Update Ongkos Kirim (Ongkir) TiKi ONS dari Jakarta

Bagi Anda yang kerap mengirimkan barang dengan jarak yang jauh, mungkin sudah tidak asing lagi dengan TiKi. Ini adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang telah eksis sejak dekade 1990-an hingga sekarang. TiKi sendiri menawarkan berbagai produk layanan pengiriman barang, salah satunya ONS (One Night Service) dengan biaya atau tarif bervariasi, tergantung lokasi tujuan.

Layanan, produk, Tiki, ONS, tarif, biaya, harga, agen, kemitraan, jasa, pengiriman, barang, paket, ekspedisi, perusahaan, deposit, Jakarta, cabang, denah, lokasi, gerai
Ilustrasi: kurir pengiriman barang

Dilansir dari situs resminya, TiKi adalah perusahaan pengiriman yang didirikan oleh Soeprapto Soeparno dan Nuraini Soeprapto pada 1 September 1970 silam. Setelah itu, perusahaan ini semakin diperkuat dengan bergabungnya Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmadi di tahun 1972. Diawali dengan dua cabang utama di Pangkalpinang dan Semarang, saat ini TiKi diklaim sudah memiliki lebih dari 450 cabang, lebih dari 3.000 gerai, dan melayani 453 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Layaknya jasa pengiriman barang pada umumnya, TiKi pun menyediakan beragam produk dan layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Berikut produk dan layanan pengiriman barang yang telah disediakan oleh TiKi.

Layanan TiKi

  • INT (International Service), sesuai dengan namanya, ini adalah layanan pengiriman barang ke berbagai negara dengan harga yang diklaim bersaing.
  • SDS (Same Day Service), adalah layanan atau pilihan pengiriman barang untuk tiba di hari yang sama. Produk SDS dikatakan sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan kecepatan pengiriman ke kota-kota besar di seluruh Indonesia.
  • REG (Regular Service), adalah produk reguler yang menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Hanya dalam waktu kurang dari 7 hari kerja, maka kiriman Anda dijamin akan segera tiba di lokasi tujuan.
  • ECO (Economy Service), adalah layanan pengiriman paket dengan biaya super hemat sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • TRC (Trucking Service), adalah layanan paket atau barang dengan kapasitas besar, di atas 10 kg.
  • ONS (One Night Service), adalah produk atau layanan pengiriman yang diklaim hanya membutuhkan waktu satu hari saja untuk pengantaran ke tempat tujuan sehingga Anda tidak perlu menunggu dengan waktu yang lama.
Baca juga  Info Terbaru Harga Obat F.G Troches per Tablet dan per Strip

Bagi Anda yang ingin mengirimkan paket atau barang melalui layanan TiKi, Anda pun akan dikenakan tarif atau biaya pengiriman. Besaran tarif ini bervariasi, tergantung kapasitas barang kiriman, lokasi pengiriman, serta tujuan pengiriman. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru tarif kiriman TiKi ONS dari Jakarta ke berbagai kota di Indonesia (dengan asumsi berat 1 kg).

Layanan, produk, Tiki, ONS, tarif, biaya, harga, agen, kemitraan, jasa, pengiriman, barang, paket, ekspedisi, perusahaan, deposit, Jakarta, cabang, denah, lokasi, gerai
Bukti pengiriman TIKI ONS (sumber: kaskus)

Tarif TiKi ONS dari Jakarta

Tujuan Tarif
Balikpapan Rp74.000
Bandar Lampung Rp37.000
Bandung Kota Rp24.000
Batam Rp47.000
Batu Rp41.000
Bekasi Rp12.000
Bogor Kota Rp12.000
Cilacap Rp19.000
Cimahi Rp28.000
Cirebon Rp24.000
Denpasar Rp49.000
Depok Kota Rp12.000
Garut Rp24.000
Jambi Rp47.000
Karawang Rp12.000
Madiun Rp27.000
Makassar Rp75.000
Malang Kota Rp41.000
Padang Rp48.000
Palembang Rp45.000
Pekanbaru Rp48.000
Semarang Kota Rp34.000
Serang Rp24.000
Solo (Surakarta) Rp34.000
Sukabumi Rp24.000
Rp36.000
Tangerang Rp12.000
Yogyakarta Rp34.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, ongkir TiKi ONS dari Jakarta ke sejumlah kota saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, biaya kirim TiKi ONS dari Jakarta ke Bekasi yang semula dibanderol mulai Rp15 ribu, turun menjadi Rp12 ribu per kg. Sebaliknya, tarif TiKi ONS dari Jakarta ke Sukabumi justru naik dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu per kg.

Jasa Ekspedisi TIKI - (Sumber: bisniskurir.com)
Jasa Ekspedisi TIKI – (Sumber: bisniskurir.com)

Penyesuaian tarif ini kemungkinan besar karena pihak TiKi melakukan subsidi silang. Ongkir untuk layanan Reguler dinaikkan, sedangkan tarif pengiriman yang kilat atau ONS justru diturunkan. Meski begitu, ada juga beberapa destinasi yang tarifnya sama atau bahkan naik cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa kota tujuan yang kini sudah tak dijangkau lagi dengan layanan TiKi ONS, misalnya saja Ambon, Merauke, Magelang, dan Bangka. 

Baca juga  Update Biaya Pengiriman Pos Kilat Khusus

Daftar tarif pengiriman TiKi ONS di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan. Tarif pengiriman TiKi ONS tersebut tidak mengikat dan tentunya bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan perusahaan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi langsung cabang TiKi terdekat di wilayah Anda.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan kiriman pelanggannya, TiKi juga menyediakan servis packing. cukup menyampaikan kepada petugas jika memerlukan servis ini. Di samping itu, juga ada layanan repack yang merupakan layanan tambahan untuk kiriman yang kemasannya dinilai kurang atau tidak layak untuk dikirim atau kiriman yang belum dikemas.

Menariknya lagi, sebagai salah satu jasa kurir ekspres populer, TiKi juga menyediakan layanan Jempol (Jemputan Online). bisa layanan Jempol melalui website dan aplikasi TiKi I agar kiriman bisa mereka jemput. Namun, hingga saat ini, layanan Jempol baru bisa dinikmati dan berlaku di Jakarta.

Sementara itu, bagi Anda yang mungkin tertarik untuk menjalin kemitraan dengan TiKi, perusahaan juga membuka peluang yang lebar untuk yang ingin bergabung dengan memiliki agen TiKi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Untuk menjadi gerai TiKi di wilayah Jakarta misalnya, setiap pemohon yang disetujui oleh PT Citra Van Titipan Kilat diberi hak dan wewenang untuk merk dagang TiKi untuk melakukan penjualan produk dan jasa yang dimiliki oleh PT Citra Van Titipan Kilat.

Layanan Pengiriman Barang TiKi - www.ilyasweb.com
Layanan Pengiriman Barang TiKi – www.ilyasweb.com

Persyaratan Agen TiKi

  • Mengajukan permohonan menjadi gerai TiKi yang diajukan oleh pengurus usaha yang mewakili dan bertindak atas nama badan usaha dengan melampirkan dokumen seperti fotokopi KTP pemohon, fotokopi Akta Perusahaan, fotokopi SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha), fotokopi TDP (Tanda Daftar Perusahaan), fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), fotokopi NPWP perusahaan, pas foto pemohon ukuran 4×6 sebanyak 4 (empat) lembar, dan fotokopi Sertifikat SIPJT (Surat Izin Pengusahaan Jasa Titipan).
  • Mencantumkan alamat lengkap lokasi untuk gerai dan status kepemilikan bangunan tersebut.
  • Melampirkan gambar denah lokasi gerai melakukan usaha dan melampirkan foto fisik bangunan yang digunakan untuk diajukan menjadi gerai.
  • Biaya deposit pendirian gerai TiKi wilayah DKI Jakarta adalah sebesar Rp10.000.000.
  • Untuk pengurusan perizinan (SIPJT) atribut Tiki dan barang logistik dikenakan biaya sebesar Rp7.500.000. 
Baca juga  Info Terbaru Tarif/Ongkos Kirim Kartu Pos ke Luar Negeri

Dari sisi sistem waralaba dan komisi, TiKi memberikan fleksibilitas bisnis dengan pembagian keuntungan yang transparan dan sangat menarik. Ada dua jenis waralaba yang ditawarkan, yaitu TiKi Gerai dan TiKi Booth dengan komisi harian sebesar 21 persen dari total omset per hari dan tambahan bonus dari pencapaian omset selama satu bulan dengan perhitungan persentase hingga mencapai 6 persen, dan total pendapatan mencapai 27 persen.  Untuk informasi mengenai keagenan TiKi ini, Anda bisa menghubungi Development Division PT Citra Van Titipan Kilat Di Jalan Pemuda Kav. 710 – 711, Rawamangun, Jakarta Timur.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.