Harga Gypsum Jayaboard Anti Air (9mm & 13mm)

Selain model konvensional, ternyata ada juga gypsum yang anti air. Berbentuk seperti kalsium silikat, produk ini diklaim bebas asbestos alias tidak berbahaya. Selain tahan terhadap air, rata-rata gypsum water resistant juga tahan terhadap benturan di area koridor. Sudah ada banyak merk yang meluncurkan tipe seperti ini, termasuk Jayaboard, dengan harga yang memang lebih mahal dibandingkan model biasa.

Outlet Jayaboard (sumber: jayaboard.com)
Outlet Jayaboard (sumber: jayaboard.com)

Sudah ada banyak bahan yang dapat dipakai untuk bagian rumah dengan tingkat kelembapan tinggi, seperti plafon, terutama di mandi. Anda bisa menggunakan plafon PVC yang memang sudah tersohor dengan struktur yang kuat dan telah sering dipakai untuk keperluan seperti pipa dan lainnya. Ada pula plafon dengan bahan metal yang terbuat dari baja serta material GRC atau glass fiber reinforced concrete.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Gypsum Anti Air?

Selain bahan-bahan di atas, Anda pun dapat memanfaatkan gypsum, terutama yang anti air. Seperti diketahui, penggunaan gypsum, terutama untuk interior, sekarang sudah semakin meluas, disebabkan material ini memiliki karakteristik yang tahan terhadap api dan finishing yang sangat baik. Selain itu, papan gypsum juga dinilai tahan terhadap api, jamur, dan serangga, serta mudah dikerjakan.[1]

Gypsum sendiri, selain tersedia dalam model yang biasa, sekarang juga hadir dengan fitur anti air. Papan gypsum water resistant berdesain seperti papan kalsium silikat, tetapi bebas asbestos sehingga tidak berbahaya bagi . Selain tahan terhadap air, gypsum model ini juga diklaim tahan terhadap benturan di area koridor, berkekuatan mendekati bata, punya akustik yang baik, sulit terbakar, serta bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk.

Gypsum Jayaboard Anti Air

Sudah ada sejumlah pabrikan atau merk yang meluncurkan gypsum board anti air, salah satunya Jayaboard. Ini adalah brand papan gypsum yang terdiri atas inti gypsum plaster yang dibungkus oleh kertas penguat di sekelilingnya. Permukaan papan di bagian tepi berbentuk miring atau recessed edge, sedangkan bagian ujung terpotong terpisah oleh pisau guillotine. Selain itu, ada juga pilihan tepi kotak untuk aplikasi khusus.

Seperti disalin dari website resminya, papan gypsum Jayaboard saat ini setidaknya hadir dalam dua kategori besar, yaitu Standard Board dan Technical Board. Untuk Standard Board, terdiri atas Jayaboard Sheetrock, Sheetrock Protech, Jayaflex, dan Ultimate Project. Sementara itu, untuk varian Technical Board, tersedia model ArtSound, Firestop, Heatstop, Impactstop, Jayabell EchoStop, Moldstop, Soundstop, Wet-Area Optimum, Wet-Area Firestop, dan Shaftwall Liner.

Papan gipsum (elkem.com)
Papan gipsum (elkem.com)

Lalu, apa model gypsum Jayaboard yang tahan terhadap air? Anda dapat memakai tipe Jayaboard Wet-Area Optimum, sebuah papan gypsum Jayaboard Sheetrock yang dikembangkan khusus untuk pemasangan tile-backer dan plafon tahan lendut optimum. Produk ini diklaim tahan lendut optimal dan punya inovasi garis sekrup satu-satunya di Indonesia, cocok untuk partisi kamar mandi dan pada ruang-ruang yang lembap.

Selain itu, Anda pun bisa memilih varian Jayaboard Wet-Area Firestop, sebuah papan gypsum yang dapat menahan kondisi lembap dalam ruangan hingga RH 95 persen sekaligus mendukung sistem tahan api. Sistem gypsum seperti ini diklaim sangat ideal digunakan pada ruangan yang cenderung lembap dan memerlukan performa ketahanan api. Tidak cuma itu, tipe ini juga dikatakan mendukung sistem partisi kedap dan tahan gempa.

Tidak sulit mendapatkan gypsum Jayaboard yang tahan air. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di banyak toko bahan bangunan . Jika masih kesulitan, Anda pun dapat menemukannya di sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Biasanya hadir dalam ukuran ketebalan 9 , berikut harga gypsum Jayaboard water resistant di pasaran saat ini.

Harga Gypsum Jayaboard Anti Air

Ukuran Gypsum Jayaboard Harga
Gypsum Jayaboard Anti Air 9 mm Rp100.000 – Rp137.500 per lembar
Gypsum Jayaboard Anti Air 13 mm Rp162.000 – Rp174.000 per lembar

Daftar harga gypsum Jayaboard water resistant di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa platform e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga gypsum Jayaboard anti air tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sayangnya, belum banyak toko yang menawarkan gypsum Jayaboard Wet-Area Firestop. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi pihak produsen lewat situs resminya.

[1] Noor, Gusti S. 2007.  Pengaruh Variasi Berat Partikel terhadap Sifat Papan Gipsum. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 23(3): 266-272.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *