Update Harga Closet Jongkok American Standard dan Merk Lainnya

American Standard telah dikenal sebagai salah satu merk produk kamar mandi yang cukup berkelas. Ada banyak produk yang sudah dirilis tersebut, salah satunya closet. Tidak hanya duduk, American Standard juga merilis closet jongkok, yang hadir dalam beberapa varian dan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibandingkan closet duduk.

Ilustrasi: Kloset Jongkok (credit: sunrisespecialty)
Ilustrasi: Kloset Jongkok (credit: sunrisespecialty)

Kelebihan Closet Jongkok

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan closet. Sering pula disebut dengan toilet, closet adalah rumah yang memiliki kegunaan utama sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu air seni dan feses. Toilet adalah satu wadah arsitektur untuk mengelola limbah tubuh manusia yang sadar akan martabatnya bahwa mereka berbeda dengan hewan dalam tata cara membuang limbah tubuh mereka.[1]

Bacaan Lainnya

Secara umum, toilet dapat dibedakan menjadi dua, yakni toilet duduk dan toilet jongkok. Seperti namanya, toilet duduk adalah kloset yang digunakan dengan cara mendudukinya untuk buang air besar, atau melekatkan panggul dan duduk pada dudukan atau kursi toilet. Toilet duduk ini umum digunakan oleh masyarakat Barat, sehingga kerap disebut closet gaya Barat.

Sementara itu, toilet jongkok (squatting toilet) digunakan dengan cara pengguna jongkok dengan posisi telapak kaki masing-masing di sisi kanan dan kiri dari lubang toilet, sedangkan paha menyentuh perut. Jika toilet duduk lebih sering digunakan masyarakat Barat, maka closet jongkok umum digunakan masyarakat Asia, seperti India, Jepang, China, hingga Anatolia, sehingga disebut toilet gaya Asia atau toilet gaya Timur.[2]

Banyak yang berpendapat bahwa closet jongkok merupakan toilet kuno atau tradisional, sedangkan toilet duduk melambangkan modernitas. Padahal, seiring waktu, toilet jongkok juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang tidak kalah modern dibandingkan closet duduk, termasuk jet shower untuk menggantikan fungsi bak atau ember penampung air.

Baca juga  Update Harga Cream Cheese Anchor (Semua Kemasan)

Tidak hanya itu, closet jongkok juga dikatakan dapat membantu orang untuk membuang air besar dengan lebih sempurna. Pasalnya, orang yang buang air besar di closet ini harus dalam posisi jongkok, sehingga pahanya ditekuk di atas perut. Hal tersebut sebenarnya meningkatkan tekanan di perut sekaligus mengurangi kapasitas perut, sehingga pengeluaran feses menjadi lebih mudah.

Masih seputar kesehatan, semakin banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kloset duduk tidak sesuai dengan fisiologi manusia. Sebaliknya, sejumlah studi mengatakan bahwa kloset jongkok lebih bermanfaat untuk mencegah wasir. Kloset tipe ini dengan aman menutup katup ileocecal, antara usus besar dan usus kecil. Jadi, buang air besar di kloset jongkok adalah pengobatan yang sangat efektif dan non-invasif untuk penyakit wasir atau ambeien.

Beberapa orang juga percaya bahwa toilet jongkok lebih higienis dibandingkan closet duduk, walau masih ada juga yang menentang opini ini. Banyak yang menganggap closet jongkok lebih higienis karena mudah dibersihkan dan tidak ada kontak kulit dengan permukaan dudukan kloset. Karena alasan ini, kloset jongkok masih digunakan untuk toilet umum di beberapa negara dan wilayah.

Keunggulan Closet American Standard

Ilustrasi: Penggunaan Toilet Jongkok (credit: rumah123)
Ilustrasi: Penggunaan Toilet Jongkok (credit: rumah123)

Saat ini, ada banyak yang tetap meluncurkan closet jongkok, salah satunya American Standard. Sebagai merk ternama, produk yang diciptakan oleh American Standard, termasuk closet jongkok, memiliki banyak keunggulan. Sebagian besar toilet jongkok yang ditawarkan oleh produsen ini memiliki warna putih dan terbuat dari bahan porselin atau keramik.

Dengan bahan porcelain dan warna yang cerah, kloset tersebut akan cocok diletakkan di kamar mandi dengan tema apa pun. Bisa dibilang, warna putih yang netral tidak akanĀ  menurunkan segi estetika kamar mandi, justru bisa membuat kamar mandi Anda terlihat lebih elegan dan bersih. Meskipun bahannya termasuk pecah belah, toilet jongkok dari American Standard tidak mudah pecah dan mudah dipasang.

Baca juga  Update Harga Ovalet Berbagai Ukuran, Bahan Cake Emulsifier

Untuk memasang closet tersebut, pastikan Anda sudah mengukur kamar mandi Anda. Pastikan ukurannya tidak kurang dari 1 m x 1 m, supaya Anda bisa mengatur ketinggian kloset dan jarak kloset dengan bak air. Bagian dasar lantai harus dilubangi dulu, berfungsi sebagai kotak air yang terhubung dengan septic tank atau pembuangan. Letakkan closet di atas lanta tersebut dan pasang dengan semen. Semen sangat penting untuk melekatkan dan menyangga closet supaya bisa berdiri kokoh, sehingga tidak mudah bergeser atau rusak ketika diinjak.

Sebagai tips supaya closet Anda tidak mudah berjamur, Anda bisa menempatkannya agak jauh dari sinar matahari. Selain itu, pastikan kondisi kamar mandi Anda tidak atau memiliki banyak ventilasi. Terlalu banyak terkena sinar matahari, tidak hanya membuat dinding kamar mandi mudah berlumut, tetapi juga kloset yang mudah berjamur.

Pada bagian atas atau samping closet, Anda bisa memasang tatakan atau tempat sabun. Ini akan mempermudah Anda ketika buang hajat. Selain itu, American Standard juga menyediakan toilet jongkok yang dilengkapi air sebagai flush otomatis. Anda bisa menghubungkan saluran air tersebut dengan kran layaknya toilet duduk. Sehingga, closet jongkok akan terlihat lebih modern.

Keunggulan lain closet jongkok American Standard adalah perawatannya yang mudah. Berbeda dengan kloset duduk yang harus diperhatikan kotak flush-nya setiap bulan, Anda tidak perlu melakukan hal ini. Anda hanya perlu membersihkan kloset menggunakan cairan pembersih toilet setiap minggu. Selain mencegah kerak dan jamur menumpuk, juga akan membuat toilet Anda menjadi lebih higienis.

Kloset jongkok American Standard juga memiliki bentuk desain bagian bawah melengkung seperti leher angsa. Hal ini mempermudah Anda ketika menyiramnya. Selain itu, bentuk yang melengkung akan membuat air yang kotor tidak mudah terperangkap di dalam kloset setelah disiram, sehingga kloset menjadi lebih cepat kering.

Jika Anda tertarik menggunakan closet jongkok buatan American Standard, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko furniture atau lewat sejumlah situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing penjual. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga closet jongkok American Standard di pasaran saat ini.

Baca juga  Daftar Belanja dan Update Harga Isi Seserahan Pernikahan

Harga Closet Jongkok American Standard

Closet Jongkok American Standard (sumber: Tokopedia)
Closet Jongkok American Standard (sumber: Tokopedia)
Varian Closet Jongkok Harga
American Standard Closet Jongkok Rapi Ex Putih Rp253.350
American Standard Closet Jongkok Rapi C Squat Bowl Putih Rp485.000
American Standard Closet Jongkok Rapi DX Top Spud Squat White Comp Set Rp2.945.000

Harga closet jongkok American Standard di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko perabotan rumah tangga dan situs jual beli online. Hingga saat ini, harga American Standard closet jongkok rapi tipe C Squat Bowl warna putih dan seri DX Top Spud Squat White Comp set masih sama. Sementara itu, harga American Standard closet jongkok rapi ex putih sedikit turun dari Rp253.350 menjadi Rp279.900.

Harga Closet Jongkok Merk Lainnya

Ilustrasi: Harga Closet Jongkok (credit: hargabahanbangunan2012.blogspot)
Ilustrasi: Harga Closet Jongkok (credit: hargabahanbangunan2012.blogspot)
Merk Closet Jongkok Harga
Closet Jongkok Domo Rp140.000
Closet Jongkok Toho Rp155.000
Closet Jongkok Duty Rp182.500
Closet Jongkok CE7 Rp275.000

Harga toilet jongkok di atas tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk pengemasannya sendiri, Anda tidak perlu khawatir, karena setiap produk closet jongkok telah dikemas dalam wadah kardus dan sudah dilengkapi dengan bubble wrap. Jadi, produk tersebut akan tetap aman dan tidak pecah saat Anda bawa dari toko menuju ke rumah atau jika Anda menggunakan jasa pengiriman.

[Update: Ditta]

[1] Martosenjoyo, Triyatni. 2016. Budaya Bertoilet: Duduk atau Jongkok?. Jurnal Etnosia: Vol. 1(1): 44-59.

[2] Genc, M. 2009. The Evolution of Toilets and Its Current State. Ankara: Graduate of Natural and Applied Sciences of Middle East Technical University, hlm. 27.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *