Harga Daun Salam 1 Kg dan per Lembar

No comment47 views

Daun salam merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam beragam tradisional khas Indonesia. Banyak orang menggunakan daun salam karena aroma dan rasanya. Aroma khas dari daun ini biasanya digunakan sebagai salah satu penghilang bau tidak sedap pada beberapa jenis , seperti daging , kambing, bebek, sayur jengkol, hingga petai. Untuk mendapatkan daun salam, juga terbilang mudah, karena sudah banyak orang menjualnya dengan yang relatif murah.

Selain untuk dunia kuliner, daun salam juga memiliki banyak untuk , bahkan kecantikan. Daun ini dikatakan dapat membantu menjaga rambut, mempercepat penyembuhan luka, bahkan bisa mencegah kanker. Berikut rincian singkat daun salam untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan - www.bukalapak.com

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan - www.bukalapak.com

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menjaga Kesehatan Rambut

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat dan tidak mudah rontok, Anda bisa menggunakan air rebusan daun salam. Cara membuatnya sangat mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan 8 hingga 10 helai daun salam dan air sebanyak 250 ml atau satu gelas. Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan daun salam dan biarkan hingga air sedikit berkurang. Rebus daun salam pada air mendidih hingga air berubah warna jadi kecoklatan. 

Basuhkan air rebusan daun salam pada kulit kepala hingga ujung rambut selagi hangat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya sebanyak 2 kali dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan herbal lainnya, seperti minyak zaitun dan kemiri sebagai pelengkap. Dengan menggunakan air rebusan daun salam, rambut akan selalu sehat dan kuat. Sehingga, tidak mudah rontok dan sebagai salah satu tindakan pencegahan kebotakan dini.

Memperbaiki Rambut Rusak

Jika Anda sering mewarnai rambut dan menggunakan hair dryer atau catok, maka rambut lebih rentan terhadap kerusakan. Kebanyakan orang akan mengalami rambut yang mudah patah, bercabang, dan mengalami kerusakan pigmen. Hal ini dapat diatasi dengan membuat masker rambut daun salam. Ini merupakan salah satu cara alami untuk mencegah dan memperbaiki rambut rusak.

Cara membuatnya mudah dan sederhana, Anda bisa mencobanya di rumah dengan bahan seadanya. Langkah pertama, siapkan bahan utama berupa daun salam sebanyak 100 gr. Banyaknya daun salam juga bisa disesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut Anda. Cuci daun salam dan rebus hingga sedikit layu, lalu tumbuk hingga halus dan tambahkan 3 sendok air rebusan daun salam. Oleskan tumbukan daun salam pada kulit kepala hingga ujung rambut dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa mencampur ramuan tersebut dengan madu agar lebih mudah untuk diaplikasikan pada rambut.

Mencegah Kanker

Daun salam sendiri mengandung zat antioksidan tinggi dan baik untuk mencegah kanker payudara, serviks, tenggorokan, lambung, usus, dan mulut. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat melindungi sel-sel tubuh dari zat radikal bebas dan menghambat proses pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Mengonsumsi ekstrak daun salam setiap hari dapat membantu mencegah kanker dalam tubuh. 

Ekstrak daun salam sendiri bisa didapatkan dengan merebus daun salam, ada juga beberapa yang sudah menjual ekstrak ini dalam bentuk kapsul. Jika Anda ingin mendapatkan ekstrak kanker dengan merebus daun salam, caranya dengan merebus 7 hingga 9 helai daun dalam air sebanyak 500 ml atau setara dengan 2 gelas.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun salam juga memiliki kandungan antibakteri dan antiseptic alami yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Ada juga kandungan vitamin C pada daun salam yang berperan untuk membantu mempercepat regenerasi sel pada kulit yang terluka. Cara menggunakan daun salam untuk luka juga sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan tumbukan daun salam pada bagian tubuh yang terluka.

Harga Daun Salam - www.idntimes.com

Harga Daun Salam - www.idntimes.com

Tumbukan daun salam dapat membantu mengatasi rasa nyeri pada luka. Hal ini karena daun salam juga mengandung zat anti-inflamasi. Sebelum ditumbuk, akan lebih baik jika Anda mencuci daun salam hingga bersih terlebih dahulu. Gunakan jenis daun salam segar yang baru saja dipetik, ini akan lebih baik dibanding jenis daun salam kering kemasan.

Daun salam juga bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami nyeri dan kram saat haid. Anda bisa minum air rebusan daun salam sebagai salah satu cara untuk meredakan nyeri dan menghilangkan kram secara alami. Nah, untuk mendapatkan manfaat daun salam tersebut, tentunya Anda perlu membeli daun salam terlebih dahulu.

Harga Daun Salam

Bagi Anda yang ingin mendapatkan daun salam tanpa harus susah payah menanamnya, bisa membeli di pasar. Daun salam sebenarnya tidak hanya dijual di pasar tradisional saja, tetapi juga di pasar modern, mulai dari minimarket, swalayan, hingga mall. Di pasaran domestik, harga daun salam dipatok mulai Rp1.500 per kemasan sebanyak 4 hingga 7 lembar daun. Harga tersebut adalah harga untuk jenis daun salam kering siap digunakan dan biasanya hanya untuk memasak seporsi menu. Ada juga jenis daun salam segar yang dibanderol mulai Rp3.000 per tangkainya.

Jika Anda ingin membeli daun salam dengan jumlah banyak, untuk 1 kg dibanderol mulai Rp75.000 hingga Rp140.000 untuk jenis daun salam kering. Ada juga jenis daun salam segar, yaitu Rp85.000 hingga Rp170.000 per 1 kg. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan masing-masing .

Baca juga  Harga Buku Tulis Besar 1 Pack dan Eceran
loading...
author

Leave a reply "Harga Daun Salam 1 Kg dan per Lembar"