DRC 16x16 cm17.875
Kasa steril Promedikhidrophile isi 10 lembar 5 cm x 4 yard18.888
Kasa steril 3M Dual Eco (Ref 8607)19.800
Kasa sterilOneMed 18 x 22 cm per box isi 22 pcs20.000
Kasa steril Smith & Nephew Opsite Post-op [9,5 x 8,5 cm]23.750
Kasa sterilPriya Farmasi 16 x 16 cm23.760
Kasa steril Narita Farma24.999
Kasa steril Ambicor35.600
Kasa steril hydrophileAlkafil per dos45.690
Kasa steril Bunga Biru 16 x 16 cm50.000
Baca juga  Manfaat, Kandungan dan Harga Salep Pi Kang Shuang

Informasi harga kasa steril di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga kasa steril dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kasa steril yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Produk kasa steril bisa Anda beli di sejumlah toko obat atau apotik terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Selain di apotek atau toko obat, Anda juga bisa membeli kasa steril secara online melalui sejumlah situs e-commerce di Indonesia.

Membalut Luka dengan Kasa

Membalut luka dengan kasa steril (sumber: news.osu.edu)

Membalut luka dengan kasa steril (sumber: news.osu.edu)

Meskipun kasa dirancang sedemikian rupa agar steril untuk digunakan menutup luka, rupanya bahan ini kurang begitu direkomendasikan untuk membalut luka ringan maupun luka kronis. Hal ini diutarakan langsung oleh spesialis luka Adisaputra.

“Paradigma awam menangani luka dengan menutup luka pakai kasa. Kasa itu membuat luka menjadi kering, semua air menguap. Umumnya luka harus dalam kondisi lembap, tidak kering tidak basah agar terbentuk jaringan baru dan luka menutup,” kata dr. Adi, seperti dilansir Antara. Oleh sebab itu, dr Adi menilai bahwa membiarkan luka terbuka agar cepat kering itu merupakan tindakan yang salah.

Baca juga  Update Terkini Khasiat dan Harga Sabun Kopi Untuk Kecantikan

Selain itu, kain kasa menurutnya juga tak mampu mencegah luka dari infeksi bakteri. Bahkan di salah satu studi menyebutkan bahwa bakteri masih dapat menembus hingga 64 lapis kain kasa. “Supaya bakteri tidak masuk butuh 65 lapis kasa diganti tiga kali sehari, tujuh hari seminggu,” bebernya.

Ia mengungkapkan bahwa pemakaian kain kasa kini sudah tak lagi dianjurkan untuk menutup luka karena merupakan cara lama. Penanganan luka, baik luka akut (terkena pisau, jatuh, atau tergores) maupun luka kronis (luka pada penderita diabetes) tetap harus ditutup untuk mencegah infeksi bakteri sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Dokter Adi lebih menyarankan pemakaian produk pengobatan luka yang lebih modern seperti foam dressing. Foam dressing sendiri merupakan pembalut luka dalam bentuk busa. Foam dressing diklaim dapat menyerap cairan berlebih, menjaga luka tetap lembap, tak terlalu banyak cairan yang keluar, serta dapat menghalangi bakteri masuk. Dibandingkan kasa steril, harga foam dressing memang relatif lebih mahal, berkisar mulai Rp18 ribuan per buahnya.

[1]Mohamad, K. 2005. Pertolongan Pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Kasa Steril dalam Berbagai Merek & Ukuran"