Harga, Jalak, Pito, burung Harga Jalak Pito Anakan dan Dewasa di Pasaran

Jalak putih atau biasa dikenal sebagai jalak pito merupakan spesies burung yang langka dan dibedakan menjadi tiga jenis, yakni jalak putih ras Jawa dan Madura, ras Bali, dan ras peralihan ujung Jawa Timur.[1] Kendati sudah mulai punah, banyak yang memperjualbelikan jalak putih hasil penangkaran sendiri dengan harga mahal.

Foto Jalak Pito di alam liar (sumber: pinhome.id)
Foto Jalak Pito di alam liar (sumber: pinhome.id)

Sebelumnya, jalak putih memiliki daerah persebaran hampir di semua Indonesia. Namun, ketika sudah mulai punah, jalak pito hanya bisa ditemukan di daerah yang masih asri dengan hutan yang lebat, seperti Kalimantan. Untuk menjaga kelestariannya, beberapa penangkar mulai mengembangbiakkan jalak putih di berbagai daerah, seperti Bali dan Sumatera.

Bacaan Lainnya

Karakteristik Jalak Pito

Sebagai hewan peliharaan yang mewah, jalak pito adalah jenis burung kicau dengan kualitas yang terbilang sangat bagus. Tak hanya itu, bentuk fisiknya juga elok dengan bulu berwarna putih mengilap. Kicauan jalak putih terkenal jernih dan khas. Apalagi, burung ini bisa menirukan suara burung lain, sehingga kicaunya cukup variatif.

Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga Ringer Laktat

Secara morfologi, sebenarnya tidak semua jalak pito berwarna putih. Beberapa jalak pito memiliki bulu putih di bagian tubuh dengan sayap berwarna hitam. Ada juga yang berwarna abu-abu dan putih. Khusus untuk yang bersayap hitam, juga disebut dengan nama beo sayap hitam.

Tergolong sebagai burung mungil, panjang tubuh jalak pito berkisar 23 cm hingga 25 cm dari kepala hingga ekor. Umumnya, jalak pito betina berukuran lebih besar daripada yang jantan. Selain itu, ada ciri yang membedakan antara jalak putih dan jantan seperti berikut.

Perbedaan Jalak Pito Jantan dan Betina

Jalak Pito anakan (sumber : Facebook/Jalak-jogjakarta)
Jalak Pito anakan (sumber : Facebook/Jalak-jogjakarta)

Sebenarnya, memang agak sulit membedakan jalak pito betina dan jantan. Apalagi, dua burung ini mempunyai postur dan warna tubuh yang sama, hanya berbeda ukuran saja. Untuk itu, Anda bisa melihat bagian ujung jalak pito. Ujung ekor jalak pito jantan memiliki warna hitam dan akan menjadi lebih jelas saat burung sudah dewasa.

Perhatikan juga jalak pito saat berkicau. Jalak pito jantan sangat cerewet dan suaranya sangat jernih. Sementara itu, jalak putih betina tidak terlalu cerewet dengan suara yang nyaring, tetapi tidak terlalu jernih. Suara yang merdu pada jalak putih jantan bermanfaat untuk menarik perhatian betina. Inilah alasan lebih banyak orang membeli jalak pito jantan daripada betina.

Baca juga  Info Update Harga Kue di Clairmont Cake

Dengan mengetahui perbedaan jalak pito jantan dan betina, Anda bisa mencoba untuk melestarikannya. Anda bisa membeli sepasang burung jalak putih dan menangkarnya sendiri. Setelah itu, Anda bisa melepaskannya di alam liar atau menjualnya kepada orang yang bertanggung jawab, karena burung ini sangat jarang ditemukan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menangkar burung jalak putih atau hanya memeliharanya sebagai burung hias dan kicau, seperti berikut.

Tips Memelihara Burung Jalak Pito

  • Pilih lokasi pemeliharaan yang teduh dan terhindar dari hujan maupun sinar matahari berlebih.
  • Anda bisa memilih beranda belakang sebagai tempat penangkaran atau pemeliharaan.
  • Siapkan kandang untuk memelihara jalak pito.
  • Untuk Anda yang ingin menangkarnya, setidaknya kandang harus luas, sekitar 2 x 2 m atau sekitar 1 x 3 m.
  • Sementara itu, jika Anda hanya ingin memeliharanya tanpa dikawinkan, masukkan burung jalak pito ke dalam sangkar bambu berukuran M atau L.
  • Meskipun termasuk burung kicau mungil, jalak pito tidak suka tempat yang sempit, karena mudah stres.
  • Pakan harus diberikan secara teratur dan mengandung serat, lemak, serta protein lengkap.
  • Air minum harus diganti setiap pagi dengan air yang jernih dan matang.
  • Mandikan jalak pito setiap pagi dan jemur selama 15-25 menit.
Baca juga  Info Terbaru Harga Alkitab di Gramedia dan Toko Online

Lakukan tips di atas supaya burung jalak putih Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Sementara itu, berikut adalah referensi harga jalak pito tahun 2022.

Harga Jalak Pito

Kategori Jalak Pito Harga (Rp)
Burung Jalak Pito Usia 2 bulan 1.650.000
Burung Jalak Pito 1.700.000
Burung Jalak Pito Trotolan 2.750.000
Burung Jalak Pito Mata Putih 3.000.000
Burung Jalak Pito Usia 1 tahun 3.500.000
Burung Jalak Pito Gacor 5.000.000

Harga jalak pito di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Tentunya, harga jalak pito tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Brillianti, Dwitantian Hawa, Jarwadi Budi Hernowo, Lilik Budi Prasetyo. 2019. Populasi dan Habitat Jalak Putih (Sturnus melanopterus Daudin 1800) di Taman Nasional Bali Barat. Jurnal Pengelolaan  Sumberdaya  Alam  dan Lingkungan IPB, VOl. 9(1): 97-105.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *