Update Harga Anjing Doberman (Dewasa dan Anakan)

Bagi pencinta anjing, memiliki anjing penjaga merupakan hal yang menyenangkan. Selain dapat menjaga rumah ketika Anda sedang tidak di tempat, anjing penjaga juga bisa menjadi teman yang baik untuk Anda dan anggota keluarga. Nah, apabila Anda sedang bingung menentukan jenis anjing penjaga apa yang kuat dan setia terhadap majikannya, Anda mungkin dapat mulai mempertimbangkan untuk memelihara Doberman di rumah. Anjing ini memiliki tampilan yang indah dan intimidatif, sehingga tak heran bila harga jualnya di pasaran cukup tinggi.

Ilustrasi: Doberman Pinscher (credit: Petplace)
Ilustrasi: Doberman Pinscher (credit: Petplace)

Karakteristik Anjing Doberman

Doberman termasuk anjing tipe sedang. Tubuhnya cenderung kekar, kompak, dan penuh vitalitas. Tinggi Doberman bisa mencapai 68 cm,[1] dengan warna bulu hitam dengan campuran cokelat atau kekuningan di bagian kepala, sebagian leher, dan kaki bagian bawahnya. Penampilannya elegan dan terkesan sombong, berkarakter kuat, dan menunjukkan rasa percaya diri. Kelebihannya setia, tidak penakut, siaga, dan pemberani. Intelegensi dan penciumannya juga cukup tajam, cerdas dan tangkas, serta lincah.

Bacaan Lainnya

Sifatnya pantang untuk mundur dan sangat sensitif pada lingkungannya, sehingga memang sangat cocok dijadikan sebagai penjaga rumah. Anjing ini juga penuh dengan inisiatif dan jarang ragu-ragu. Sulit melupakan hal-hal yang dialaminya. Hal ini ditunjukkan dengan kemauan kerja dan kepatuhannya terhadap majikan.

Baca juga  Update Harga Burung Hias Merpati Kipas dan Jacobin

Anjing yang sosoknya membuat nyali ciut ini sangat agresif terhadap orang asing atau penjahat yang mencoba mendekati wilayah teritorialnya atau benda yang dijaganya. Menyerang orang asing atau penjahat yang mencoba mengusik daerahnya merupakan hal yang lumrah bagi anjing ini, tetapi kepada majikannya, ia sangat setia dan patuh.

Namun, Doberman tidak terlalu kuat bekerja di bawah panas, terutama yang berwarna hitam karena bulunya menyerap panas. Jika sudah kepanasan, ia sering seperti anjing lupa diri. Karena terlalu cerdas, juga sering membuat masalah yang menjengkelkan seolah-olah seperti anjing yang sulit dilatih. Sifatnya dan pendengarannya sangat sensitif membuat Doberman sering menyalak terhadap sesuatu yang dicurigai sehingga berkesan sebagai anjing cerewet.[2]

Anjing doberman anakan (sumber: peakpx)
Anjing doberman anakan (sumber: peakpx)

Cara Merawat Anjing Doberman

Untuk merawat anjing Doberman dewasa kabarnya tak terlalu sulit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Doberman termasuk jenis anjing yang mengandalkan kekuatan fisik. Karena itu, penting untuk mengajak Doberman dewasa olahraga atau jalan-jalan biasa. Waktu yang dianjurkan untuk mengajak Doberman berjalan-jalan adalah pagi atau sore hari. Selain berguna untuk pembentukan tubuhnya, olahraga yang teratur juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan Doberman.

Baca juga  Info Terkini Bibit Sapi Limosin (Jantan dan Betina)

Sementara itu, untuk pakan, Doberman disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti daging domba, ikan, daging ayam, dan daging sapi. Anda juga dapat sesekali memberi pakan yang mengandung lemak. Namun sebaiknya berhati-hati, karena Doberman rentan dengan alergi, sehingga Anda harus teliti saat hendak memberikan pakan yang mengandung lemak.

Selain protein dan lemak, pakan yang kaya akan kandungan karbohidrat juga baik untuk anjing Doberman. Jumlah asupan karbohidrat yang diberikan pada Doberman sebaiknya tidak perlu terlalu banyak. Cukup dengan memberikan sebagian besar nutrisi untuk kebutuhannya dalam hal energi. Terlebih karena saat ini sudah banyak pet shop atau toko hewan yang menyediakan pakan jadi yang bagus untuk Doberman.

Apabila Anda tertarik memelihara Doberman, sebenarnya tidak sulit mendapatkan anjing tersebut. Pasalnya, sudah banyak pet shop yang menjual jenis ini. Selain itu, ada sejumlah yang menawarkan anjing tersebut di berbagai situs jual beli online. Sebagai gambaran, berikut informasi terbaru kisaran harga anjing Doberman saat ini.

Harga Anjing Doberman - (www.akc.org)
Harga Anjing Doberman – (www.akc.org)

Harga Anjing Doberman

Kategori/Usia Anjing Doberman Harga
Doberman anakan betina non STB Rp1.500.000 – Rp2.500.000 per ekor
Doberman anakan jantan  non STB Rp1.700.000 – Rp2.800.000 per ekor
Doberman anakan betina STB Rp3.000.000 – Rp3.500.000 per ekor
Doberman anakan jantan STB Rp3.000.000 – Rp3.500.000 per ekor
Doberman dewasa non STB Rp6.500.000 per ekor
Doberman dewasa STB non mixed Rp9.500.000 per ekor
Baca juga  Harga Burung Tledekan (Gunung, Laut, Biru, Bakau)

Informasi harga anjing Doberman di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa harga satwa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, anjing Doberman anakan non STB dijual dengan harga berkisar Rp3,5 jutaan per ekor, sedangkan harga Doberman dewasa STB mulai Rp9,5 jutaan.

Anjing asal Jerman ini disebut-sebut rentan mengalami beberapa penyakit seperti cacat jantung, masalah kulit, gangguan darah, dan juga kegemukan. Selain itu, Doberman juga sering terserang penyakit kelainan pada tulang belakangnya. Sederet penyakit itu dapat dipengaruhi dari lingkungan dan makanan yang Anda berikan pada sang anjing.

(Panca)

[1] Sianipar, N. D., dkk. 2004. Merawat & Melatih Anjing Penjaga. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 21.

[2] Hatmosrojo, R., dkk. 2008. Melatih Anjing Penjaga. Jakarta: Penebar Swadaya hlm 35.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *