Update Kisaran Harga Cat Tulip Paint (5 Kg dan 20 Kg)

, seperti namanya, merupakan alat atau yang ditujukan untuk memperbagus atau mempercantik tampilan dinding rumah atau bangunan. Ada banyak yang telah beredar di pasaran dalam negeri. Namun, jika Anda membutuhkan produk dengan sedikit miring, mungkin merk Tulip Paint bisa menjadi opsi yang menarik.

Mengecat tembok

Mengecat

Pengertian dan Jenis Cat

Sebelum berbicara tentang harga cat tembok Tulip Paint, kita kupas sedikit mengenai cat. Cat sendiri merupakan suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Secara umum, bahan baku cat terdiri dari empat bagian. Bagian pertama adalah binder, merupakan komponen pokok yang berfungsi sebagai bahan yang akan merekatkan cat pada media, selain berperan membangun karakteristik lapisan cat. Kemudian, ada solvent, yaitu bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama sekaligus mengencerkan cat sebelum diaplikasikan ke media.

Bahan ketiga adalah pigment atau filler, yang merupakan bahan pengisi yang berguna sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan cat. Terakhir, ada additive, yaitu bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Dikutip dari Wikipedia, cat tersedia dalam beragam jenis. Berdasarkan jenis resin binder yang digunakan, cat dapat dibagi menjadi cat epoxy (menggunakan bahan resin epoxy), cat PU (menggunakan bahan resin Polyurethane), cat melamin (menggunakan bahan resin melamin), cat NC (menggunakan bahan resin nitrocellulose), cat acrylic (menggunakan bahan resin akrilik), cat alkyd (menggunakan bahan resin alkyd), dan lain sebagainya. 

Sementara, berdasarkan jenis pelarut yang digunakan, cat dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu cat , cat thinner, dan cat air. Cat adalah cat yang menggunakan bahan pelarut rantai panjang (oil based paint), cat thinner menggunakan thinner sebagai bahan pelarut utama (solvent based paint), sedangkan cat air memakai air sebagai bahan pelarut utama (water based paint).

Bahan Penyusun Cat Tembok

Cat tembok

Cat tembok

Nah, untuk mengecat tembok atau dinding suatu bangunan, tentunya dibutuhkan cat tembok. Sesuai namanya, cat tembok adalah produk cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat. 

Layaknya cat-cat lainnya, cat tembok secara umum terdiri dari lima bahan dasar, yaitu binder (resin sebagai pelekat), pigmen atau pewarna, solvent atau pelarut, filler atau bahan pengisi, dan additive atau bahan tambahan. Binder merupakan komponen utama dalam suatu cat yang berfungsi melekatkan bahan pada permukaan, sedangkan pigmen berguna memberi karakter khas pada suatu cat (termasuk warna). 

Dalam pembuatan cat tembok, pigmen yang digunakan ada beberapa jenis, di antaranya:

  • Titanium Dioxide (TiO2), yaitu pigmen yang paling dominan pada pembuatan cat tembok tipe polished. Pigmen ini sendiri terdiri dari dua golongan besar, yaitu rutile yang terdiri dari tipe chloride dan tipe sulfite, serta anatase (jarang dipakai pada cat tembok).
  • Inorganic Pigment, umumnya berasal dari metal based, sehingga memiliki ketahanan lebih terhadap sinar matahari. Selain itu, ketahanan panas juga cukup tinggi, meski tidak terlalu penting untuk cat tembok. Beberapa inorganic pigment berbahan dasar iron-oxide cukup disukai karena harganya yang lebih ekonomis dan berdaya tahan tinggi.
  • Organic Pigment, didominasi oleh unsur karbon. Jenis warna yang dihasilkan oleh pigmen ini umumnya cerah dan memungkinkan adanya variasi warna yang menarik. Kekurangan pigmen ini untuk cat tembok adalah dari sisi light-fastness, atau yang menyatakan daya tahan pigmen terhadap sinar matahari. Untuk cat tembok dengan pigmen ini, aplikasi harus diperhatikan baik-baik, apakah interior atau eksterior.

Review Cat Tulip Paint

Tulip Paint kemasan kaleng (sumber: carousell.com)

Tulip Paint kemasan kaleng (sumber: carousell.com)

Tulip Paint sendiri adalah produk cat tembok lokal yang diproduksi oleh PT Rajawali Hiyoto Bandung-Indonesia. Perusahaan yang telah merintis produksi cat sejak tahun 1973 silam ini memiliki beberapa pilihan brand atau merek cat, mulai dari Sanlex, Maritex, hingga Tulip Paint. Di dalam situs resminya, PT Rajawali Hiyoto mengklaim bahwa cat tembok Tulip Paint adalah cat berbahan dasar acrylic emulsion paint dengan pilihan warna menarik, dan cocok dipergunakan untuk interior.

Meski merupakan produk lokal, namun cat tembok Tulip Paint dikatakan memiliki kualitas yang bersaing dengan merek-merek lainnya yang sudah terlebih dahulu dikenal luas oleh masyarakat Tanah Air. Cat ini sendiri hadir dalam 21 pilihan katalog warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, serta diklaim memiliki daya sebar hingga 3 sampai 4 meter persegi per kilogram.

Layaknya cat tembok sejenis, cara mengaplikasikan cat tembok Tulip Paint pun cukup mudah. Pengguna terlebih dulu mengencerkan cat menggunakan air dengan takaran maksimal 10 persen dari keseluruhan cat. Setelah itu, cat bisa langsung diaplikasikan ke dinding menggunakan alat seperti kuas, roll, atau spray. Yang perlu diperhatikan, sebelum dicat, pastikan dinding atau media bersih dari segala kotoran, cairan, jamur, dan lumut.

Harga Cat Tulip Paint

Di pasaran, cat tembok Tulip Paint saat ini hadir dalam dua kemasan, 5 kg dan 20 kg. Untuk kemasan 5 kg, sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp47.500 hingga Rp75.000. Sementara, harga kemasan 20 kg sekitar Rp170.000 sampai Rp250.000. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, banderol kemasan  5 kg mulai Rp48 ribu sampai Rp65 ribuan, sedangkan kemasan 20 kg dijual Rp170 ribuan per kaleng. 

Baca juga  Info Harga Styrofoam Tebal 3cm (Lembaran)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Kisaran Harga Cat Tulip Paint (5 Kg dan 20 Kg)"