Update Harga Kapur Ajaib dan Petunjuk Pemakaian

No comment3101 views

Kehadiran kecoa, , dan semut di area rumah pasti akan terasa menyebalkan. Tak heran jika penghuni rumah akan melakukan segala macam cara untuk mengusir hama tersebut, salah satunya menggunakan ajaib. ajaib sendiri telah beredar di pasaran dengan yang relatif terjangkau.

Kecoa hama rumahan (sumber: upperhome.us)

Kecoa hama rumahan (sumber: upperhome.us)

Kapur ajaib yang begitu familiar digunakan yakni kapur Bagus. Dengan bahan aktif Deltametrin 0,6%, kapur ini memang ‘ajaib’ menghalau serangga di rumah. Sebagai insektisida kontak dengan kadar racun yang rendah, kapur ini begitu efektif dan diklaim aman dipakai di rumah. Bahkan, kapur ini diklaim mampu membunuh kecoa, semut, serta kutu, saat tubuh serangga tersebut mengenai serbuknya. Cara kerja kapur ini yaitu menghilangkan fungsi sistem saraf pada serangga dalam waktu 4 jam, sehingga bagian tubuhnya tak mampu bergerak lagi dan akan mati setelah 10 jam.

Banyak yang beralih menggunakan kapur ajaib, sebab pemakaiannya yang praktis. Anda tak perlu repot membuat jebakan hama, karena cukup mencoretkan kapur ajaib ini ke area yang sering dilalui serangga-serangga tersebut. Selain digunakan seperti kapur, produk ini dapat dihancurkan menjadi bubuk, kemudian ditaburkan ke sudut-sudut rumah.

Tak hanya berkhasiat membunuh serangga, ternyata pemakaian kapur ajaib juga dapat menghilangkan kutu rambut. Meski begitu, penggunaan produk ini untuk membasmi kutu rambut tidak dianjurkan, terlebih di area kepala manusia. Hal tersebut tentunya untuk menghindari iritasi dan alergi pada , mulai dari rasa panas, gatal, hingga menyebabkan terkelupas. Sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan produk khusus untuk kepala manusia, seperti Peditox, KO (kutu out), Ketomed Shampo, dan sejenisnya.

Perlu diketahui, aroma yang ditimbulkan garis kapur ajaib tersebut sebenarnya hanya bersifat sementara. Semut dapat dengan mudah untuk segera membangun aroma baru dan menemukan jejaknya kembali, setelah bergeser menjauhi coretan kapur yang Anda buat. Untuk itu, dalam tindakan mengusir dan membasmi serangga, perlu dilakukan oleh jasa pengendalian hama profesional.

Bantuan jasa pengendalian hama profesional dapat dengan mudah memilah produk pengusir hama berdasarkan jenis dan fungsinya agar dapat memberikan hasil yang lebih efektif. Selain itu, dalam penanganannya, para profesional dapat menyiapkan metode treatment untuk mengendalikan sekaligus mengidentifikasi jenis serangga yang ada di properti atau rumah untuk mendapat hasil optimal.

Petunjuk Pemakaian Kapur Ajaib

Ilustrasi: kapur ajaib

Ilustrasi: kapur ajaib

  • Coretkan beberapa garis dengan jarak 2-3 cm pada daerah yang dilalui atau didiami kecoa, semut, dan hama serangga lainnya.
  • Sejumlah sudut perlu Anda berikan coretan 2-3 garis lingkaran kapur ajaib seperti pada kaki lemari hingga tempat sampah. Anda juga dapat memotong atau menghancurkan kapur menjadi bubuk untuk ditaburkan pada area-area tersebut.
  • Setelah menggunakan kapur ajaib, Anda harus membersihkan tangan sampai bersih menggunakan air dan sabun. Ikuti petunjuk keamanan agar terhindar dari dampak yang tidak diinginkan.
  • Apabila kapur ajaib mengenai mata, segera bilas dengan air. Bila dalam 10 menit masih berkelanjutan, harap segera hubungi dokter.

Kapur ini tidak mengakibatkan polusi dan keracunan, sehingga aman digunakan. Namun, selama pemakaian, Anda disarankan menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain itu, hindari pemakaian pada area dapur tempat Anda menyimpan untuk mencegah risiko serbuk kapur yang tercampur ke . Poin penting lainnya, ikuti petunjuk pemakaian produk agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Harga Kapur Ajaib

Anda dapat dengan mudah membeli kapur ajaib merk Bagus di sejumlah supermarket dekat rumah. Produk ini juga dijual dengan harga yang bervariasi. Misalnya di Indomaret, kapur ajaib Bagus dengan 6 pcs dijual seharga Rp17.800. Sementara, di Alfamart, harganya sedikit berbeda di kisaran Rp17.500 dengan yang sama. 

Jika malas keluar rumah, Anda dapat memesan kapur ajaib Bagus melalui situs belanja online. Tentu Anda akan menemui penawaran harga yang berbeda-beda ditambah dengan ongkos kirimnya. Salah satu situs jual beli online menawarkan seharga Rp16.500. Di sana, Anda juga akan menemui kapur ajaib serupa tetapi produksi China SCB dengan harga Rp7.100 untuk 12 pcs.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga kapur ajaib di tiap toko rata-rata mengalami kenaikan. Pada tahun lalu, harga kapur ajaib di Indomaret Rp17.800, di Alfamart Rp17.500, dan di toko online Rp7.100 hingga Rp16.500.

Bagus kapur ajaib

Bagus kapur ajaib

Efek Samping Kapur Ajaib

Selain memiliki bahan aktif Deltametrin 0,6%, kapur ajaib juga memiliki kimia lain seperti Transfluthrin. Walau Deltametrin hanya 0,6 % , tetap saja merupakan bagian dari senyawa Piretroid yang jika digunakan berlebihan akan membuat kulit Anda gatal. Sebagai pestisida, Deltametrin memang ampuh membunuh serangga melalui kontak langsung maupun melalui makanan yang terkena serbuk kapur ajaib itu.

Begitu juga kandungan Transfluthrin pada kapur ajaib yang memiliki dampak negatif bagi manusia jika digunakan secara berlebihan. Sebab senyawa karbonat yang biasa dipakai untuk membunuh serangga ini mampu memicu asma, sesak napas, atau bahkan kematian. Untuk itu, saat menggunakan kapur ajaib, sebaiknya benar-benar mengikuti petunjuk pemakaian produk dan tidak berlebihan.

Selain menggunakan kapur ajaib, terdapat sejumlah bahan dapur yang ternyata dapat digunakan untuk mengusir serangga, mulai dari kayu manis, cuka, jeruk lemon, bawang putih, bubuk cabe, kopi, kulit mentimun dan jeruk. Anda dapat melarutkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 atau perasan lemon dan air dengan perbandingan 1:3, kemudian disimpan pada botol spray yang tertutup rapat. Jika ada serangga yang datang, segera semprotkan larutan tersebut ke sudut-sudut ruangan.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Nikel per Kg Saat Ini
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Update Harga Kapur Ajaib dan Petunjuk Pemakaian"