Jenis Sirih Gading Terbaik dan Harganya

Sirih Gading dengan nama ilmiah Epipremnum aureum atau biasa disebut Golden Pothos termasuk  tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam sebagai hiasan ruangan atau filter udara dalam ruangan.[1] Jenis Sirih Gading bervariasi dengan harga mulai ribuan hingga puluhan ribu per tanaman.

Sirih gading (sumber: roomme.id)
Sirih gading (sumber: roomme.id)

Jika Anda belum familiar, Sirih Gading merupakan salah satu tumbuhan yang sering dijadikan sebagai bahan untuk dekorasi ruangan atau sebagai pelengkap buket bunga. Seiring berjalannya waktu, orang juga memanfaatkannya untuk membersihkan udara ruangan. Beberapa jenis Sirih Gading memang bisa ditanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Berikut sejumlah varian Sirih Gading.

Bacaan Lainnya

Jenis Sirih Gading

  • Sirih Gading Kuning. Dikenal sebagai spesies tumbuhan berbunga dari family Araceae, Sirih Gading Kuning umumnya dijumpai di Australia Utara dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini memiliki daun hijau kekuningan yang cantik dan berukuran kecil.
  • Sirih Gading Silver. Berbeda dengan jenis Sirih Gading lainnya, tanaman ini terbilang cukup langka dan jarang ada yang menjualnya. Sesuai namanya, tanaman ini memiliki warna daun keperakan dan garis-garis berwarna hijau tua.
  • Sirih Gading Ungu. Hampir mirip dengan Sirih Gading Silver, hanya saja daunnya lebih didominasi dengan warna ungu kemerahan. Tanaman ini hanya cocok dibudidayakan di dataran tinggi yang dingin dan agak lembap.
  • Sirih Gading Hijau. Ini adalah jenis yang paling umum ditemukan di Indonesia, karena mampu beradaptasi dengan baik di segala media tanam. Selain bisa ditanam di tanah, Sirih Gading Hijau bisa dipelihara dengan media air atau jelly bal di dalam vas. Daunnya berwarna hijau, lebar, dan lebat, membuatnya cocok dijadikan sebagai hiasan di dalam maupun di luar ruangan.
  • Sirih Gading Marble Queen. Tanaman ini masih satu family dengan Araceae dan bisa tumbuh hingga tiga kaki. Daunnya berwarna hijau muda dengan corak putih, membuatnya terlihat artsy saat diletakkan di dalam vas berwarna putih. Dari semua tanaman Sirih Gading, jenis ini paling suka dengan cahaya matahari. Karena itu, beberapa orang memilihnya untuk ditanam atau diletakkan di halaman depan rumah.
  • Sirih Gading Philo Brazil. Paling sering dijadikan sebagai inspirasi untuk menggambar mural di dinding, Sirih Gading ini memiliki corak unik pada daunnya. Pada permukaan daun terdapat tiga warna yang kontras, yakni hijau tua, hijau muda, dan hijau kekuningan. Sekilas, tanaman ini mirip dengan bendera Brazil. Tanaman ini membutuhkan banyak air, sehingga beberapa orang menanamnya dalam media gel atau air.
  • Sirih Gading Jade Pothos. Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk daunnya yang menyerupai hati dan bertulang menyirip. Permukaan daunnya halus dengan garis tulang daun berwarna hijau kehitaman. Sementara itu, bagian daun lainnya berwarna hijau tua. Meskipun tanaman ini hidup di daratan tropis, tumbuhan harus diletakkan di ruang dengan cahaya matahari tidak langsung dan berintensitas sedang.
  • Sirih Gading Manjula Pothos. Memiliki penampilan menawan dengan daun bertingkat dan proporsional, beberapa orang juga memanfaatkannya sebagai penyaring udara. Daun paling atas berukuran kecil dan daun paling bawah berukuran paling besar dan lebar. Setiap daun memiliki corak garis-garis berwarna hijau dan putih.
  • Sirih Gading Cebu Blue Pothos. Termasuk jenis Sirih Gading yang fleksibel, tanaman ini bisa ditanam di indoor maupun outdoor. Berbeda dengan Sirih Gading lainnya, daun tanaman ini lebih oval dan runcing di bagian ujungnya. Warna daun tanaman ini hijau tua dengan guratan berwarna hijau kehitaman.
  • Sirih Gading Satin Pothos. Berasal dari Asia bagian selatan, tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dan berwarna putih dengan kombinasi hijau. Bagian permukaan daun yang halus akan terlihat mengilap dan memunculkan rona keperakan saat terpapar cahaya matahari. Sebaiknya tanaman ini ditanam di indoor dan diletakkan dalam pot sebagai dekorasi ruangan.
  • Sirih Gading Pothos Hawaii. Ini adalah jenis Sirih Gading dengan daun terbesar dan terbilang cocok untuk pemula yang ingin menjadi kolektor tanaman hias, karena perawatannya yang mudah. Daun yang lebar dan berwarna keemasan juga cocok dijadikan dekorasi indoor maupun outdoor.
Baca juga  Info Terbaru Harga Okra Hijau & Okra Merah
Sirih gading (sumber: dream)
Sirih gading (sumber: dream)

Meskipun ada banyak jenis Sirih Gading, tidak semuanya diperjualbelikan di Indonesia. pasalnya,  tidak semua jenis tanaman ini mampu hidup dengan baik di iklim tropis. Lalu, apa saja dan berapa harga Sirih Gading yang dijual di Indonesia? Berikut referensinya.

Harga Sirih Gading

Varian Sirih Gading Harga
Sirih Gading Hijau Rp5.000 per tanaman
Sirih Gading Kuning Rp10.000 per tanaman
Sirih Gading Silver Rp15.000 per tanaman
Sirih Gading Marble Queen Rp19.900 per pot
Sirih Gading Philo Brazil Rp23.500 per pot
Sirih Gading Manjula Photos Rp35.000 per pot

Harga Sirih Gading di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk jual beli online. Perlu diingat, harga Sirih Gading tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Putrianingsih, Yuniar & Yusriani Sapta Dewi. 2019. Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum) terhadap Polutan Udara dalam Ruangan. Jurnal TechLINK Universitas Satya Negara Indonesia, Vol. 3(1): 9-16.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.