Info Terbaru Harga Cutter Kenko L-500 (Bilah dan Isi)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pisau cutter. Ini adalah salah satu alat alternatif yang dapat Anda gunakan untuk memotong benda, terutama kertas. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merk dan tipe cutter, salah satunya Kenko L-500. Punya ukuran cukup besar, produk ini dijual dengan harga yang terjangkau, mulai belasan ribu rupiah.

Cutter Kenko L-500 (sumber: tokopedia)

Cutter Kenko L-500 (sumber: tokopedia)

Dikutip dari berbagai sumber, cutter juga bisa disebut dengan pemotong kertas. Cutter berfungsi hampir sama dengan gunting. Cutter pun sudah menjadi bagian dari alat tulis kantor/sekolah. Tempatnya biasanya menjadi satu dengan alat tulis kantor lainnya seperti staples, pelubang kertas, gunting, dan trigonal klip.

Cutter sendiri memiliki beragam bentuk dan ukuran. Ada yang berukuran besar, sedang, dan kecil. Bentuknya alat ini umumnya memanjang. Tetapi, ada juga cutter yang berbentuk bulat, atau seperti gantungan kunci. Meskipun bentuk cutter bermacam-macam, tetapi produk tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat untuk memotong.

Benda tersebut biasanya disimpan di laci, atau di tempat lainnya. Beberapa orang menilai, cutter memiliki beberapa kelebihan, di antaranya mudah digunakan dan mudah untuk disimpan (tidak memerlukan ruang penyimpanan yang luas). Dan, jika isi cutter sudah tidak tajam, Anda tidak perlu membeli cutter yang baru, tetapi cukup membeli isi cutter (refill).

Meski demikian, dalam penggunaannya, cutter dinilai memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya, untuk mendapatkan potongan yang rapi, Anda memerlukan alas potong. Misalnya, di atas meja, di atas buku, papan, dan lainnya. Berbeda dengan gunting, Anda tidak memerlukan alas dan gunting sudah bisa digunakan untuk memotong. Tetapi, dibandingkan cutter, hasil potongan gunting masih kalah rapi.

Lalu, yang dianggap kekurangan atau kelemahan lain dari cutter adalah kurang/tidak bisa digunakan untuk memotong kertas yang tebal. Kemudian, untuk mendapatkan hasil potongan yang lurus, Anda perlu melipat kertas terlebih dahulu supaya hasil potongan yang didapatkan nanti bisa menjadi lurus. Selain itu, cutter juga dinilai kurang bagus digunakan untuk memotong pola melingkar. Untuk hal ini, mungkin Anda akan lebih memilih gunting. Tetapi, baik cutter maupun gunting, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan yang berbeda-beda.

Ketika menggunakan cutter, Anda perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan cutter merupakan benda tajam. Jika tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin jari Anda akan terluka. Oleh karena itu, saat menggunakannya, Anda perlu memperhatikan hal berikut.

Ilustrasi: Menggunakan Cutter (sumber: airseacontainers)

Ilustrasi: Menggunakan Cutter (sumber: airseacontainers)

Memakai Cutter

  • Saat akan digunakan, pastikan Anda memegang cutter pada sisi yang tepat, yaitu memegang handle atau pegangan cutter.
  • Longgarkan roda atau kunci pengaitnya.
  • Keluarkan isi atau mata pisau cutter dengan cara mendorong atau menggeser pengaitnya.
  • Hindari menarik mata pisau/isi cutter dengan menariknya.
  • Anda bisa menyesuaikan panjang isi cutter sesuai kebutuhan. Tidak disarankan juga untuk mengeluarkan mata pisau terlalu panjang. Hal itu bisa mengakibatkan isi cutter menjadi patah.
  • Kunci pengait sebelum Anda mulai memotong.
  • Untuk memotong kertas, sebaiknya sediakan alas yang baik, misalnya papan, buku, atau lebih baik di atas meja dengan permukaan rata.
  • Anda bisa menggunakan penggaris supaya pisau cutter tidak melesat ketika digunakan untuk memotong dan bisa menghasilkan hasil potongan yang lurus dan rapi.
  • Untuk memotong kertas dalam jumlah banyak, misalnya buku yang ingin dirapikan pinggirnya, maka Anda bisa memotong sedikit demi sedikit.
  • Jika mata cutter sudah tidak tajam lagi, Anda bisa memotong menggunakan alat khusus yang disediakan. Caranya, dengan memotong cutter ke arah luar, sehingga patahan cutter nantinya tidak akan mengarah ke badan Anda.
  • Buang potongan cutter ke tempat sampah. Jangan biarkan potongan tersebut berada di , di atas meja, atau tempat di manapun yang bisa dijangkau. Hal itu untuk menghindari orang lain atau Anda sendiri akan terluka terkena potongan tersebut.
  • Jika Anda telah selesai menggunakan cutter, Anda dapat memasukkan kembali mata cutter dan kunci kembali dengan pengaitnya, atau dengan memutar roda penguncinya.
  • Simpan cutter di tempat yang aman. Jika Anda memiliki anak kecil, sangat disarankan untuk menyimpan cutter yang sekiranya tidak bisa dijangkau oleh anak Anda.

Sementara, untuk menghindari cedera, Anda tidak disarankan untuk menggunakan cutter untuk memotong lembaran kayu plywood misalnya. Hal itu dikarenakan lembaran kayu tersebut bisa membelokkan arah mata cutter ketika digunakan. Selain itu, juga bisa mengakibatkan jari tangan atau kuku terluka, atau bahkan bisa melukai anggota badan yang lain.

Perlu diingat juga, apabila Anda ingin membersihkan isi cutter, jangan langsung mengusapkan dengan tangan kosong. Anda memerlukan kain untuk membersihkannya. Kemudian, hindari juga untuk mengungkit atau membuka sekrup atau baut menggunakan cutter. Karena cutter berfungsi sebagai alat pemotong, maka sebaiknya dipergunakan sesuai dengan fungsinya.

Harga Kenko L-500

Saat ini, tidak sulit menemukan produk cutter karena sudah ada beragam merk yang dijual bebas di pasaran. Jika Anda memerlukan cutter dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, atau sedang, salah satu opsi menarik adalah Kenko L-500. Produk ini diklaim punya ukuran yang praktis, dilengkapi dengan yang digenggam, tombol putars, serta pisau yang cukup tajam.

harga, bilah, cutter, Kenko, brand, di, Indonesia, outlet, modern, tradisional, seri, cutter, dan, isi, billah, L-500, pemotong, kertas, lurus, gunting, alat, tulis, kantor, sekolah, tajam, baru, tebal, mata, pisau

Isi Cutter Kenko L-500 (tokopedia)

Anda bisa membeli produk ini di berbagai toko ATK, gerai , bahkan situs jual beli . Harga eceran cutter Kenko L-500 pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp13.200, namun ada juga yang menjualnya dengan banderol Rp18.000. Sementara, jika Anda hanya membutuhkan isi pisau (refill), harganya berkisar Rp10.000 per pack (5 isi cutter) atau Rp65.000 per dus (isi 12 pack).

Perlu Anda ketahui bahwa harga cutter Kenko L-500 di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai , pada 2019 lalu, harga cutter L-500 Kenko bilah berkisar Rp11.00 hingga Rp17.000, sedangkan harga isinya berkisar Rp8.000 per pack hingga Rp60.000 per dus.

[Update: Almasshabur

Baca juga  Info Terkini Harga Qtela Semua Varian di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Cutter Kenko L-500 (Bilah dan Isi)"