Info Terbaru Harga Karet Wiper Avanza (Depan dan Belakang)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan wiper atau penyeka kaca. Ini adalah salah satu alat yang berguna untuk membersihkan kaca pada mobil, umumnya kaca depan. Namun, layaknya komponen kendaraan lainnya, jika tidak dirawat dengan baik, wiper juga rentan mengalami masalah, terutama pada bagian karet-nya. Untungnya, saat ini sudah banyak pedagang yang menawarkan karet wiper untuk berbagai kendaraan, termasuk Toyota Avanza, dengan harga yang cukup terjangkau.

Wiper mobil Avanza (sumber: gridoto.com)
Wiper mobil Avanza (sumber: gridoto.com)

Wiper atau penyeka kaca, seperti dilansir dari Wikipedia, adalah sebuah alat, yang seperti namanya, digunakan untuk membersihkan kaca mobil, kereta api, kapal laut, dan lain-lain pada saat turun atau jika ada debu, lumpur, atau benda lain yang mengotori kaca. Penyeka kaca ini terdiri dari motor penggerak penghapus kaca, tuas, dan alat penghapus kaca (blade) yang biasanya terbuat dari karet dengan rangka logam atau plastik.

Bacaan Lainnya

Di musim penghujan, keberadaan wiper mobil tentu amat menentukan performa berkendara Anda. Bagaimana tidak, wiper mobil berfungsi untuk membersihkan kaca depan mobil dari air maupun kotoran lain yang bisa menghalangi penglihatan di saat menyetir. Meskipun setiap mobil sudah memiliki wiper masing-masing, ternyata wiper mobil memiliki berbagai jenis. 

Jenis Wiper

  • Wiper konvensional, terdiri dari bracket dan juga karet. Namun saat ini, wiper jenis ini akan sulit ditemukan karena biasanya hanya terpasang di mobil-mobil jenis keluaran lama. Wiper konvensional ini sudah tidak lagi digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru.
  • Wiper full frame, merupakan standar wiper yang biasa digunakan pada banyak tipe mobil. Wiper ini biasanya dilengkapi oleh gagang besi, sehingga banyak pengguna yang menganggap bahwa wiper jenis ini memiliki daya tahan yang lebih kuat. Tak hanya itu, adanya gagang besi juga dianggap bisa mendukung kerja wiper untuk menyapu bersih kotoran yang ada pada kaca. Sayangnya, keberadaan gagang besi pada wiper ini juga bisa berbahaya jika karet pada wiper sudah menipis.
  • Wiper flat-blade, diklaim memiliki bobot yang cukup ringan. Pasalnya, wiper flat-blade hanya memiliki penyanggah kecil di tengah wiper. Sebagian besar komponen wiper ini ialah karet, namun terselip besi pipih di dalam wiper untuk memperkuat kerja wiper. Wiper ini dianggap memiliki sapuan yang cukup bersih jika digunakan.
  • Wiper refill, seperti namanya, tersedia dalam bentuk isi ulang. Ketika pemilik kendaraan merasa karet wiper sudah menipis atau rusak, mereka hanya perlu mengganti bagian karetnya saja. Namun, Anda pun harus memperhatikan ukuran karet agar tetap sesuai dengan kerangkanya.
  • Wiper hybrid, merupakan gabungan antara wiper konvensional dan juga wiper flat-blade. Jenis ini memiliki komponen bracket dan juga holder plastik. Cocok bagi Anda yang menginginkan wiper konvensional namun memiliki kinerja optimal seperti flat-blade.
  • Wiper frameless, memiliki bingkai yang terbuat dari bahan plastik, sedangkan karet yang ada pada tipe ini juga memiliki tekstur yang lebih lembut. Jika pada tipe full frame kaca Anda bisa terkena risiko lecet akibat bingkai besi, pada tipe wiper ini, Anda bisa lebih tenang. Namun, saat karet wiper menipis, Anda tidak bisa menggantinya begitu saja. Pasalnya, karet pada wiper ini tak bisa diisi ulang, sehingga Anda pun butuh budget lebih untuk membeli seluruh komponennya.
Baca juga  Info Terkini Harga Pasang Jok Mobil Accura

Selain untuk kaca depan, pada mobil keluaran terbaru, kebanyakan sudah didukung dengan wiper belakang. Keberadaan wiper belakang saat ini terasa amat penting demi kelangsungan berkendara. Pasalnya, para pengendara cenderung memanfaatkan kaca spion untuk melihat kondisi belakang mobil, khususnya pada waktu maupun berkabut. Memahami kondisi di belakang mobil tentu amat penting, sehingga Anda pun bisa melakukan pengereman secara tepat waktu tanpa mengagetkan mobil belakang Anda.

Ilustrasi: Car Wiper (credit: autoguide)
Ilustrasi: Car Wiper (credit: autoguide)

Penyebab dan Ciri Karet Wiper Rusak

Seperti disampaikan di atas, salah satu komponen terpenting pada sebuah wiper adalah karet. Dan, seperti komponen kendaraan lainnya, karet wiper ini juga bisa rusak atau aus. Karet wiper paling sering rusak karena penggunaan yang salah, yaitu menggunakan atau mengaktifkan wiper saat kondisi kaca mobil kering. Hal tersebut sama saja menggunakan wiper dalam kondisi kaca penuh debu dan pemilik kebanyakan tidak melakukan penyemprotan cairan atau air terlebih dahulu.

Meski saat awal ada cairan yang keluar pada nozzle, namun tidak akan maksimal bila hanya menyemprot satu kali. Akumulasi kebiasaan ini lama-lama bisa membuat karet wiper tidak berumur panjang. Disarankan, lebih baik pemilik kendaraan membilas kaca terlebih dahulu dengan air agar permukaan menjadi basah dan membuat debu turun.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lampu Projie LED Terlengkap

Ada beberapa ciri bahwa karet wiper sudah rusak, antara lain sapuan wiper tidak rata, sapuan wiper membentuk kabut, sapuan wiper menyisakan lumuran air, karet wiper menggores kaca kendaraan, dan mengeluarkan bunyi saat wiper bergerak. Jika demikian, sudah saatnya Anda memperbaiki atau mengganti karet wiper.

Tips Memperbaiki Wiper

  • Jika kerusakan disebabkan debu atau kerikil, lihat dan sentuh pada keseluruhan karet wiper apakah ada batu atau kerikil yang terselip di lipatan karet. Jika ada, ambil dan buang.
  • Jika sambungan karet wiper longgar, Anda bisa merapatkan.
  • Jika kondisi karet wiper sudah retak dan pecah-pecah, sebaiknya Anda mengganti karet wiper dengan yang baru.
  • Jika karet wiper mengeras atau sudah tidak elastis lagi, sebaiknya Anda juga mengganti karet wiper dengan yang baru.

Untungnya, tidak sulit mendapatkan karet wiper yang baru. Anda bisa membeli komponen ini di bengkel resmi kendaraan atau bengkel-bengkel umum di pinggir jalan. Jika kebetulan mobil Anda adalah Toyota Avanza, ada banyak produk karet wiper, mulai dari produk asli Toyota maupun merek lain. Berikut kisaran harga karet wiper untuk Avanza.

Ilustrasi: karet wiper mobil (sumber: astra.co.id)
Ilustrasi: karet wiper mobil (sumber: astra.co.id)

Harga Karet Wiper Avanza

Karet Wiper Harga
Dr. D. Fischer 14 inch Rp24.990
Dr. D. Fischer 16 inch Rp29.499
Dr. D. Fischer 18 inch Rp30.990
Dr. D. Fischer 20 inch Rp32.990
Wiper Avanza OEM Wiper Belakang 14A Rp35.000
Dr. D. Fischer 24 inch Rp39.990
Klikoto Frameless Banana Set Wiper Depan Rp59.000
OEM Wiper Belakang 14A Original Rp60.000
RWB Classic Original 2 pc Rp75.000
Bosch Advantage Original Set Old Rp95.550
RWB Classic Original 3 pc Rp147.250
Bosch Advantage Original 3 pc Rp150.000
Baca juga  Update Harga Karet Gelang Berbagai Varian (1Kg dan 1 Pack)

Harga karet wiper untuk mobil Toyota Avanza di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Karet wiper Bosch Advantage Original Set Old misalnya, awalnya dijual Rp88 ribu dan sekarang naik menjadi Rp95 ribu. Sebaliknya, harga Dr. D. Fischer 20 inch turun dari Rp44 ribu menjadi Rp32 ribuan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *