Update Harga Helm GM Full Face (Airborne dan Race Pro)

Sebagai brand aksesori motor yang terbilang cukup populer, GM tidak hanya merilis helm open face, tetapi juga full face dengan desain yang trendi. Helm full face menjadi pilihan banyak motor, terutama motor berkecepatan tinggi karena diklaim bisa melindungi kepala dari cedera otak.[1] Meskipun harga helm full face merk GM Airborne dan Race Pro tidaklah murah, tetapi karena keunggulan dan desainnya, tidak menjadi masalah bagi sebagian orang.

Varian helm GM full face (facebook: myd speed shop)
Varian helm GM full face (facebook: myd speed shop)

Keunggulan Helm GM Full Face

Memiliki desain yang bervariasi, umumnya helm GM full face dibuat dengan memperhatikan bentuk kepala manusia keseluruhan. Helm ini dilengkapi dengan pelindung dagu yang terbuat dari bahan plastik ringan, tetapi keras. Dengan adanya pelindung dagu, helm diklaim mampu menghindari cedera kepala dibandingkan helm jenis half face maupun open face. Berdasarkan penelitian, helm open face mampu menyebabkan cedera otak hingga 57,9%, sedangkan helm full face hanya 17,6%.[2]

Bacaan Lainnya

Selain itu, konon helm full face merk GM mampu melindungi Anda dari cuaca ekstrem. Terbuat dari bahan yang premium dan tebal, hawa dingin maupun dari luar tidak akan bisa masuk ke dalam helm. Tak hanya itu, dengan cat antiair yang tebal, helm tahan dengan air hujan. Bagian helm yang terbuat dari besi juga diketahui tidak mudah berkarat dan awet.

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung helm dari air hujan, pelapis helm atau cat juga berfungsi sebagai hiasan. Dengan pola dan warna yang beragam, helm akan membuat penggunanya lebih fashionable, apalagi jika disandingkan dengan motor kapasitas 300 ke atas. Beberapa helm juga dibekali dengan stiker dan tulisan yang membuatnya semakin sangar.

Bagian depan helm full face GM, rata-rata dilengkapi dengan filter sebagai penyaring udara. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru dan terhindar dari polusi. Selain itu, terdapat lubang kecil di sisi kanan dan kiri lubang yang berfungsi sebagai ventilasi udara, sehingga tidak pengap dan panas.

Keunggulan lain helm full face GM adalah diklaim kedap suara. Dengan menggunakan helm seperti ini, Anda tidak akan merasa bising ketika berkendara, terutama jika Anda ingin touring dan melewati jalan besar. Ini juga sangat membantu supaya Anda bisa lebih fokus menyetir kendaraan. Nah, berikut perbandingan harga helm GM full face antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Helm GM Full Face

Varian Helm GM Full FaceHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Helm GM Full Face Race Pro ZR650 Rp430.000Rp480.000
Helm GM Full Face Super Cross OranyeRp550.000Rp550.000
Helm GM Full Face Tracker Green Fluo Rp570.000Rp550.000
Helm GM Full Face Airborne White Green Rp696.000Rp570.000
Helm GM Full Face Race Pro X Race Rp449.100Rp590.000
Helm GM Full Face Super Cross White Red Rp602.543Rp602.543
Helm GM Full Face Race Pro 2 Black Glass Rp644.000Rp644.000
Helm GM Full Face Super Cross Neutron White Red Rp649.000 Rp649.000
Helm GM Full Face Airborne One Red Black Rp687.000Rp687.000
Helm GM Full Face Super Moto Black Red Rp888.000Rp700.000
Helm GM Full Face Supercross Racing Rp841.000Rp787.000
Helm GM Full Face Airborne Green Black Rp1.069.000Rp1.014.000

Harga helm full face GM di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga helm full face GM di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Perlu diingat, harga helm full face tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko helm terdekat.

Desain Helm GM Full Face - (YouTube: Benyamin Tandean)
Desain Helm GM Full Face – (YouTube: Benyamin Tandean)

Selain merk GM, di pasaran tersedia helm full face merk lainnya. Sebagai tambahan informasi, helm full face INK Troper Borderline saat ini ditawarkan seharga Rp750 ribu. Sementara itu. harga helm full face Honda Helmet CRF terbilang lebih murah, mulai Rp365 ribuan.

Sayangnya, hampir semua helm full face memiliki blind spot yang besar dibandingkan helm open face dan half face. Bagian yang terbuka pada helm ini hanya berada di tengah, sehingga penggunanya hanya bisa melihat jalanan ke arah depan. Untuk melihat ke arah samping, Anda tidak bisa hanya dengan mengandalkan ekor mata, tetapi harus menengok ke arah tersebut. Meskipun begitu, untungnya motor sudah dilengkapi dengan spion, sehingga Anda bisa mengetahui kondisi samping kanan dan kiri hanya dengan melihat spion.

Kekurangan helm full face lainnya adalah cara mencucinya yang sedikit sulit dibandingkan helm open face. Anda harus membongkar bagian dalam helm terlebih dahulu dengan peralatan khusus untuk mengeluarkan spon. Setelah itu, Anda bisa mencucinya dengan cara manual. Proses pengeringan spon helm full face juga terbilang lebih lama dibandingkan open face, karena lebih tebal dan besar.

Sebelum membeli helm full face, pastikan Anda benar-benar teliti memilihnya. Berat helm full face umumnya adalah 1,4 kg hingga 1,6 kg. Namun, dalam ukuran SNI atau Standar Nasional Indonesia, helm full face yang disarankan untuk digunakan tidak boleh lebih dari 2 kg. Jika melebihi itu, tentu saja sangat berisiko terhadap kenyamanan penggunanya.

[Update: Ditta]

[1] Mengga, Hendrik, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Helm terhadap Cedera Kraniofasial Berdasarkan Skor FISS dan CT Marshall. Jurnal Biomedik Universitas Sam Ratulangi, Vol. 9(2): 127-135.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *