Update Harga Daihatsu Feroza SE (Special Edition)

Daihatsu Feroza merupakan kendaraan SUV yang dibangun oleh Daihatsu pertama kali pada tahun 1987 hingga memasuki milenium ketiga, dan sangat terkenal di kalangan pencinta off-road. Selain model konvensional, perusahaan juga sempat merilis varian Special Edition, yang saat ini produk bekasnya dijual di kisaran harga puluhan juta rupiah.

Daihatsu Feroza Special Edition buatan tahun 1995 (instagram: @awaslawas)
Daihatsu Feroza Special Edition buatan tahun 1995 (instagram: @awaslawas)

Review Daihatsu Feroza

Daihatsu Feroza sendiri berbeda dari rekannya, seperti Daihatsu Rocky maupun Daihatsu Taft yang membawa berbahan bakar diesel. Mobil ini adalah kandidat lain dari SUV Daihatsu yang dibekali dengan mesin bensin, meski mengusung desain bodi yang hampir sama dengan kedua rekannya. Ukuran Daihatsu Feroza lebih kecil dari Honda CRV generasi pertama, namun memiliki bodi yang lebih lebar. Selain AS dan Jepang, mobil ini juga dipasarkan ke Eropa dan juga Australia, serta Benua Asia.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia, Daihatsu Feroza pertama kali menyapa otomotif Tanah Air pada tahun 1992 silam dan dirakit secara lokal bersamaan dengan model Daihatsu Rocky dan Daihatsu Taft. Sayangnya, bensin yang diusung kendaraan ini tergolong under-power dan sangat boros. Karena alasan tersebut, tidak heran jika rekor penjualan Daihatsu Feroza masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Daihatsu Rocky maupun Daihatsu Taft. Setelah produksinya dihentikan, posisi kendaraan ini kemudian digantikan oleh Daihatsu Terios dan Daihatsu Taruna.

Baca juga  Update Harga Nebulizer Philips dan Merk Lain untuk Terapi Asma

Di bagian eksterior, sama seperti Daihatsu Taft dan Daihatsu Rocky, mobil ini membawa bodi berbentuk persegi dan minim dengan lekukan. Meski tidak menampilkan kesan yang modern, namun tampang luar Daihatsu Feroza sangat gagah dengan didukung oleh ground clearance yang tinggi. Sementara, pilar B didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai bar pelindung rollover.

Untuk sektor kabin atau interior, karena mobil ini awalnya lebih ditujukan sebagai mobil “pekerja keras”, maka Daihatsu mendesain bagian interior dengan tampilan yang minim fitur, kelistrikan, dan terlihat biasa saja. Namun, kendaraan ini memiliki kelebihan, yaitu pengemudi dan penumpang menjadi aman ketika melintasi jalanan yang berlumpur atau jalanan yang terkena dampak banjir, sehingga tidak terlalu dipusingkan dengan gejala trouble seperti yang sering menimpa mobil zaman sekarang. Selain itu, konfigurasi jok penumpang mobil ini juga tergolong bagus dengan menyisakan ruang kaki dan ruang lutut yang lapang.

Sebagai kendaraan off-road, Daihatsu Feroza tentunya telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Mobil ini menggendong mesin karburator dengan HD-C berkapasitas 1,6 liter, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 94 HP pada putaran 5.700 rpm dan mencapai torsi puncak menembus angka 127 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Sekilas, konfigurasi mobil ini terlihat lemah untuk mengangkat bodi kendaraan yang bongsor. Namun, mesin Daihatsu Feroza ternyata dicintai dan tergolong bagus jika dibandingkan karburator lainnya, karena telah dibekali konfigurasi 16 katup, bukan lagi 8 katup, sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan menjadi lebih besar.

Baca juga  Update Harga Air Fryer Maspion (Berbagai Tipe)

Selain mesin yang tangguh dan penampilan bodi yang gagah plus macho, Daihatsu Feroza juga memiliki beberapa kelebihan lain, salah satunya ground clearance yang tinggi. Dengan berbekal jarak antara bawah sasis dan tanah yang memadai, Daihatsu Feroza memiliki handling dan akselerasi yang lebih bagus jika dibandingkan Daihatsu Rocky maupun Daihatsu Taft, terutama ketika Anda membawa kendaraan ini mengarungi medan terjal dan berlumpur. Sekalipun mengusung jarak poros roda yang pendek, namun kenyamanan mobil ini masih berada di dalam ambang toleransi.

Daihatsu Feroza SE Special Edition (sumber: lacakharga.com)
Daihatsu Feroza SE Special Edition (sumber: lacakharga.com)

Spesifikasi Daihatsu Feroza

Kapasitas Mesin 1.589cc
Tipe Mesin OHC, 4 silinder segaris, 16 Valve
Diameter x Langkah 76 mm x 87,6 mm
Daya Maksimum 94 HP (70 kW) @ 5.700 rpm
Torsi Maksimum 127 Nm @ 4.800 rpm
Sistem Bahan Bakar Multi-point injection
Kecepatan Maksimum 93,2 mph (150 km/jam)
Akselerasi 0-100 km/jam 13,3 detik
Kapasitas Tangki 60 liter
Tempat Duduk 4 seat
Panjang 3.785 mm
Lebar 1.635 mm
Tinggi 1.720 mm
Jarak Poros Roda 2.175 mm
Front Track 1.335 mm
Backtrack 1.335 mm
Tipe Bahan Bakar Bensin
Drive Wheel All wheel drive (4×4)
Transmisi Manual. 5-speed
Suspensi Depan Double wishbone
Suspensi Belakang Spring
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Drum brake
Tipe Steering Steering rack, hydraulic steering
Konsumsi Bahan Bakar 12,4 liter per 100 km
Kosong 1.325 kg
Maksimal 1.650 kg
Ukuran Ban 195 R15
Baca juga  Update Harga Truk Mitsubishi Canter Bekas

Secara umum, Daihatsu Feroza dapat dibedakan menjadi tiga generasi, yaitu Feroza Standard yang dirilis tahun 1993 hingga 1996, Feroza SE (Special Edition) yang diluncurkan sekitar tahun 1994 sampai 1998, serta Feroza G2 yang mengaspal mulai tahun 1996 hingga 1999. Ketiga varian tersebut, meski sekilas tampak sama, namun memiliki kelebihan masing-masing.

Feroza generasi pertama dikatakan memiliki keunggulan pada sektor mesin yang lebih tangguh, demikian juga model Feroza SE. Sementara itu, untuk tipe Feroza G2, mengandalkan fitur yang lebih komplet, termasuk power window, power steering, control door lock, hingga suspensi independen yang lebih empuk atau halus.

Pengemudi Daihatsu Feroza Special Edition (instagram: @sisil_sinubyo)
Pengemudi Daihatsu Feroza Special Edition (instagram: @sisil_sinubyo)

Karena sudah berhenti produksi, Daihatsu Feroza yang beredar saat ini memang mayoritas produk bekas atau second. Anda bisa membeli kendaraan ini situs jual beli mobil bekas atau dealer mobil second di sekitar domisili Anda. Nah, bagi Anda yang mengidamkan varian Feroza SE, berikut kami sajikan kisaran harganya untuk Anda.

Harga Daihatsu Feroza SE

Tahun Produksi Harga Bekas
1994 Rp45.000.000 – Rp59.000.000
1995 Rp55.000.000
1996 Rp45.000.000

Daftar harga Daihatsu Feroza SE bekas tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli kendaraan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, sebenarnya harganya cenderung stabil. Feroza SE keluaran tahun 1994 misalnya, tahun lalu dilepas Rp40 juta hingga Rp50 juta dan kini menjadi Rp45 juta sampai Rp59 jutaan. Perlu diingat, harga bisa berbeda-beda di masing-masing tempat, tergantung kondisi kendaraan yang bersangkutan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.