Info Harga Ikan Belida Jawa

Ikan Belida telah lama menjadi salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia. Namun, seiring dengan berkurangnya populasinya dan semakin langka, harganya pun terus melonjak. Sejak tahun 2021, pemerintah telah melarang perdagangan ikan Belida Sumatera (Chitala Hypselonotus). Meskipun demikian, di beberapa marketplace masih ada yang menjual ikan Belida Jawa dengan harga yang juga tinggi.

Ikan belida jawa (sumber: cnn)
Ikan belida jawa (sumber: cnn)

Tentang Ikan Belida Jawa

Belida Jawa (Notopterus notopterus) adalah salah satu spesies karnivora yang mengonsumsi serangga, ikan, crustacea, serta akar muda yang terdapat di tumbuhan . Keunikan dari spesies ini adalah bahwa mereka dapat berenang dengan baik, baik maju maupun mundur. Belida Jawa sering ditangkap untuk dijadikan bahan makanan dan pajangan di . Dengan keunikan dan kelebihannya tersebut, Belida Jawa menjadi salah satu hewan air yang banyak ditangkap oleh manusia.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari KKP, Notopterus notopterus mempunyai tubuh pipih memanjang dengan panjang maksimal 60 cm. Kepala bagian atas sampai punggung berbentuk cembung dan mengerucut ke arah ekor. Memiliki ukuran mulut besar. Sirip punggung ikan belida Jawa pendek dan mempunyai 7-9 jari-jari. Sirip memanjang dengan 97-111 jari-jari.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Pada bagian perut ikan belida Jawa terdapat 28-37 pasang duri yang berukuran kecil. Secara umum belida berwarna cokelat polos, namun beberapa ada yang berwarna putih keperakan dengan bercak abu-abu di bagian tubuh dan kepalanya. Sirip-siripnya memiliki lebih transparan atau kecokelatan.

Belida Jawa memiliki habitat di kawasan sungai, rawa, danau, hingga ke perairan payau. Ikan satu ini lebih menyukai aliran air yang berarus lambat dengan sebaran di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

Panjang ikan belida bisa mencapai sekitar 120 cm dan beratnya berkisar antara 0,5-1 kg/ekor, bahkan ada yang bisa mencapai 5 kg/ekor. Karena proses pembudidayaan yang sulit, adanya perubahan habitat, dan eksploitasi yang besar-besaran, menyebabkan ikan belida semakin langka.

Sebelum tahun 1980, ikan belida mudah ditemukan di anak Sungai Musi, seperti Sungai Arisan Belida dan Sungai Meriak, dan hingga tahun 1998, di Sungai Citarum, Jawa Barat, kuantitas ikan belida masih sekitar 6.000 kg, tetapi pada tahun 1999, tidak ada seekor pun bisa ditemukan. Untuk mengatasi masalah kelangkaan, ikan belida banyak dibudidaya di tambak-tambak/keramba.[1]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Perlu diketahui bahwa pemerintah Indonesia melalui KKP (Kementerian Kelautan dan ) telah menerbitkan Keputusan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 yang menetapkan bahwa Belida Jawa (Notopterus notopterus) dengan status perlindungan penuh.

Selain itu, belida Jawa juga dilindungi oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Permen LHK No.92 tahun 2018) tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, yang mana juga menyebutkan bahwa ikan belida Jawa termasuk salah satu spesies yang dilindungi di dalamnya.

Adapun jenis-jenis ikan belida selain belida jawa (Notopterus notopterus) yang masuk kategori spesies ikan dilindungi, adalah belida lopis (Chitala lopis), belida Sumatera (Chitala hypselonotus), dan belida Kalimantan (Chitala borneensis).

Ikan belida jawa (sumber: aqualog.de)
Ikan belida jawa (sumber: aqualog.de)

Ciri-ciri Ikan Belida Jawa

  • Belida Jawa memiliki bentuk tubuh yang pipih memanjang.
  • Biasanya belida Jawa memiliki warna coklat polos. Meskipun ada juga yang memiliki warna perak atau putih dengan aksen abu-abu di area kepala dan sebagian tubuhnya.
  • Memiliki panjang ekor mencapai 60 cm.
  • Pada kepala bagian atas hingga punggung juga mempunyai bentuk yang cembung dengan bagian ekor yang lebih mengerucut.
  • Memiliki mulut yang cukup besar.
  • Memiliki sirip punggung yang pendek dengan ukuran 7 hingga 9 jari-jari.
  • Warna pada sirip-sirip tubuh belida Jawa kecokelatan. Namun ada juga yang transparan.
  • Mempunyai sirip di bagian dubur yang panjangnya berkisar 97-111 jari-jari.
  • Memiliki duri-duri kecil sebanyak 28 hingga 37 pasang duri.
  • Spesies belida Jawa bisa berenang maju maupun mundur dengan baik.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Ikan Belida Jawa

Jenis & Ukuran Belida Jawa Harga (Rp)
Ikan Belida Jawa hitam polos 17 cm 85.000
Ikan Belida Jawa hitam panjang 28 cm 310.000
Ikan Belida Jawa 30 cm 600.000

Informasi harga ikan belida Jawa tersebut kami rangkum dari berbagai sumber. Lantaran proses budidayanya sulit, ikan ini tak terlalu banyak dijual di pasaran.

[1] Bahar, B. 2006. Panduan Praktis Memilih dan Menangani Produk Perikanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 74.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *