Harga Dinamo Mesin Cuci Sharp (1 Tabung dan 2 Tabung)

Mesin cuci yang dapat memudahkan kita untuk membersihkan pakaian kotor memiliki sejumlah komponen pendukung. Masing-masing komponen tersebut tentunya punya peran vital, tidak terkecuali dinamo. Ini adalah bagian yang berguna mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk memutar pakaian yang dicuci di dalam tabung. Jika kebetulan dinamo rusak, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Untung saja, saat ini sudah tersedia dinamo untuk berbagai merk mesin cuci, termasuk Sharp, yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Mesin cuci Sharp (youtube: Tips Rumah)

Mesin cuci Sharp (youtube: Tips Rumah)

Jenis Mesin Cuci

Anda tentu sudah tidak lagi dengan mesin cuci. Dilansir dari Wikipedia, ini adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah lainnya seperti handuk dan seprai. Biasanya, alat ini terbatas ke mesin yang menggunakan air untuk mencuci, dan tidak seperti cuci kering yang menggunakan alternatif dan biasanya dilakukan oleh bisnis khusus.

Di pasaran, dikenal tiga jenis mesin cuci yang banyak digunakan oleh masyarakat. Tipe pertama adalah mesin cuci 2 tabung, dengan tabung pertama digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian. Sementara itu, tabung kedua adalah mesin pengering, yang bekerja dengan memasukkan udara ke dalam ruang pengering, menyerap air yang melekat di pakaian, lalu udara dikeluarkan dari ruang pengering dengan kelembapan yang meningkat.[1]

Varian kedua adalah mesin cuci 1 tabung top loading, yang merupakan perkembangan dari mesin cuci 2 tabung. Meskipun masih berbentuk vertikal, namun ada pengurangan dari jumlah tabung. Pada mesin cuci ini, hanya terdapat 1 tabung yang berfungsi untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian pada tabung yang sama secara otomatis. Kelebihan mesin cuci ini adalah daya listrik relatif lebih rendah. Praktis karena Anda tidak harus memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke tabung pengering. Mesin cuci ini juga bekerja secara otomatis mulai dari mengisi air, mencuci, membilas hingga memeras cucian. Meski demikian, harganya relatif mahal.

Baca juga  Harga Printer Canon Infus (Semua Tipe)

Model berikutnya adalah mesin cuci 1 tabung front loading, merupakan mesin cuci 1 tabung yang didesain secara horizontal dengan arah putaran yang vertikal. Seperti mesin cuci 1 tabung top loading, mesin cuci 1 tabung front loading akan mencuci pakaian Anda secara otomatis mulai pengisian air, pencucian, pembilasan hingga pemerasan cucian. Kelebihan mesin cuci 1 tabung front loading adalah proses pencucian lebih efektif, risiko kerusakan pakaian yang minim, serta kekeringan pakaian mencapai 90 persen. Namun, mesin ini punya harga yang sangat mahal, daya listrik yang tinggi, serta membutuhkan detergen khusus.

Fungsi Dinamo Mesin Cuci

Terlepas dari jenisnya, komponen penting yang harus ada dalam sebuah mesin cuci adalah dinamo. Merupakan generator listrik pertama yang mampu menghantarkan tenaga untuk industri, dan pondasi dengan banyak perangkat konversi tenaga listrik lainnya kemudian didasarkan, termasuk motor listrik, alternator arus bolak-balik, dan converter putar, dinamo mesin cuci ini sudah dilengkapi dengan kapasitor starting dan running sehingga dapat memutar tabung pencuci yang cukup berat karena terisi air dan pakaian.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pointer Logitech Original (R400, R500, R800, Spotlight)

Dinamo mesin cuci berbeda dengan dinamo yang digunakan untuk mesin pengering. Untuk mesin cuci, dinamo atau motor listrik didesain agar mampu membolak-balikan putaran mesin serta memiliki tenaga mesin yang kuat. Jadi, wajar jika dinamo mesin pencuci ini memiliki desain yang lebih tegal dan juga ukuran kawat yang lebih besar agar memiliki tenaga yang besar.

Dinamo mesin cuci (youtube: id Tube)

Dinamo mesin cuci (youtube: id Tube)

Sementara itu, untuk mesin pengering, dinamo yang dibutuhkan adalah dinamo yang dapat berputar dengan kecepatan yang tinggi. Karena itu, kebanyakan motor listrik untuk pengering memiliki desain yang lebih lebar, tetapi dengan ukuran lebih tipis dan ukuran kawat yang lebih kecil. Selain untuk kecepatan yang tinggi, kawat yang kecil juga dimaksudkan agar pengeluaran listrik rumah dapat ditekan.

Seperti layaknya perangkat elektronik pada umumnya, dinamo juga rentan terhadap air. Apesnya, mesin cuci merupakan perabotan rumah tangga yang selalu bersentuhan dengan air. Jika Anda tidak hati-hati menyalurkan air ke dalam tabung pencuci, bukan tidak mungkin akan mengenai dinamo dan membuat alat tersebut rusak atau macet. Biasanya, kerusakan dinamo meliputi bagian as yang mengalami kendala, kapasitor dinamo tidak berfungsi, bagian selling rem mengalami masalah, atau tali rem putus.

Baca juga  Harga Speaker Huper 15 Inch (Semua Tipe)

Lalu, bagaimana jika dinamo mesin cuci ternyata sudah rusak? Apabila Anda punya keterampilan di bidang elektronik, Anda dapat memperbaiki sendiri dinamo tersebut. Reparasi dinamo harus didasarkan pada penyebab kerusakan dinamo. Anda bisa membersihkan as dinamo jika memang bagian itu yang bermasalah atau mengganti seling rem apabila sudah berkarat.

Sementara itu, jika Anda tidak memiliki kemampuan elektronika yang mumpuni, satu-satunya cara adalah mengganti dinamo yang rusak dengan yang baru. Untung saja, saat ini sudah tersedia banyak dinamo untuk berbagai merk mesin cuci. Dinamo untuk mesin cuci Sharp misalnya, sudah hadir dalam berbagai model, apakah untuk 1 tabung atau 2 tabung.

Harga Dinamo Mesin Cuci Sharp

Varian DinamoHarga
Dinamo Mesin Cuci Sharp 2 TabungRp130.000 – Rp175.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp 1 TabungRp230.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp 2 Tabung OriginalRp234.000 – Rp285.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp 1 Tabung OriginalRp500.000 – Rp600.000

Harga dinamo untuk mesin cuci Sharp di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan elektronik dan situs beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga dinamo mesin cuci Sharp tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga dinamo di masing-masing toko atau tempat bisa saja berbeda walaupun produk yang dijual sama.

[1] Purwadi, P. K. 2017. Mesin Pengering Kapasitas Limapuluh Baju Sistem Tertutup. Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Vol. 16(2): 91-96.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Dinamo Mesin Cuci Sharp (1 Tabung dan 2 Tabung)"