Harga Ikan Tapah per Ekor (Semua Ukuran)

Ikan tapah (Wallago leeri) merupakan salah satu jenis ikan yang ada di Sungai Kampar Riau dan memiliki ukuran hingga 1,5 m dengan berat 35 kg.[1] Selain menjadi bahan konsumsi, beberapa orang memeliharanya sebagai ikan hias. Anda bisa membelinya di toko ikan hias atau di situs e-commerce dengan harga mulai puluhan ribu per ekor.

Ikan Tappah atau Wallago Catfish (sharinghorizons.com)
Ikan Tappah atau Wallago Catfish (sharinghorizons.com)

Karakteristik Ikan Tapah

Termasuk golongan Cordata dengan genus Wallago, ikan tapah lebih dikenal dengan nama wallago di pasar internasional. Habitat asli ikan tapah adalah sungai dan di Indonesia, lebih sering dijumpai di Sumatera dan Riau. Hal ini karena di daerah tersebut banyak sungai besar.

Bacaan Lainnya

Namun, sebelum banyak dijumpai di sungai besar, Anda bisa menemukan bibit atau anakan ikan tapah di sungai kecil. Akan lebih mudah jika Anda mencarinya di muara sungai kecil yang tersambung dengan sungai besar.

Juga sebagai ikan berkumis yang di air tawar, wallago adalah karnivora atau pemakan daging. Ikan ini sangat suka menyantap hewan air kecil, seperti ikan dan udang sungai. Ada juga ikan tapah yang memangsa lele, mujair, dan nila yang hidup di sungai. Inilah yang menyebabkan ikan tapah terkadang ditakuti nelayan.

Baca juga  Update Harga Cakekinian Berbagai Varian dan Lokasi Outletnya

Memiliki sungut atau kumis, banyak yang kurang bisa membedakan antara ikan tapah, lele, dan patin. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ikan tapah memiliki fisik yang sangat mencolok. Selain bisa tumbuh lebih besar daripada ikan lele dan patin, tapah mempunyai tulang yang menonjol di bagian punggungnya.

Morfologi ikan tapah yang tidak ditemukan pada ikan berkumis lainnya adalah tubuhnya yang pipih dan memanjang. Bagian kepala wallago lebih besar dibandingkan tubuh dan ekornya. Semakin ke ekor, maka ukurannya akan semakin kecil. Tak hanya itu, ikan tapah bermulut lebar dengan sudut sampai ke depan mata.

Sementara itu, warna ikan tapah cenderung gelap dan hanya satu warna. Sebagian besar berwarna hitam, tetapi ada yang berwarna abu-abu dan cokelat. Khusus untuk wallago yang ada di Indonesia, umumnya berwarna hitam, tak heran jika sulit ditangkap, karena menyatu dengan warna air sungai yang gelap.

Sebagai hewan predator, pergerakan ikan tapah di sungai cukup sulit dideteksi. Namun, ketika Anda sudah mengetahui tempat persembunyiannya, tidak sulit untuk menangkapnya. Anda hanya perlu menjaring dan mengangkat tubuh ikan. Gunakan umpan seperti ikan sungai untuk menangkapnya. Semakin besar umpan yang Anda gunakan, maka semakin besar ikan tapah yang akan Anda dapatkan.

Baca juga  Jenis dan Update Harga Kendang Koplo 1 Set Lengkap

Mengetahui karakteristik ikan tapah, tentunya Anda sudah bisa memperkirakan bagaimana cara memelihara ikan tersebut. Supaya lebih mudah, berikut tipsnya.

Tips Memelihara Ikan Tapah

Benih ikan tappah (Twitter: @MAriefFathony1)
Benih ikan tappah (Twitter: @MAriefFathony1)
  • Siapkan tempat pemeliharaan yang besar dan luas. Sebaiknya, Anda menyiapkan super besar atau tank. Beberapa orang bahkan menggunakan mega tank untuk memelihara ikan wallago. Idealnya, Anda perlu menyiapkan akuarium berukuran 2 m x 1,5 m x 1 m atau 2 m x 3 m x 2 m.
  • Pasang dan aerator di untuk menjaga kadar oksigen dalam air. Selain itu, Anda bisa menambahkan batuan dan tanaman air sebagai dekorasi. Supaya lebih menarik, juga lampu berwarna putih dan biru.
  • Beri pakan hidup, seperti ikan mas, ikan nila, atau udang air tawar. Hal ini karena ikan tapah tidak terbiasa makanan atau pelet. Supaya lebih bernutrisi, Anda bisa memberikan serangga, seperti jangkrik saat wallago masih anakan.
  • Bersihkan dan kuras setiap minggu sekali dengan air bersih yang berasal dari tanah. Jika Anda menggunakan air PDAM, sebaiknya Anda mengendapkannya selama semalaman untuk menghilangkan bahan kimia di dalamnya.
Baca juga  Info Terbaru Harga BonCabe Level 30 Berbagai Kemasan

Tidak sulit menemukan ikan tapah saat ini, karena sudah banyak yang menjualnya. Bahkan, wallago sudah tersedia di situs jual beli online dengan harga seperti berikut.

Harga Ikan Tapah

Kategori Ikan Tapah Harga (Rp) per Ekor
Ikan Tapah Ukuran 9 cm 80.000
Ikan Tapah Ukuran 18 cm 175.000
Ikan Tapah Ukuran 20 cm 200.000
Ikan Tapah Ukuran 25 cm 300.000
Ikan Tapah Ukuran 35 cm 1.000.000
Ikan Tapah Ukuran 40 cm 1.160.000
Ikan Tapah Ukuran 45 cm 1.500.000
Ikan Tapah Ukuran Albino 18 cm 8.000.000

Harga ikan tapah di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga wallago bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

[1] Triwibisono, Jarot, Usman M. Tang, Rusliadi. 2016. Domestikasi Ikan Tapah (Wallago leeri) dengan Jumlah Pemberian Pakan yang Berbeda. Jurnal Mahasiswa Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Universitas Riau, Vol. 3(1): 1-12.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.