Update Harga Ikan Koki Mutiara (Kecil, Medium, Jumbo)

Selain kucing dan anjing, ikan hias adalah salah satu hewan yang juga sudah dipelihara oleh banyak orang, lantaran dikatakan dapat memberikan efek relaksasi bagi mereka yang melihatnya. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak ikan hias yang dapat dipilih. Namun, jika Anda mencari ikan dengan tampilan cantik tetapi dilepas dengan harga terjangkau, Anda bisa mempertimbangkan ikan koki mutiara.

Ikan mas koki mutiara (sumber: lazada)
Ikan mas koki mutiara (sumber: lazada)

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa memelihara binatang dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali ikan hias. Ikan sendiri merupakan salah satu binatang peliharaan yang cukup populer karena memiliki sisik yang berwarna cerah serta metode perawatan yang cukup mudah. Bahkan, bagi mereka yang alergi hewan tetapi tetap ingin memelihara, ikan adalah alternatif yang baik.

Bacaan Lainnya

Bagi yang menyukai kesenian, ikan hias memiliki ciri khas tersendiri, yang dapat diukur dari warna yang cemerlang, bentuk dan kelengkapan , perilaku, serta kesehatan atau stamina ikan yang bersangkutan, dengan keunggulan terletak pada kecerahan warna tubuhnya.[1] Pemanfaatan ikan sebagai hiasan dalam dekorasi akuarium merupakan konsumsi seni bagi peminatnya.[2]

Ciri Ikan Koki Mutiara

Seperti disinggung di atas, sekarang sudah banyak ikan hias yang dapat Anda pelihara, baik di aquarium maupun diletakkan di kolam. Nah, untuk mereka yang punya dana terbatas tetapi tetap ingin merasakan keindahan ikan hias di rumahnya, tidak ada salahnya jika memilih ikan koki mutiara sebagai koleksi. Selain , tampilan ikan ini memang sangat menarik dan tidak bosan dipandang.

Seperti namanya, ikan koki mutiara merupakan salah satu spesies dari ikan koki. Seperti diketahui, ikan koki (Carrasius auratus) merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari masyarakat serta memiliki nilai ekonomis tinggi. Morfologi tubuh serta perpaduan warna yang terbentuk pada ikan koki merupakan keindahan yang menyebabkan ikan ini banjir peminat.[3]

Secara tampilan, koki mutiara punya bentuk yang cukup lucu. Alih-alih panjang dan seperti ikan mas biasa atau ikan komet, tubuh koki mutiara berbentuk membulat mirip telur. Perut pearlscale yang tampak menggembung menampilkan deretan sisik rapi yang menutupi tubuh mereka. Sisik-sisik itu terlihat seperti mutiara karena bagian tengahnya yang menonjol. Pearlscale umumnya berekor kembar, meskipun tidak selalu demikian.

Mengenai ukuran, umumnya ikan koki mutiara bisa tumbuh hingga panjang 10 sampai 15 cm. Meski demikian, mereka juga dapat tumbuh melebihi ukuran tersebut, tergantung pada kondisi hidup mereka. Beberapa koki mutiara bahkan dikatakan dapat tumbuh hingga dua kali lipat apabila diletakkan dalam aquarium yang terawat dengan baik.

Ada berbagai macam warna yang tersedia di trah ini. Beberapa warna yang cukup populer adalah hitam, biru, merah, cokelat, dan juga kombinasi merah dan . Salah satu variasi menarik dari jenis koki mutiara adalah pengembangan ‘tudung’ seperti yang terlihat pada jenis oranda. Variasi ini dinamai crown pearlscale atau hamanishike crown pearlscale.

Nah, apabila Anda tertarik memelihara ikan koki mutiara di rumah Anda, tidak sulit mendapatkan jenis ini. Anda sudah bisa membelinya di berbagai pasar hewan , pasar ikan hias, atau lewat sejumlah situs jual beli online. Mengenai harga, tidak usah khawatir karena masih terjangkau meskipun warnanya cukup cantik.

Ikan Koki Mutiara Medium - (www.ruparupa.com)
Ikan Koki Mutiara Medium – (www.ruparupa.com)

Harga Ikan Koki Mutiara

Ukuran Koki MutiaraHarga
Koki Mutiara Size MiniRp3.500 – Rp6.000 per ekor
Koki Mutiara Size MediumRp35.000 – Rp50.000 per ekor
Koki Mutiara Size JumboRp74.000 – Rp132.000 per ekor

Daftar harga ikan koki mutiara di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga ikan koki mutiara tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu ikan koki mutiara ukuran mini dijual dengan harga mulai Rp5 ribu per ekor, sedangkan harga ukuran jumbo mulai Rp70 ribu per ekor. Informasi tambahan, ukuran mini biasanya 5 cm sampai 6 cm, sedangkan ukuran jumbo sekitar 10 cm sampai 15 cm.

Apabila Anda sudah memiliki ikan koki mutiara di rumah, selain kandang atau tempat hidup, Anda pun harus memperhatikan pakan mereka. Pakan merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan budidaya, termasuk ikan. Pasalnya, pakan adalah sumber materi dan energi untuk menopang kelangsungan hidup dan pertumbuhan , yang sekaligus menjadi komponen terbesar dari biaya produksi (sekitar 50 sampai 70 persen).[4]

(Panca)

[1] Septiyan, Rahmat, Rusliadi, Iskandar Putra. . The Effect of Different Feeding on Growth and Color of Guppy Fish (Poecilia reticulata). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Vol. 4(2).

[2] Lesmana, D. S. 2002. Agar Warna Ikan Hias Cemerlang. Jakarta: Penebar Swadaya.

[3] Hartono, Dwi Puji dan Ninik Purbosari. 2010. Mutu dan Peningkatan Produksi Ikan Mas Koki (Carrasius auratus) Melalui Rekayasa Set Kromosom. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, Vol. 10(3): 144-149.

[4] Yanuar, Vita. 2017. Pengaruh Pemberian Jenis Pakan yang Berbeda terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochiomis niloticus) dan Kualitas Air di Akuarium Pemeliharaan. Ziraa’ah, Vol. 42(2): 91-99.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *