Update Harga Jual Burung Cucak Ijo Anakan dan Dewasa 

Cucak Hijau, atau Cucak Ijo, merupakan salah satu jenis burung kicau yang, seperti namanya, memiliki bulu dengan dominasi warna hijau. Unggas ini bisa dikatakan sebagai salah satu nama papan atas dalam daftar para pegiat burung, terutama burung kicau. Meski demikian, harga jual burung ini, termasuk yang masih anakan, terbilang masih cukup murah dan berkisar ratusan ribu rupiah per ekor.

Ilustrasi: Burung Cucak Ijo di Atas Ranting (credit: eBird)

Ilustrasi: Burung Cucak Ijo di Atas Ranting (credit: eBird)

Cucak Ijo memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Burung jenis ini berasal dari keluarga burung Cica Daun yang bisa berkicau dengan sangat merdu dan meniru suara-suara burung jenis lain. Untuk itu, Cucak Ijo oleh para penggemar burung banyak dilombakan di berbagai event lomba burung kicau. Namun, Cucak Ijo tetap saja tidak dianggap dalam jenis burung petarung. Sebab, burung jenis ini hanya mau bertarung jika tingkat birahinya berada pada level-level tertentu.

Yang perlu diketahui, meski memakai nama ‘cucak’, tetapi Cucak Ijo bukan termasuk keluarga burung merbah atau cucak-cucakan. Pasalnya, burung jenis ini tidak sama sifat aslinya dengan burung-burung yang berasal dari keluarga merbah atau cucak-cucakan, seperti Cucak Rowo, Cucak Kuning, Cucak Kutilang, Merbah Cerukcuk, Merbah Belukar, dan sebagainya.

Cucak Ijo juga merupakan burung yang sangat takut dengan suasana gelap. Karena itu, bagi mereka yang ingin memelihara burung ini, Cucak Ijo harus ditempatkan di ruangan yang terang atau setidaknya mendapatkan penerangan yang cukup. Jika burung tersebut diletakkan di ruangan yang gelap, bisa mengakibatkan burung stres, bulu burung menjadi rontok, panik, dan suka menabrak-nabrak sangkar.

Meski Cucak Ijo memiliki daya ingat yang rendah, tetapi hewan ini tetap saja mampu menirukan suara burung-burung jenis lain. Burung jenis ini juga mudah dijinakkan dan cepat akrab dengan pemiliknya. Keakraban Cucak Ijo ini bisa dilihat saat ia dengan mudah mau berkicau jika digoda dengan atau sangkarnya digesek-gesek menggunakan tangan.

Ada beberapa jenis Cucak Ijo yang populer di kalangan para pencinta burung. Jenis pertama adalah Cucak Ijo Banyuwangi, dengan postur tubuh yang panjang dan agak melengkung, jambul berdiri ketika ‘ngentrok’, warna hijau yang cenderung tajam, dan ekor yang lumayan panjang. Kemudian, ada Cucak Ijo Mini yang merupakan burung dari genus Chloropsis yang memiliki tubuh paling kecil dan warna bulu tubuh yang cenderung matang. 

Sementara, jenis Cucak Ijo Kalimantan memiliki warna  bulu hijau muda dan agak kekuningan. Ketika menginjak dewasa, burung ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil serta ekor yang lebih pendek dan kaku. Adapun Cucak Ijo Sumatera, memiliki ciri khusus berupa warna kuning keemasan pada bagian dahi serta corak warna biru yang terletak di kedua ‘pipinya’.

Ilustrasi: Greater Green Leafbird (credit: oiseaux.net)

Ilustrasi: Greater Green Leafbird (credit: oiseaux.net)

Harga Cucak Ijo

Jenis Cucak IjoKisaran Harga
Cucak Ijo Banyuwangi PrestasiRp1.300.000 – Rp3.500.000 per ekor
Cucak Ijo CungkokRp2.200.000 – Rp4.500.000 per ekor
Cucak Ijo Sumatera DewasaRp750.000 – Rp2.000.000 per ekor
Cucak Ijo Sumatera PrestasiRp1.900.000 – Rp3.000.000 per ekor
Cucak Ijo Kalimantan DewasaRp650.000 – Rp1.000.000 per ekor 
Cucak Ijo Kalimantan PrestasiRp1.000.000 – Rp3.000.000 per ekor

Harga burung cucak ijo dewasa di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, Cucak Ijo Banyuwangi prestasi dewasa dibanderol Rp1,5 juta hingga Rp5 juta dan kini menjadi Rp1,3 juta hingga Rp3,5 juta per ekor.

Harga burung Cucak Ijo dewasa memang tergolong cukup mahal, terlebih jika burung tersebut memiliki kicau yang merdu atau pernah menjuarai lomba kontes burung. Nah, bagi Anda yang memiliki bujet terbatas, tidak perlu khawatir karena Anda bisa memilih untuk memelihara Cucak Ijo anakan. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga burung Cucak Ijo anakan.

Cucak ijo dewasa dan anakan (youtube: agung epho)

Cucak ijo dewasa dan anakan (youtube: agung epho)

Harga Cucak Ijo Anakan

Jenis Cucak Ijo AnakanKisaran Harga
Cucak Ijo BanyuwangiRp453.000 per ekor
Cucak Ijo Kalimantan Anakan Rp850.000 per ekor
Cucak Ijo Sumatera AnakanRp850.000 per ekor
Cucak Ijo Anakan 1,5 bulanRp750.000 per ekor
Cucak Ijo Anakan 4 bulanRp1.250.000 per ekor
Cucak Ijo Mini Rp160.000 per ekor

Perlu diketahui bahwa harga Cucak Ijo anakan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pasar burung dan forum pencinta burung di media sosial. Harga Cucak Ijo anakan ini juga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kondisi burung yang bersangkutan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga Cucak Ijo Banyuwangi anakan adalah Rp350.000 dan kini menjadi Rp453.000 per ekor.

Sebelum membeli burung Cucak Ijo, Anda sebaiknya mengetahui jenis jantan dan juga betina. Untuk jenis jantan, burung ini memiliki lingkar mata berwarna kuning tegas, tulang supit yang keras, warna paruh cokelat gelap ketika masih anakan, warna pupil hitam dan jernih, kulit kaki terlihat bersisik, dan warna leher semula kuning lalu berubah putih dan kehijauan ketika dewasa.

Sementara, untuk Cucak Ijo betina, memiliki ciri-ciri seperti warna lingkar mata kusam serta warna kuning tampak memutih, tulang supit yang lembek, warna paruh putih ketika masih anakan, warna pupil mata cokelat, kulit kaki bersisik tetapi tidak terdapat bintik hitam, serta warna leher akan berubah menjadi hitam ketika dewasa. Terakhir, untuk Cucak Ijo Mini, didominasi warna hijau di seluruh tubuh, dengan bentuk tubuh yang tergolong kecil.

[Update: Almas]

Baca juga  Harga Diffuser CO2 untuk Aquascape (Berbagai Tipe)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Jual Burung Cucak Ijo Anakan dan Dewasa "