Info Terbaru Harga DOC Ayam Joper per Ekor dan Box

Bagi Anda yang memiliki cukup lapang dan beternak, kenapa tidak mencoba membudidayakan ayam joper? Ini adalah hasil perkawinan ayam kampung dengan ayam ras yang diklaim punya pertumbuhan cepat dan dapat menghasilkan untung besar. Jika Anda tertarik, bisa langsung berburu DOC (Day Old Chicken) ayam joper di sejumlah peternak atau lewat situs jual beli online dengan harga yang ternyata relatif terjangkau.

DOC ayam joper (sumber: bukalapak)
DOC ayam joper (sumber: bukalapak)

Daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang peminat, selain daging kambing dan daging sapi. Permintaan daging ayam, khususnya ayam kampung, cenderung mengalami peningkatan. Sayangnya, menurut Dirjen Bina Produksi Peternakan, saat ini, pasokan daging ayam kampung baru bisa memenuhi 5,5 persen dari total kebutuhan daging ayam nasional.[1] Pasokan daging ayam kampung diharapkan dapat mencapai 25 persen dari kebutuhan total daging ayam nasional.

Bacaan Lainnya

Dengan kondisi tersebut, tentu saja menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi mereka yang suka beternak. Menurut beberapa orang yang menjalani ternak ayam joper, keuntungan beternak unggas tersebut adalah memiliki harga jual yang relatif stabil. Selain itu, jenis ini dikatakan lebih tahan terhadap penyakit, kebutuhan pakan lebih irit, dan memiliki pertumbuhan yang cepat.

Nah, apabila Anda juga berminat memelihara ayam joper, Anda bisa memulainya dengan memelihara DOC ayam joper. DOC ayam joper sendiri dihasilkan menggunakan penetasan artifisial atau buatan. Anda bisa memperolehnya di sejumlah peternak yang telah mengembangbiakkan ayam ini atau lewat situs jual beli online. Berikut kisaran harga DOC ayam joper di pasaran.

Harga DOC Ayam Joper

Kapasitas DOC Ayam JoperHarga
DOC Ayam Joper 1 EkorRp6.000 – Rp11.000
DOC Ayam Joper 1 BoxRp600.000 – Rp900.000
DOC Ayam Joper 1 Box Triple VaksinRp1.197.000

Harga DOC ayam joper di atas kami kutip dari berbagai sejumlah peternak maupun sejumlah situs jual beli online. Biasanya, satu box berisi 100 ekor DOC ayam joper. Perlu Anda ingat bahwa harga DOC ayam joper tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu 1 ekor DOC ayam joper dijual mulai Rp8.000, sedangkan harga 1 box DOC ayam joper mulai Rp500 ribuan.

Peternakan ayam joper (sumber: srejekifarm.com)
Peternakan ayam joper (sumber: srejekifarm.com)

Tips Beternak Ayam Joper

Karena merupakan hasil persilangan dari ayam kampung, karakteristik ayam joper secara garis besar sama dengan ayam kampung pada umumnya. Namun, ada beberapa perbedaan, seperti ayam joper jantan memiliki jengger yang besar dengan pial besar dan tegap, warna telur ayam joper memiliki kerabang yang lebih cokelat, serta mempunyai masa panen lebih cepat, dengan umur 45 hingga 60 hari sudah siap dikonsumsi.

Punya banyak kemiripan, memelihara ayam joper sebenarnya juga tidak susah. Untuk urusan kandang misalnya, Anda bisa menyiapkan kandang berukuran 2 m2 yang dapat menampung sekitar 100 ekor ayam. Jika ayam masih dalam masa breeding, lantai kandang dapat dicampur pasir agar kotoran bisa terserap dan tidak menyebabkan bau. Alternatif lainnya adalah melapisi bagian bawah kandang dengan kertas koran.

Jangan lupa juga sediakan lampu kandang dengan kapasitas 100 untuk ternak sebanyak 100 hingga 300 ekor ayam. Letakkan juga tempat pakan berukuran dalam banyak agar setiap ayam bisa memperoleh porsi makan yang tepat. Perhatikan pula suhu kandang, usahakan jangan terlalu panas, yakni berada di kisaran 30 sampai 32 derajat Celcius.

Selain kandang, perhatikan pula kebutuhan pakan untuk ayam joper peliharaan Anda. Memang, pakan secara umum menjadi komponen biaya produksi terbesar dalam suatu usaha ternak unggas, yakni sekitar 60 sampai 70 persen.[2] Namun, Anda tidak perlu khawatir kantong jebol ketika memelihara ayam joper lantaran jenis ini tidak membutuhkan banyak pakan.

Ayam joper yang masih DOC dapat diberikan pakan jadi karena mudah dicerna oleh anak ayam, selain bertujuan untuk meningkatkan bagi ternak. Alternatif lainnya adalah dedak, jenis yang sudah lazim diberikan pada ternak karena mengandung sumber energi dan asam amino yang tinggi. Meski demikian, pemberian dedak untuk ayam joper perlu dibatasi karena mengandung 10,2 persen serat kasar yang sulit dicerna..

Apabila Anda ingin yang lebih mudah dicari, Anda bisa memberikan jagung pada ayam joper Anda. Jagung merupakan biji-bijian yang disenangi ayam, walaupun harganya tidak bisa dikatakan murah. Selain itu, jagung mengandung banyak karbohidrat. Pakan jagung yang berbentuk utuh bisa diberikan pada ayam joper yang sudah dewasa. Sebaiknya Anda memilih jagung kuning karena mempunyai kandungan nutrisi yang paling besar. Kandungan energinya mencapai 3.300 kkal per kg.

[1] Sejati, Galih Cahyo Sukmo, Hanung Dhidhik Arifin, Roisu Eny M. 2019. Produktivitas Ayam Kampung Super (Joper) Pengaruh Rasio Lisin dan Metionin. Jurnal Riset Agribisnis & Peternakan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Vol. 4(1): 43-53.

[2] Pujianti, Noor Anisah, Achmad Jaelani, Neni Widaningsih. 2013. Penambahan Tepung Kunyit (Curcuma domestica) dalam Ransum terhadap Daya Cerna Protein dan Bahan Kering pada Ayam Pedaging. Zira’ah, Vol. 36(1): 49-59.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *