Harga Dinamo Mesin Cuci Sanken (2 Kaki, 3 Kaki, 4 Kaki)

Layaknya perangkat elektronik rumah tangga lainnya, mesin cuci pun tidak luput dari gangguan. Salah satu masalah yang sering dialami para pengguna adalah dinamo pengering dan pencuci tidak berfungsi lagi sehingga praktis peralatan tidak bisa digunakan. Untung saja, saat ini sudah tersedia banyak tipe dinamo yang bisa Anda beli untuk mengganti varian yang rusak. Hadir dalam berbagai tipe, termasuk untuk mesin cuci Sanken, harga dinamo ini dapat dikatakan relatif terjangkau.

Ilustrasi: servis mesin cuci (sumber: serviceacsolo.info)

Ilustrasi: servis mesin cuci (sumber: serviceacsolo.info)

Apa Itu Dinamo?

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan piranti bernama dinamo atau dynamo. Dinamo adalah generator listrik yang menghasilkan arus searah menggunakan komutator. Perangkat ini sering dikatakan sebagai generator listrik pertama yang mampu menyalurkan tenaga untuk industri, dan fondasi yang menjadi dasar banyak perangkat konversi daya listrik lainnya, termasuk motor listrik, alternator arus bolak-balik, dan converter putar.

Dinamo listrik umumnya menggunakan gulungan kawat dan medan magnet yang berputar untuk mengubah putaran mekanis menjadi arus listrik searah yang berdenyut melalui hukum induksi Faraday. Mesin dinamo terdiri dari struktur stasioner, yang disebut stator, yang menyediakan medan magnet konstan, dan satu set belitan yang berputar di dalam medan itu.

Karena hukum induksi Faraday, gerakan kawat di dalam medan magnet menciptakan gerak listrik, yang mendorong elektron dalam logam, menciptakan arus listrik di kawat. Pada mesin yang kecil, medan magnet konstan dapat disediakan oleh satu atau lebih magnet permanen, sedangkan mesin yang lebih besar memiliki medan magnet konstan yang disediakan oleh satu atau lebih elektromagnet, yang biasanya disebut kumparan medan.

Baca juga  Info Terkini Harga Webcam Logitech (Semua Tipe)

Fungsi Dinamo untuk Mesin Cuci

Seperti pada mesin lainnya, fungsi dinamo untuk mesin cuci adalah mengubah energi listrik menjadi energi kinetik, dan dalam hal ini adalah putaran tabung mesin cuci. Satu unit dinamo atau motor ini biasanya sudah dilengkapi dengan kumparan, rotor, stator, serta kapasitor. Masing-masing komponen tersebut saling terkait satu sama lain, sehingga jika yang satu rusak, maka semua tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Dari sekian banyak kasus kerusakan pada mesin cuci, salah satu yang paling sering dialami pengguna adalah dinamo mesin pengering atau spin rusak. Kerusakan ini bisa terjadi karena coil atau lilitan di dalam dinamo putus atau mungkin short, sehingga menyebabkan mesin cuci cuma mendengung. Di samping itu, kerusakan juga bisa terjadi lantaran motor dinamo mulai melemah. Perlu diketahui, seiring usia pemakaian, performa dinamo memang cenderung menurun.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pointer Logitech Original (R400, R500, R800, Spotlight)

Tips Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci

Ilustrasi: servis mesin cuci (sumber: serviceacsolo.info)

Ilustrasi: servis mesin cuci (sumber: serviceacsolo.info)

  • Jika as dinamo yang mengalami kendala, Anda dapat membersihkan bagian tersebut agar tidak macet lagi. Setelah itu, bagian as harus diberi minyak pelumas agar dapat kembali berjalan normal.
  • Apabila kapasitor dinamo yang rusak, Anda bisa mengecek terlebih dahulu hubungan antar- menggunakan alat tester. Jika memang rusak, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.
  • Jika penyebab utama dinamo tidak berputar akibat selling rem yang berkarat atau macet ketika digunakan, Anda sebaiknya mengganti bagian itu dengan segera. Anda dapat memasangnya sendiri atau menggunakan bantuan teknisi jika tidak begitu paham cara memasangnya.
  • Tips selanjutnya untuk mengatasi dinamo yang tidak berputar pada mesin cuci adalah memperbaiki rem. Tali rem yang putus atau patah memang dapat membuat kinerja dinamo tidak maksimal.

Apabila cara-cara di atas sudah Anda lakukan tetapi mesin cuci tetap gagal beroperasi secara normal, maka mau tidak mau Anda harus mengganti dinamo dengan yang baru. Untung saja, saat ini tidak sulit mendapatkan dinamo untuk mesin cuci, termasuk merk Sanken. Anda dapat membelinya di sejumlah peralatan elektronik atau situs jual beli online dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cartridge Canon MG2570 (Black & Color)

Harga Dinamo Mesin Cuci Sanken

Varian Dinamo Mesin Cuci SankenHarga
Dinamo Mesin Cuci Sanken As 12mm 2 kakiRp154.000
Dinamo Mesin Cuci Sanken As 10mm 4 kakiRp163.000 – Rp175.000
Dinamo Mesin Cuci Sanken 3 kakiRp180.000
Dinamo Mesin Cuci Sanken As 12mm 4 kakiRp195.000 – Rp276.000

Harga dinamo mesin cuci Sanken di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perangkat elektronik dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga dinamo mesin cuci tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga dinamo di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Ada banyak hal yang dapat membuat kinerja dinamo mesin cuci menjadi lebih berat, salah satunya karena jumlah dan tingkat kekotoran pakaian yang besar. Nah, untuk membuat kecepatan mesin cuci menjadi lebih optimal, salah satu teknologi yang sekarang mulai dilakukan adalah fuzzy logic, karena diklaim dapat menjembatani bahasa manusia yang cenderung tidak presisi dengan bahasa mesin yang cenderung presisi.[1] Fuzzy logic dikatakan dapat memberikan kendali kecepatan mesin cuci sesuai dengan bahan dan tingkat kekotoran pakaian tertentu.[2]

[1] Putra, Hendra D., Matias K. Kelviandy, Bintang E. Putera. 2018. Penerapan Kontrol Fuzzy Logic Berbasis Matlab pada Perangkat Mesin Cuci. Jurnal Multinetics, Vol. 4(2): 7-14.

[2] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Dinamo Mesin Cuci Sanken (2 Kaki, 3 Kaki, 4 Kaki)"