Info Harga Keju Parmesan (Bubuk & Blok) Semua Merek

Jenis keju ada bermacam-macam. Selain cheddar dan mozzarella, keju parmesan juga sering dipakai untuk aneka hidangan khas Italia. Keju satu ini dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih gurih dan tentunya menggugah selera. Harga keju parmesan bervariasi, tergantung merek dan kuantitasnya.

Keju Parmesan Blok (sumber: russiadaily.news)
Keju Parmesan Blok (sumber: russiadaily.news)

Tentang Keju Parmesan

Keju parmesan adalah keju yang bertekstur keras yang terbuat dari susu sapi. Awalnya keju ini diproduksi di daerah-daerah di Italia. Namun kemudian, keju ini dibuat secara luas di Argentina, Australia, Amerika, dan negara lainnya. Keju ini dijual dalam potongan besar dan bubuk. Keju parmesan ini dapat dibedakan berdasarkan lamanya proses pematangan dari yang segar sekitar 14 hingga yang sangat tua selama 3-4 tahun.[1]

Bacaan Lainnya

Keju ini memiliki cita rasa yang kuat namun rendah lemak, karena dibuat dari susu yang diperah pada malam hari dan dibuang sebagian krimnya.[2] Keju parmesan dapat diparut halus sekali menyerupai bubuk, oleh karena itu biasa digunakan sebagai taburan pada salad atau pasta. Keju ini aromanya sangat menyengat. Keju parmesan dapat dijadikan bahan pembuatan kue kering bagi yang menyukai aroma tajam keju.[3]

Baca juga  Info Update Harga Beras Lahap Kediri (5 Kg, 10 Kg, 25 Kg)

Harga Keju Parmesan

Merek & Varian Keju Parmesan Harga (Rp)
BulkSource vegan parmesan cheese 50g 24.000
Keju parmesan bubuk Zayco 100gr repack 26.000
Floridia parmesan cheese grated 100gr 28.000
Keju parmesan Anchor 100 gr 31.000
Green Valley grated parmesan cheese 80 gr 38.000
Vegan Cheese Parmesano 123 gr 60.000
Keju parmesan Lemnos bubuk 2 kg 65.000
Keju parmesan block Anchor repack 200 gr 67.000
Keju parmesan parut Indocheese premium 200 gr 68.500
Keju parmesan Anchor bubuk (grated) 250 gr 70.000
Keju parmesan parut Indocheese regular 300 gram 79.000
Green Valley grated parmesan 200 gram 80.000
Galbani grated parmesan cheese 200g 90.000
Keju parmesan bubuk Floridia 500 gr 134.000
Keju parmesan bubuk Zayco 313 repackaging 1 kg 166.000
Keju parmesan Kraft 85 gr 175.000
Keju parmesan Anchor blok 800 gr 198.000
Green Valley grated parmesan cheese 1 kg 296.500
Keju parmesan impor Italia 1 kg Ambrosi Grana Padano Cheesa 519.900

Informasi harga keju parmesan di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diketahui bahwa harga keju parmesan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Selain itu, harga keju parmesan yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Baca juga  Info Harga Ayam Kalkun Potong Terkini di Pasaran

Apabila Anda sedang mencari keju parmesan untuk membuat aneka hidangan yang lezat, Anda bisa membelinya di toko bahan kue, minimarket, atau swalayan terdekat yang ada di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli keju parmesan secara online melalui sejumlah marketplace favorit Anda.

Nah, lantaran keju parmesan harganya relatif lebih mahal dibanding keju cheddar biasa, sebaiknya perhatikan bagaimana menyimpannya supaya tidak mudah atau berjamur. Berikut tipsnya.

Tips Menyimpan Keju

  • Perhatikan saat pertama kali membeli keju. Pastikan keju dalam kemasan pembungkus yang tersegel dengan benar. Hindari membeli keju dalam kemasan dan terbuka karena keju sudah terkontaminasi dengan udara yang mengandung debu, bakteri, jamur, atau virus. Pastikan tanggal kedaluwarsa dalam kemasan.
  • Gunakan kembali kemasan asli keju. Jika sudah terlanjur terbuang, gunakan plastik atau aluminium foil, atau kertas khusus baking, atau wadah plastik kedap udara sesuai kemasan yang digunakan produk asli.
  • Ketika keju berjamur, buang keju yang berjamur. Cek aroma, warna, dan tekstur keju. Jika terjadi perubahan maka keju sebaiknya dibuang, jika tidak keju dapat kembali digunakan. Beberapa keju memang dilapisi jamur rennet pada saat proses pematangan sehingga aman dikonsumsi.
  • Hindari menyimpan keju di ruang terbuka agar terhindar dari udara yang mengandung debu, bakteri, jamur, dan kotoran lainnya.
  • Hindari menyimpan keju di dalam kulkas tanpa perlindungan dari kemasan karena akan mengubah tekstur keju menjadi keras ataupun lembek berair.
Baca juga  Update Harga Agar-Agar Plain per Sachet dan Box

Perhatikan suhu tempat keju disimpan stabil. Jika kulkas yang digunakan untuk menyimpan keju namun sering mati listrik yang membuat suhunya tidak stabil, dapat membuat keju mudah berjamur. Ataupun jika keju sering keluar masuk kulkas karena sering digunakan tapi tidak sampai habis juga dapat membuat keju mudah berjamur. Siasati dengan membeli keju dalam potongan kecil.[4]

[1] Hani, R. 2017. Resep Olahan Keju Terlengkap. Jakarta: Demedia Pustaka, hlm 12.

[2] Masak, Ide. 2011. Lasagna ala Café. Jakarta: Pustaka Utama, hlm 7.

[3]Nimpuno, D. 2014. Sukses Membuat Aneka Kue. Jakarta: Pustaka Utama, hlm 22.

[4] Hani, R. Op, cit., hlm 13.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *