Info Terupdate Harga Wafer Selamat (Kecil, Kotak, Kaleng)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan wafer merk Selamat. Ini adalah salah satu brand wafer yang disukai banyak kalangan karena diklaim punya rasa yang cukup khas. Diproduksi oleh PT Perusahaan Industri Ceres, wafer Selamat saat ini tersedia dalam beragam dan rasa serta dijual dengan harga yang cukup bersahabat.

Wafer Selamat (sumber: shopee)
Wafer Selamat (sumber: shopee)

Dilansir dari Wikipedia, wafer dikatakan sebagai biskuit yang renyah, biasanya memiliki rasa yang manis, tekstur yang tipis, datar, dan kering, serta sering digunakan untuk menghias es krim. Di samping itu, wafer juga dapat diolah menjadi kue kering (cookie) dengan lapisan krim. Panganan ini seringkali memiliki pola permukaan seperti waffle, tetapi juga dapat bermotif lambang produsen makanan atau mungkin tanpa pola.

Bacaan Lainnya

Menurut beberapa sumber, wafer sudah eksis di dunia kuliner sejak abad ke-7 silam. Kala itu, seorang koki kreatif di Belanda menyajikan hidangan pembuka yang tidak lazim. Kue itu dipanggang dalam bentuk dan cara spesial hingga memiliki tekstur yang luar biasa renyah. Itulah mengapa camilan ini kemudian disebut dengan “waffle” yang artinya kue renyah, sebagai cikal bakal wafer. Karena panganan ini begitu enak, sedikit demi sedikit wafer mulai dikenal dan muncul di negara-negara lain.

Kemudian, sekitar 400 tahun sejak wafer pertama dibuat, pembuat wafer di Prancis berkumpul dan membentuk kongsi untuk memproduksi dan menjual wafer buatan mereka. Karena masih handmade dan dipanggang dengan panggangan biasa, semua wafer kala itu berbentuk sama, yakni bundar dengan pola honeycomb (berlubang-lubang seperti sarang lebah). Tetapi, tidak lama kemudian, pola tersebut berubah dan berkembang menjadi berbagai macam (daun, matahari, jajaran genjang, atau segitiga kecil).

Baca juga  Update Harga Lengkap Menu Makanan & Minuman di Ayam Bakar Wong Solo

Sekitar tahun 1880, dua produsen panganan ringan di Hongaria, Karlsbader Oblaten dan Neapolitaner,, bergabung menciptakan wafer baru dengan ukuran lebih kecil dan lapisan lebih banyak (5 wafer + 4 lapis gula). Wafer jenis baru ini langsung menjadi primadona dan populer. Hingga sekarang pun, Anda bisa menemukan wafer ini dan mencicipinya kalau kebetulan jalan-jalan ke toko kue atau hypermarket di Austria dan Jerman. 

Memasuki abad ke-20, tepatnya tahun 1920, nyaris seluruh dunia mengenal wafer. Kali ini, wafer telah hadir dalam bentuk kemasan, dengan tujuan agar kerenyahan dan kualitas wafer bisa tetap terjaga dalam jangka waktu yang lebih lama. Bentuk wafer pun mengalami perubahan menjadi bulat panjang menyerupai pipa kecil, dengan bagian tengah diisi gula berbagai rasa seperti coklat, strawberry, dan lain-lain.

Jenis Wafer

  • Brussels waffle, merupakan jenis yang sangat renyah, ringan, dan memiliki kantung-kantung berbentuk segi empat yang berukuran besar. Di negara asalnya, waffle jenis inilah yang paling populer dan banyak dijual di pinggir jalan.
  • Flemish waffle, merupakan waffle asal Prancis bagian utara yang cenderung asin dan lembap. Itu karena mereka terbuat dari mentega dan biasa disajikan bersama air rendaman bunga jeruk dan gula.
  • American waffle, merupakan jenis yang memiliki tekstur cenderung lebih padat dan tipis. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan pagi bersama dengan siraman sirup maple.
  • Pandan waffle, merupakan jenis yang berasal dari Vietnam dan memiliki citarasa santan kelapa yang dominan.
  • Potato waffle, sesuai dengan namanya, waffle ini terbuat dari kentang dan sangat populer di Inggris dan Irlandia.
  • Scandinavian waffle, jenis ini umumnya berbentuk hati dan biasa disajikan dengan kocok atau krim asam.
Baca juga  Update Harga Susu Kental Manis Sachet di Indomaret, Alfamart, dan Situs E-Commerce
Wafer (sumber: pepper.ph)
Wafer (sumber: pepper.ph)

Menjadi camilan yang populer, tidak sulit mendapatkan wafer. Pasalnya, sudah banyak merek yang dijual bebas di pasaran dalam negeri. Nah, salah satu brand wafer yang cukup terkenal di kalangan konsumen adalah wafer Selamat. Produk ini dikatakan memiliki tekstur yang renyah dan citarasa yang cukup unik.

Review Wafer Selamat

Wafer Selamat sendiri diproduksi oleh PT Perusahaan Industri Ceres. Perusahaan tersebut sebelumnya dikenal sebagai produsen coklat cap Ayam Jago. Di samping itu, PT Perusahaan Industri Ceres juga meluncurkan aneka camilan populer lainnya, seperti coklat Silver Queen, coklat Delfi, biskuit Ritz, wafer Briko, coklat Top, dan tentunya meses Ceres.

Secara dimensi, wafer Selamat buatan Ceres memiliki ukuran yang cukup sedang dan terdiri dari empat wafer. Bentuk camilan ini panjang, tidak seperti wafer Briko atau wafer Tango. Bahkan, jika Anda membeli untuk dua orang, panjang wafer Selamat sama seperti panjang wafer Richeese Nabati yang populer sebagai wafer rasa keju.

Wafer Selamat adalah salah satu camilan yang biasanya disajikan kala momen Lebaran. Coklat wafer ini diklaim langsung lumer dengan lambat di dalam mulut, khas makanan bungkusan. Namun, yang membedakan wafer ini dengan camilan sejenis adalah rasa manisnya yang lebih gurih dan tidak berlebihan. Coklat wafer Selamat mengisi lidah Anda dengan remahan dan coklatnya.

Jika wafer Selamat merupakan biskuit kegemaran Anda, tidak sulit mendapatkan camilan ini. Anda bisa membelinya di berbagai minimarket, swalayan modern, hypermarket, hingga situs jual beli online. Harga wafer Selamat bervariasi, tergantung kemasannya. Berikut kami sajikan informasi terbaru perbandingan harga wafer Selamat di pasaran Indonesia pada tahun 2021 dan 2022.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Ubi Cilembu serta Bibitnya

Harga Wafer Selamat

Wafer Selamat kemasan kaleng (sumber: lazada)
Wafer Selamat kaleng (sumber: lazada)
Varian Wafer Selamat Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Selamat Wafer Mini Chocolate 60 gr Rp5.100 Rp5.100
Selamat Wafer Rolls 40 gr Rp5.900 Rp7.000
Selamat Black Vanilla Wafer 198 gr Rp16.100 Rp15.888
Selamat Double Chocolate Wafer 198 gr Rp19.000 Rp12.900
Selamat Wafer Chocolate Cream 198gr Rp12.900
Selamat Wafer 200 gr Kaleng Rp25.000 Rp33.000
Selamat Wafer 340gr Kaleng Rp50.000 Rp55.000
Selamat Tin Wafer 750 gr Rp68.850 Rp85.000

Pada 2019, harga wafer Selamat dibanderol mulai Rp4.900 dan paling mahal mencapai Rp45.000. Namun pada 2020 lalu, beberapa varian wafer Selamat mengalami perubahan harga. Misalnya, Selamat  Wafer cokelat 198 gr yang naik dari harga Rp10.000 menjadi Rp12.350. Varian lain seperti Selamat Wafer 200 gr Kaleng ikut naik dari harga Rp19.000 menjadi Rp21.600.

Wafer Selamat rupanya kembali naik pada 2021. Seperti penjelasan tabel di atas, harga termurah saja mulai Rp5.100 dan yang paling mahal mencapai Rp68.850. Dapat dilihat dari tabel, beberapa varian tercatat naik seperti Selamat Wafer Mini cokelat 60 gr yang pada 2020 lalu dijual seharga Rp4.600, sekarang menjadi Rp5.100. Selamat Wafer 340 gr Kaleng juga naik dari Rp33.900 jadi Rp50 ribuan.

Harga wafer Selamat di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk minimarket dan situs jual beli online. Harga wafer Selamat tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung berkunjung ke swalayan atau minimarket terdekat di Anda.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.