Harga Gula Aren (Gula Merah) Asli Terbaru dan Manfaatnya

Banyak orang yang saat ini mengurangi pasir karena khawatir terkena diabetes. Nah, bagi Anda yang termasuk orang-orang seperti ini, sudah ada alternatif pemanis lainnya, yaitu aren. Ditawarkan dengan yang cukup terjangkau, gula aren ini dikatakan baik dikonsumsi mereka yang ingin merasakan hidangan manis, namun tanpa takut dengan risiko penyakit diabetes.

Dilansir Wikipedia, gula aren, atau masyarakat lebih mengenalnya dengan nama gula merah, merupakan pemanis yang dibuat dari nila, yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren ini biasanya juga diasosiasikan dengan segala gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga Palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Manfaat Gula Aren - kianwangi.blogspot.com

Gula Aren - kianwangi.blogspot.com

Untuk memperoleh gula aren, bunga jantan pohon enau dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu. Untuk mencegah nira mengalami peragian dan nira yang telah mengalami fermentasi tidak bisa dibuat gula, maka ke dalam bumbung bambu tersebut ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami.

Setelah jumlahnya dirasa cukup, nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar. Kayu terbaik untuk memasak gula aren berasal dari kayu aren yang sudah tua. Karena kalori ini lebih tinggi dari kayu bakar biasa, maka memasaknya juga lebih cepat. Meski demikian, api juga tidak boleh terlalu besar sampai masuk ke dalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak. Kalau ini terjadi, gula memiliki risiko hangus, rasanya akan pahit, dan warnanya menjadi hitam.

Gula aren sudah terbentuk bila nira menjadi pekat, berat ketika diaduk, dan kalau diambil dari wajan dan dituangkan kembali, adukan akan putus-putus. Di samping itu, jika Anda tuangkan ke dalam dingin, cairan pekat ini akan membentuk benang yang tidak putus-putus. Kalau sudah begitu, adonan diangkat dari tungku dan bisa dicetak.

Karena kandungan kalori di dalamnya yang tergolong rendah, gula aren dapat dijadikan sebagai pemanis yang cukup aman untuk menghindari risiko penyakit diabetes, tentunya dengan konsumsi dalam batas wajar. Di samping itu, beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan gula aren di antaranya:

Manfaat Gula Aren Asli

  • Sebagai bahan dasar pembuat masakan karena rasanya yang manis dan legit. Beberapa makanan atau minuman yang menggunakan gula ini sebagai pemanis adalah wedang jahe, es kelapa muda, kue tradisional seperti klepon dan putu, serta masakan seperti nasi gudeg.
  • Sebagai penambah tenaga, meski kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi.
  • Mencegah anemia karena memiliki kandungan zat besi yang cukup.
  • Memperlancar peredaran darah dalam tubuh.
  • Meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.
  • Menjaga kadar kolesterol tubuh.
  • Campuran pada obat tradisional untuk penyakit rematik, asam urat, pegal-pegal, hingga demam dan flu.

Harga Gula Aren Asli

Saat ini, sudah banyak pedagang yang menawarkan gula aren yang mereka klaim asli dan tanpa bahan pengawet. Di beberapa situs jual beli online, gula aren dengan 500 gram ditawarkan dengan harga mulai Rp16.000 hingga Rp25.500. Namun, ada juga yang menjual 1 kg gula aren dengan harga mulai Rp25.000. Sementara, untuk gula aren dengan 5 kilogram, dijual dengan harga mulai Rp200.000. 

[Almasshabur]

Baca juga  Daftar Harga Meteran Air PDAM Standard SNI
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Gula Aren (Gula Merah) Asli Terbaru dan Manfaatnya"